4 Tips Cara Mencuci Baju Putih Anak Agar Tampak Seperti Baru


Cara Mencuci Baju Putih Anak
Foto Anak: Dok. Pribadi, Foto Ibu: Rinso Edit by YSalma

Cara mencuci baju putih susah-susah mudah agar kilau putihnya tetap cemerlang. Apalagi kalau baju putih tersebut miliknya anak dan digunakan untuk beraktivitas seperti sekolah, maupun berolah raga. Baju putih perlu penanganan lebih agar tampak seperti baru terus, walaupun sering dipakai.

Bagian baju putih anak yang perlu perhatian khusus ketika mencucinya adalah bagian leher, ketiak, dan saku baju. Jika bajunya lengan panjang, maka bagian siku juga perlu perhatian.

Dunia Anak, Bermain & Belajar

Jangan sampai aktivitas seorang anak terhalang hanya gegara Bunda ngomel melihat baju putihnya dipenuhi noda tanah atau noda lain yang sudah bercampur keringat.

Anak saya termasuk anak yang kurang begitu betah duduk manis.
Untung guru dan sekolahnya juga tidak terlalu kaku. Sehingga ketika ada waktu menulis atau mengerjakan tugas, anak diberi sedikit kebebasan.

Anak mau menulis duduk di bangku, silahkan. Anak mau mengerjakan sambil tengkurap di lantai juga ga masalah, yang penting tidak mengganggu teman yang lain.

Jika ada pilihan belajar seperti itu di dalam kelas, anak saya dapat dipastikan akan memilih mengerjakannya sembari duduk atau tengkurap di lantai.

Dengan kondisi belajar dalam kelas yang seperti itu, belum lagi bermain waktu jam istirahat, maka baju putih anak saya sepulang sekolah itu sudah beda penampakan warnanya 😳 .

Perlu trik mencuci agar baju putihnya kembali putih bersih seperti semula.

Cara Mencuci Baju Putih Tetap Kinclong Seperti Baru

Sebenarnya merawata baju putih tidaklah sehoror yang dikira jika mengetahui tips mencucinya.

1. Segera Cuci Baju Putih Secara Terpisah & Dalam Jumlah Wajar

Baju putih yang sudah dipakai, sedikit apapun keringat yang menempel tetap akan terlihat. Untuk itu penanganan pada baju putih yang selesai dipakai harus langsung dicuci.

Kalau tidak sempat langsung dicuci, baju putih jangan ditumpuk dalam keranjang pakaian kotor, tapi dianginkan terpisah.

Saat mencuci baju putih jangan dicampur dengan baju warna lain, sebab itu bisa membuat warnan putihya menjadi kusam dan kumal, atau beresiko kena lunturan pakaian warna lain. Sekali baju putih kena lunturan pakaian warna lain, warna putihnya tidak akan bisa kembali seperti sedia kala.

Kebersihan baju putih anak, baju kerja berwarna putih, atau pakaian lain yang berwarna putih akan kentara terlihat jika dicuci sekaligus dalam jumlah yang banyak, kerja mesin cuci tidak maksimal. Akibatnya baju putih justru semakin tampak kumal, walau bau keringatnya hilang setelah dicuci.

2. Rendam dan Gunakan Air Hangat Ketika Mencuci Baju Putih Yang Terkena Noda

Baju putih anak saya yang pulang sekolah itu selalu terkena noda. Dan itu tidak boleh ditunda mencucinya, untuk menghindari noda melekat pada serat kain dan semakina susah dihilangkan.

Tipsnya gimana?
Bagian-bagian baju yang terkena noda tanah, noda bekas rautan pensil, noda lainnya harus diberi olesan deterjen atau sabun cuci. Kemudian direndam sekitar setengah jam, bisa menggunakan air biasa. Untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya menggunakan air hangat.

Setelah itu, bagian yang terkena noda harus dikucek atau disikat terlebih dulu, baru dilanjutkan mencuci seperti biasa.

Tips Mencuci Baju Putih Anak
Tips Mencuci Baju Putih Anak Agar Awet Putihnya

3. Bersihkan Baju Putih Yang Kena Noda Dengan Sitrun, Baking Soda, atau Cuka

Bahan-bahan yang ada di dapur seperti sitrun, baking soda, atau cuka bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan noda pada baju putih atau hanya untuk mempertahankan warna putih baju.

Bahan-bahan tersebut sudah digunakan oleh tetua dari dulu.

Sitrun (asam sitrat), berbentuk butiran kristal yang merupakan senyawa asam organik lemah yang terdapat pada daun dan buah dalam genus Citrus (Biologi: marga jeruk). Konsentrasi senyawa ini paling banyak ditemukan dalam Lemon.

Sitrun umumnya digunakan untuk menambah rasa asam pada makanan dan minuman, juga sebagai bahan pengawet. Sering digunakan untuk campuran rendaman bahan manisan.

Cara Membersihkan Noda Pada Baju Putih Dengan Sitrun:

Sediakan air hangat secukupnya (bukan air mendidih). Tambahkan 2 sendok makan sitrun ke dalam air. Lalu rendam baju putih yang terkena noda sekitar 10 menit. Untuk bagian noda yang membandel bisa disikat terlebih dulu, kemudian bilas dengan air biasa dan lanjutkan mencuci seperti biasa.

Singkirkan Noda Membandel Dengan Baking Soda:

Campur satu sendok makan baking soda dengan air hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada noda membandel, diamkan sekitar 15 menit. Kemudian kucek bagian yang terkena noda tersebut hingga hilang. Selanjutnya cuci baju dengan deterjen seperti biasa.

Kembalikan Cemerlang Warna Putih Dengan Cuka Putih:

Hampir sama penggunaannya dengan sitrun dan baking soda, cuka dimasukkan sebagai campuran rendaman baju putih. Air yang digunakan sebaiknya juga air hangat. Untuk mengembalikan warna putih baju, sebelum dicuci bisa direndam semalam dengan air bercampur cuka ini.

Catatan:
Namanya pemutih, bahan-bahan dapur ini tetap tidak bisa digunakan secara berlebihan untuk mengembalikan warna putih baju. Bisa menyebakan serat baju tipis, cepat lapuk, dan mudah sobek.
Bahkan pasta dari baking soda tidak dianjurkan untuk baju yang berbahan tipis seperti sutra, satin, dan bahan sejenis lainnya.

4. Cuci Baju Putih Dengan SmartFoam, Praktis dan Hemat

Mencuci baju putih tidak lagi repot dengan banyak proses, cukup gunakan Rinso Molto Deterjen Cair Rose Fresh. Merupakan varian produk Rinso Molto yang menggunakan formula anti noda khusus, efektif menghilangkan noda dalam satu kali kucek.

Varian ini juga dilengkapi dengan teknologi SmartFoam yang membuat busa lebih cepat hilang dan dapat menghemat setengah air bilasan.

Aroma Rinso Molto ini perpaduan rose dan strawberry sehingga baju putih harum lebih lama, bahkan hingga 21 hari.

Mencuci baju putih akan jauh lebih praktis dengan menggunakan deterjen cair Rinso Molto.

Kesimpulan:

  • Sebagus apapun teori mencuci baju putih anak tidak akan efektif jika tabung mesin cuci atau wadah yang digunakan tidak bersih. So, bersihkan terlebih dulu peralatan yang digunakan untuk proses mencuci.
  • Gunakan bahan untuk memutihkan pakaian, deterjen pemutih, pewangi secukupnya. Sebab bahan-bahan tersebut jika berlebih digunkan justru mengendap pada serat pakaian, dan bisa membuat kusam.
  • Berbeda dengan baju berwarna, baju putih setelah dicuci sebaiknya dijemur dibawah matahari langsung. Ini akan membuat putihnya lebih kinclong.
  • Setrika baju putih dengan panas yang cukup, jangan berlebih, bisa menyebabkan baju tampak kekuningan.

Bagaimana dengan temans YSalma, punya tips khusus cara mencuci baju putih anak, gamis, atau baju kerja yang berwarna putih jugakah? Boleh ditambahkan infonya.

33 comments

  1. Baju putih kalau tepat cara mencucinya busa awet ya. Tapi kalau air yg digunakan utk mencuci kualitasnya kurang bagus, bisa menyebabkan baju putih jadi kuning.

  2. Hihihi, pasta dari baking soda tidak dianjurkan untuk baju yang berbahan tipis seperti sutra, satin, dan bahan sejenis lainnya.

    Saya pernah dong dan baju yang baru sekali dipakai langsung hancur kaya kertas 😢😢😢

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.