Mainan Kertas dan ceritanya


Mainan kertas adalah sebuah mainan anak-anak yang terbuat dari kertas. Tujuan utama dari jenis mainan ini bukan bagus, mahal, terbuat dari kertas baru, atau kertas bekasnya. Tetapi keasyikannya terdapat pada kreatifitas seorang anak dalam melipat, menggunting kertas dalam rangka menciptakan sebuah mainan. Kemudian memainkannya dengan imajinasi mereka dan terciptalah permainan kertas dan ceritanya 🙂 .

Mainan kertas yang sudah dibentuk oleh anak-anak berupa sebuah kapal, mobil balap, topeng besi, sangat  terasa hidup kalau sudah dimainkan dengan tambahan gumaman mereka yang beberapanya terdengar seperti cerita ini, “angin bertiup kencang dan tiba-tiba ombak besar menghantam, kapal oleng masuk pusaran air, tenggelam deh 😛 “. Atau, “mobil balap melaju dengan cepat, saling kejar, satu keluar lintasan, dan .. crash, tabrakan beruntun, hancur deh” :mrgreen: .

Kemudian berganti ke topeng baja, “seorang penyihir jahat mengincar sang raja, ksatria topeng datang membantu sang raja, penyihir jahat kalah dan pulang ke negerinya, the end” 😆 .

Mainan kertas dan ceritanya seperti diatas, biasa dimainkan junior. Kalau mendapatkan ketrampilan baru melipat dan menggunting kertas dari sekolah bersama teman-temannya.

Seperti semalam, awalnya junior menunjukkan kantuk yang luar biasa karena di minta mengulang pelajaran sekolah. Emak melihat hasilnya bakalan percuma kalau diteruskan, junior disuruh istirahat aja dan tidur.

Eh dia malah bilang entar dulu, mau membuat topeng baja  sebentar. Ambil kertas, gunting, lem, kemudian asyik sendiri. Tau-tau minta di photo dengan topeng baja kertas yang belum diwarnai.

Emak juga jadi dapat ide menulis mainan bocah deh 😀 .

Mainan kertas, perahu, mobil balap dan topeng baja 🙂

Ditengah berbagai macam keinginan untuk memiliki mainan figure pahlawan animasi, lego, permainan game di laptop, game HP, PS yang tak pernah ada berhentinya. Malah semakin menyita perhatian anak-anak. Junior dan kawan-kawannya masih bisa asyik dengan selingan berbagai mainan dari kertas dan ceritanya ini. Walaupun resikonya, buku tulis setiap pulang sekolah semakin tipis.

Jangan lupa konsentrasi belajar di kelas, tetap kreatif dan berimajinasi ya anak-anak 😀 .

========================================================

Artikel ini diikutsertakan pada Mainan Bocah Contest di Surau Inyiak.

Iklan