Mainan Kertas dan ceritanya


Mainan kertas disini maksudnya adalah sebuah mainan anak-anak yang dibuat dari kertas. Tujuan utama dari jenis mainan ini bukan bagus, mahalnya. Ataupun terbuat dari kertas baru, atau kertas bekasnya.

Akan tetapi keasyikannya terdapat pada kreativitas seorang anak dalam melipat, menggunting kertas, dalam rangka berusaha menciptakan sebuah mainan. Kemudian memainkannya dengan imajinasi mereka sendiri. Hingga terciptalah permainan kertas dan ceritanya 🙂 .

Anak-anak akan asyik dan sangat menikmati bermain dengan mainan yang dibuat dari kertas tersebut. Walaupun tak jarang hasilnya kurang rapi. Tapi itu bukan poin utamanya, yang terpenting adalah proses yang mereka lalui.

Mainan kertas yang sudah dibentuk oleh anak-anak berupa sebuah kapal, mobil balap, topeng besi, akan sangat  terasa hidup kalau sudah dimainkan dengan tambahan gumaman mereka.

Kebetulan bocah di rumah sedang seru-serunya dengan permainan lipat kertas ini. Buku tulis pun berubah fungsi lembar demi lembar menjadi berbagai mainan.

Setelahnya, permainan itu pun diikuti dengan mulut bocah yang khusuk merangkai cerita.

Kalimat berikut sering saya kuping ketika bocah tenggelam dengan dunianya bermain, “angin bertiup kencang dan tiba-tiba ombak besar menghantam. Kapal oleng dan masuk pusaran air. Tenggelam deh 😛 “.

Atau gumanan yang seperti berikut, “mobil balap melaju dengan cepat, saling kejar, satu keluar lintasan, dan .. crash, tabrakan beruntun. Hhancur deh” :mrgreen: .

Bosan dengan mainan kertas kapal dan mobil kertas. Mainan kemudian berganti dengan topeng baja yang juga terbuat dari kertas 😳 .

“Seorang penyihir jahat mengincar sang raja. Seorang ksatria topeng datang membantu  raja. Penyihir jahat kalah dan pulang ke negerinya, the end” 😆 .

Berbagai mainan kertas dan ceritanya seperti di atas, sangat biasa dimainkan junior. Apalagi setelah mendapatkan ketrampilan baru, melipat dan menggunting kertas dari sekolah bersama teman-temannya.

Semalam, awalnya junior menunjukkan kantuk yang sangat luar biasa karena di minta mengulang pelajaran sekolah.

Saya sebagai Emak melihat kegiatan mengulang pelajaran itu hasilnya bakalan percuma kalau diteruskan. Junior pun disuruh istirahat aja dan tidur.

Eh, ndlilah, dia malah bilang, “entar dulu, mama. Mau membuat topeng baja  sebentar”.

Dia mengambil kertas, gunting dan lem. Kemudian asyik sendiri.
Kantuknya entah minggat kemana.

Tau-tau minta difootoin dengan topeng baja kertas yang belum diwarnai.

Cekrek.
Emak akhirnya jadi dapat ide menulis mainan bocah deh 😀 .

Mainan kertas, perahu, mobil balap dan topeng baja dari kertas 🙂

Ditengah berbagai macam keinginan untuk memiliki mainan figure pahlawan animasi, lego, permainan game pada laptop, game HP, PS, yang tak pernah ada berhentinya. Malah semakin menyita perhatian dan minat anak-anak. Alhamdulillah banget, Junior dan kawan-kawannya masih bisa asyik dengan selingan berbagai mainan dari kertas, dan ceritanya ini.

Walaupun dengan resiko, buku tulis setiap pulang sekolah semakin tipis. Bukan karena dipakai buat menulis, tapi belajar ketrampilan tangan lainnya.

Buku tulis yang tipis bisa dibeli lagi. Kreativitas kalian saat ini tidak akan terulang kembali.

Jangan lupa juga tetap konsentrasi belajar di kelas, tetap kreatif, dan berimajinasi ya anak-anak 😀 .

========================================================

Artikel ini diikutsertakan pada Mainan Bocah Contest di Surau Inyiak.

Iklan

36 comments

  1. Hmm ternyata semua anak sama y maba Salma..
    Di rumah paling boros emang buku tulis,..
    Ya itu di bikin topeng2 ..padahal dah ada kertas lipat..
    teuteup buku tulis incarannya..

  2. Mainan kertas ini … (atau ada yang bilang Origami) memang sangat baik untuk mengembangkan kreatifitas anak …
    dan melatih motorik kecil anak-anak

    Salam saya

  3. Topeng-topengan itu juga kesukaan anak-anak saya tuh.. 🙂

    Terima kasih Uni Salma atas partisipasinya
    Artikel ini sudah saya catat sebagai salah satu peserta dalam MAINAN BOCAH CONTEST

  4. mainan waktu kecil.. ada juga bikin katak, bikin robot dari kertas mainan juga.. dan bikin boneka lidah yang dari kertas..

    kalo sekarang mainan kertas udah pake papercraft semua..

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.