Menikmati Ayam Kecap Ala Rumah


Menikmati Ayam Kecap Ala Rumah akhir-akhir ini sering saya lakukan. Secara junior dan teman hidup ternyata suka dengan masakan ayam kecap buatan emak.

Dulu, saya seringnya memasak lauk berbahan utama ikan, jarang memasak ayam, alasannya karena saya udah neg duluan melihat ayam.

Kok bisa?
Iya, waktu kerja dulu, selama 8 tahunan menu harian makan siang yang disantap kalau ga ayam ya telur. Yang berbeda cuma cara pengolahannya aja *nasib karyawan yang dapat jatah menu maksi dari tempat kerja. Oleh sebab itu, di luar jam makan siang tempat kerja, saya ogah makan yang namanya ayam dan telur.

Secara saya dibesarkan di daerah pesisir, hari-hari lauk pauknya ya ikan. Tapi herannya saya tak pernah bosan yang namanya ikan, walau jadi menu makan 3 kali sehari, apalagi kalau ikannya segar, dimasak ala kadarnya, tetap aja rasanya maknyus di lidah.

Dengan alasan lidah saya yang ga pernah bosan oleh ikan, saya pun menerapkan menu ikan ini di dalam keluarga kecil. Tapi, benar kata bijak yang mengatakan bahwa lidah mempunyai rasa dan pilihan sendiri yang disukainya.

Akhirnya teman hidup saya protes, lauk utamanya ikan melulu, walau kadang saya seling dengan memasak daging *badannya suka gatel kalo kebanyakan makan ikan*. Demi keluarga, mau tak mau saya masak ayam juga, walau saya ga ikut menikmatinya.

Nah, diantara ragam jenis olahan ayam yang saya coba, junior paling suka olahan ayam kecap ala rumah bikinan emaknya. Dia bisa menikmati makan dengan menyuap sendiri, bahkan saat kurang enak badan, saya sebagai emak memakai menu ayam kecap ini untuk memancing nafsu makannya. Alhamdulillah, selama ini manjur-manjur aja. Dan yang terpenting, gegara resep ayam kecap ala-ala ini, saya akhirnya kembali menyukai olahan ayam ❀ .

Bahan dan Bumbu Ayam Kecap Ala Rumah versi ysalmaΒ 

Bahan untuk Ayam Kecap:

Ayam potong 1/2 Kg, potong sesuai selera, buang kulitnya, bersihkan, tiriskan.
Bawang bombay, 1 buah, cincang kasar.
Serei, 1 batang, memarkan.
Daun jeruk purut, 5 lembar.
Daun salam, 2 lembar.
Gula merah, 1 sdm.
Kecap manis, 3 sdm.
Merica bubuk, 1/2 sdm.
Jeruk nipis, 1/2 buah ukuran sedang, ambil airnya.
Cabe rawit, 10 buah.
Air mineral, 1/4 gelas.
Minyak sayur, 1sdm.

Bumbu Ayam Kecap yang dihaluskan:

Jahe, 1,5 ruas jari.
Bawang putih, 4 siung.
Bawang merah, 6 siung.
Kemiri, 1 buah.
Pala, 1/4 buah.
Cengkeh, 2 buah.
Bunga lawang, 3 keping.
Garam, 1/2 sdm, atau sesuai selera.

Cara Mengolah / Cara Memasak Ayam Kecap:

  • Campur bumbu yang dihaluskan pada ayam, tambahkan merica bubuk, air jeruk nipis, serei, daun salam, daun jeruk yang disobek-sobek. Aduk rata, diamkan selama 30 menit *bisa ditambah 1/2 sdm olive oil.
  • Panaskan minyak sayur, tumis bawang bombay hingga harum, sisihkan.
  • Masukkan ayam ke minyak bekas menumis bawang bombay, bumbu yang ga nempel di ayam di sisihkan dulu. Tutup wajan, sekali-sekali bolak balik, sampai ayam berubah warna. Tambahkan air mineral, sisa bumbu halus, dan cabe rawit utuh. Tutup kembali.
  • Setelah mendidih, tambahkan kecap dan gula merah. Aduk rata. Setelah kuah mengental matikan api.

Taruh ayam kecap di piring saji. Ayam kecap ala rumah sudah siap untuk dinikmati bersama nasi anget. Bisa juga dinikmati bersama tempe orek dan lauk lainΒ  πŸ˜‰ .

Ayam kecap ala rumah versi emak ;)
Ayam kecap ala rumah versi emak πŸ˜‰

Perkiraan waktu memasak ayam kecap: PersiapanΒ  15 menit, membumbui 30 menit, memasak ayam 15 menit.

Β 

Β 

Β 

Β 

Iklan

42 comments

  1. Gambar ayam kecapnya bikin ngiler mbak πŸ™‚

    Setelah lihat bahan bahannya, yg lagi habis kemiri dan serei nih mbak di dpaurku, harus beli dulu di Asia Shop, tapi kapan ya πŸ™„

    Suka

  2. Duh… duh… fotonya itu lho…, jelas dan bagus bangeeet…., jadi tertarik deh untuk nyoba resepnya, hmm…. rasanya sudah kemecer ini, Mbak…
    πŸ˜›

    Suka

  3. Wah, ayah saya jago banget bikin ayam kecap. Setiap kali beliau masak itu, dalam sehari saya bisa makan 4 sampai 5 kali, hahaha….

    Suka

  4. Lapeeeer.. Hahah.. πŸ˜€
    Mbak, ayam kecap ini sama ngga sih sama semur ayam? Penampakannya mirip sama buatan ku kalo nyemur. Wkwkwk..

    Suka

    • kurang tau Beb, ini ala saya, kalau ayam dikasih kecap ya namanya ayam kecap,
      tapi kalau sama kalio ayam saya pasti langsung tau bedanya πŸ˜€

      Suka

      • Lho.. Kalo dikalio kan yang mirip gulai cumak kentel itu kan, Mbak? Gitu sih kalo di Medan.. Hahah.. πŸ˜€

        Btw, ngga ada yang nyebut ayam kecap nih di sini. Makanya aku kepo to the maxx :p

        Suka

        • iya Beb, kalio itu ‘adeknya’ rendang πŸ™‚
          ditempatku ga ada ayam yang dimasak dengan tambahan kecap malah,
          kalau aku dengar semur, kepikirannya malah jengkol,
          sebenarnya itu istilah junior ‘ayam kecap’ untuk ayam yang tak masak seperti bumbu diatas πŸ˜‰

          Suka

        • Bahahah.. Iya Mbak, aku juga jadi teringat jengkol. Wkwkwk.. πŸ˜€
          Dulu kena marah sama etek yang di Padang, gara-gara aku ngga suka jengkol padahal orang Minang tuh wajib makan jengkol :p

          Suka

  5. Sedeep banget, ada daun jeruknya. Ayam kecapnya jadi seget.
    Btw, saya enggak pernah bosan dengan ikan seksi, Mba. Baik laut maupun tawar. πŸ˜€

    Suka

  6. […] junior menikmati jam bermainnya dengan teman-teman yang datang ke rumah. Emak dan ibundanya alias nenek, ketawa […]

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.