Kesabaran


Kesabaran merupakan kata yang punya awalan ke dan akhiran an. Setelah menjadi kata kesabaran, di dalam maknanya terkandung kepasrahan dan keikhlasan, setelah melakukan suatu usaha yang maksimal dan hasil yang diharapkan tidak mesti sesuai dengan perhitungan kita, disinilah kesabaran mutlak di perlukan.

Pada batas ini kita sebagai manusia harusnya menyadari, memang ada kekuatan yang tak terlihat yang menentukan. Dan banyak lagi kesabarn-kesabaran lain yang diperlukan dalam menjalani hidup ini sebagai manusia.

Bagi mereka yang masih anak-anak, sabarlah menikmati masa kanak-kanaknya, jalani masa kanak-kanak dengan waktu yang sebaik-baiknya, kapan bermain dan kapan seriusΒ  menuntut pendidikan, sambil tentunya menikmati masa-masa dalam bimbingan orangtua, guru dan lingkungan sosial yang tidak semuanya bersahabat. Tak usah terburu-buru penasaran ingin menjadi dewasa, semua ada waktunya πŸ™‚

Bagi para pekerja, perlu kesabaran penuh dalam menjalani rutinitas sebagai anak buah, kadang kerja yang sudah dilakukan sebaik-baiknya belum tentu masuk perhitungan atasan, sehingga pada saat penilaian, usaha maksimal itu belum dilihat sebagai sebuah karya dan dedikasi ke perusahaan. Tak lebih dari sebuah kewajiban anda yang sudah mereka gaji. Belum lagi kesabaran dalam menghadapi persaingan sesama rekan kerja, yang walaupun sama-sama punya kepala, tetapi isi pikiran didalamnya sudah pasti tidaklah sama, syukur-syukur tidak ada rekannya yang suka menjelek-jelekkan teman-teman yang sudah berusaha dandan rapi alias rekan yang suka menikmati dan memanipulasi hasil kerja orang lain :P.

Kadang sebagai rakyat kita merasa sudah memilih wakil yang tepat waktu masa-masa kampanye, tetapi hasil kerjanya masih saja mensejahterakan diri mereka sendiri, bukan meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kemakmuran bumi dan negeri tercinta. Kadang kita sudah merasa berjalan dijalur yang benar, malah udah mau mepet ke pinggir got tetap aja mobil, motor yang berpapasan masih kekurangan jalan buat mereka,, arggghhhhh, kadang kesabaran kalo ga disegarkan dengan mendengar ilmu yang bermanfaat atau melihat ke mereka yang dibawah kita suka menguap entah kemana.

Kesabaran itu bukan berarti menerima semuanya tanpa protes.

Bagaimana cerita teman-teman tentang kesabaran??

Iklan