Merasakan Masuk Menjadi Nominasi


Merasakan Masuk Menjadi Nominasi 20 artikel dalam sebuah lomba tulisan kategori blogger, ternyata merupakan sebuah pencapaian tersendiri, khususnya bagi saya yang baru pertamakali menjajal lomba blog. Itupun karena tema yang di lombakan sesuai dengan beberapa artikel/tulisan yang pernah di posting di blog ini. Tinggal merangkumkan kembali cerita yang melatar belakanginya, menjadi sebuah tulisan yang sesuai dengan tema yang di lombakan.

Ikut lomba ternyata seru juga. Masuk di halaman pertama pencarian google aja udah senang, apalagi bisa masuk menjadi nominasi. Mana tulisan punya kesempatan untuk di pajang pada pameran launching sebuah produk oleh penyelenggaranya. Sesuatu banget deh *emak-emak norak*.

Kalau ikut berpartisipasi dalam kuis dan GA yang di adakan teman-teman blogger, lumayan sering, ikut meramaikan hajatan. Tapi lebih banyak ga menangnya πŸ˜† .

Mana ikutan lomba hampir mendekati tenggak waktu yang ditetapkan. Setelah melihat tulisan teman blogger lain, intip ke web penyelenggara, ternyata syaratnya bisa di penuhi. Jajal ah!

Tapi kalau lomba syaratnya harus memasang widget dengan kode HTML, iframe… *wordpress kan tidak mensupport kode seperti itu, dan saya termasuk yang tidak bisa otak-atik kode HTML*, sudah dipastikan saya menyerah duluan walaupun sebenarnya punya konsep untuk dituliskan, yang dirasa sesuai tema dan layak untuk dipersaingkan. Tenang mak, masih banyak lomba lain yang bisa di jajal *emak mulai maniak lomba* :mrgreen: .

***
Tanggal 10 September sekitar pukul 14.36 WIB, saat nyetrika *maklum emak-emak* ada telpon masuk, mengabarkan kalau tulisan yang saya ikutkan lomba terpilih menjadi 20 nominasi. Tapi ada tugas selanjutnya yang harus di kerjakan, dan itu juga sudah diinformasikan di email yang dikirimkan. Begitu panitia yang nelpon bertanya, apakah ada yang mau saya tanyakan, saya malah ‘blank‘. “Ntar, saya baca email dulu” *Emak-emak mulai telmi*.

Ternyata begitu lihat email, terbaca selintas, tulisan yang dilombakan harus dirubah menjadi PDF, nanti akan di cetak dalam ukuran A2, dibuat seindah mungkin.

Alamak, emak-emak langsung kebingungan, biasanya terima dokumen PDF, belum pernah merubah-rubah. Mana semenjak jadi IRT, sudah 9 tahun tak pernah megang MS Office. Pernah sih sekali-kali, cuma copy paste ke word, langsung kirim lewat email.

Bertanyalah ke Mbah Google, emak-emak semakin bingung. Akhirnya grabak grubuk, nekat memindahkan ke word *walau ukurannya tak sesuai*, rubah ke file PDF, kirim email malam itu juga. Setelah file terkirim baru ngeh, duh, itu kan mau di pajang. Email dari panitia kan ada kata-kata “dibuat seindah mungkin”. Emak pasrah.

Tapi besoknya, 11 September, bertekad mau bertanya lewat email, bisa diperbaiki tidak.

Ternyata panitia sudah membalas email yang saya kirim malam sebelumnya, dan menanyakan apakah saya tak mau memberikan lay out tambahan pada tulisan? Gayung bersambut.

Baru mau otak-atik tampilan tulisan di power point, listrik, lampu di tumah mati sampai sore, mana baterainya notebookΒ  soak, hiks.

Malamnya, setelah memilih salah satu file foto yang dirasa cocok dengan tulisan, untuk dijadikan latar, saya bisa menyelesaikan tahapan tugas ini. Dan langsung mengirimkan file PDF ke panitia lomba.

Mengejar Mimpi Mendapatkan Rumah Idaman1Besoknya tanggal 12 September pagi, ada email balasan dari panitia, file PDF kiriman saya sudah layak pajang. Emak-emak memetik pelajaran lumayan banyak dari kompetisi ini πŸ˜‰

Sekarang tinggal menunggu hasil dari tahapan selanjutnya.

Pada halaman web penyelenggara diberitahukan tahapan penilaian untuk kategori artikel :

  • Tahap 1 : Juri akan memilih 20 Artikel Nominasi Pemenang, dari semua Link Artikel yang masuk, yang dikirim oleh peserta lomba blog.
  • Tahap 2 : Penyelenggara akan memajang 20 artikel nominasi berupa Print out ukuran A2 dalam pameran di acara puncak gawean penyelenggara.
  • Tahap 3 : Dewan Juri memilih Pemenang Juara 1,2,3 dari 20 artikel nominasi tersebut, juga memilih pemenang tulisan Favorit dengan penilaian berdasarkan jumlah tanda tangan atau paraf terbanyak yang di dapat saat pameran berlangsung.

Pengumuman pemenang akan diselenggarakan tanggal 21 September 2014 di halaman Teater Kecil – Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Acaranya lebih kurang sebagai berikut :

06.00 – 08.50 Bicycle Convoy with Bike2Work Indonesia
08.50 – 09.35 Music Performance AIR
09.35 – 10.00 Registrasi Ulang Lomba Foto
10.00 – 11.15 Workshop dan Pelepasan Lomba Foto
11.15 – 11.55 Music Performance Juwita Band
12.00 – 12.30 Music Performance Meda
12.30 – 13.30 Talk Show with Adryan Fitra
13.45 – 14.15 Music Performance A+ (Plus)
14.30 – 15.15 Talkshow with Tigor Siahaan
15.20 – 16.00 Press Conference Launching Mimpi Properti
16.00 – 16.30 Pengumuman Pemenang
16.30 – 16.45 Ceremony Launching Mimpi Properti
16.45 – 17.30 Music Performance Tangga Band

Apakah teman-teman blogger dan handai taulannya ada yang berminat untuk datang? Sekalian do’akan tulisan saya yang masuk nominasi, keluar sebagai pemenang. Dan sekalian di bubuhi tanda tangannya ya πŸ˜€ .

Iklan