Memanfaatkan Daun Ginseng Sebagai Sayuran Hijau


Memanfaatkan Daun Ginseng Sebagai Sayuran Hijau sempat melanda sebagian warga di sebuah komplek perumahan. Awalnya seorang nenek yang rajin bertanam tanaman dihalaman dan samping rumahnya. Salah satu yang ditanamnya, ginseng ini.

Rumah beliau ini ada di pertigaan, kalau sore dan pagi hari, ibu-ibu yang punya anak kecil ngumpulnya disekitar rumah si nenek sambil melihat anak-anak pada bermain. Yang suka tanaman mulai memperhatikan tanaman asri yang ditanam si nenek. Rasa penasaran muncul begitu melihat tanaman daun ginseng yang sudah akrab dimata, tapi dikira cuma tanaman liar, juga ditanam si nenek, yang tentu saja beliau modali alias beli di tukang tanaman.

Daun GinsengDaun ginseng di pot yang saya punya, agak merana, saking seringnya di potek untuk sayuran. Sayang ga punya simpanan video tanaman ginseng si nenek yang sangat hijau dan terawat πŸ˜€ .

Apakah manfaat daun ginseng ini ?

Si nenek menjelaskan, daun ginseng ini sudah dipercaya turun temurun sebagai tanaman yang banyak manfaat, diantaranya :
– Menguatkan paru-paru
– Meningkatkan stamina
– Meningkatkan nafsu makan
– Menurunkan panas

Bagaimana cara mengolah daun ginseng ini ?

Bisa dijadikan sayuran hijau lalapan kalau suka *agak sedikit berlendir*, bisa diolah tumis atau cah *memasaknya jangan terlalu lama, cukup sampai layu aja*.

Sebagai penurun panas, ambil segenggam daun ginseng, cuci bersih, kemudian remas-remas dengan 1/2 gelas air mineral, saring dan minum.

Kalau menurut saya daun ginseng ini kalau diperas, rasa airnya agak-agak mirip ‘daun sidingin’ yang juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat (pendingin/penurun panas).

Semenjak tau manfaat daun ginseng ini, kami jadi ikut-ikutan menanamnya. Ada yang di pot, ada yang memanfaatkan bahu jalan yang teduh. Dan paling sering digunakan sebagai sayuran hijau untuk campuran mie, sensasi kenyal-kenyalnya boleh juga dilidah :mrgreen: .

Daun ginseng ini termasuk tanaman perdu, semi menjalar. Tingginya paling cuma 60cm. Daunnya berbentuk oval dan kalau dipatahkan agak sedikit berlendir. Di kembang biakkan dengan stek batang dan juga biji dari bunga kecil yang berwarna kemerahan. Mudah tumbuh subur di tempat teduh.

Semua bagian tanaman ginseng ini dapat dimanfaatkan. Daun dan batang yang muda sebagai sayuran hijau, sedangkan bagian akar umumnya dikeringkan kemudian dijadikan obat. Dan juga dipercaya sebagai obat penambah stamina.

Apakah sobat pernah memanfaatkan dan merasakan sensasi rasa daun ginseng sebagai sayuran atau mungkin tanaman obat ?

Iklan