Kesabaran


Kesabaran merupakan kata yang punya awalan ke dan akhiran an. Setelah menjadi kata kesabaran, di dalam maknanya terkandung kepasrahan dan keikhlasan, setelah melakukan suatu usaha yang maksimal dan hasil yang diharapkan tidak mesti sesuai dengan perhitungan kita, disinilah kesabaran mutlak di perlukan.

Pada batas ini kita sebagai manusia harusnya menyadari, memang ada kekuatan yang tak terlihat yang menentukan. Dan banyak lagi kesabarn-kesabaran lain yang diperlukan dalam menjalani hidup ini sebagai manusia.

Bagi mereka yang masih anak-anak, sabarlah menikmati masa kanak-kanaknya, jalani masa kanak-kanak dengan waktu yang sebaik-baiknya, kapan bermain dan kapan seriusΒ  menuntut pendidikan, sambil tentunya menikmati masa-masa dalam bimbingan orangtua, guru dan lingkungan sosial yang tidak semuanya bersahabat. Tak usah terburu-buru penasaran ingin menjadi dewasa, semua ada waktunya πŸ™‚

Bagi para pekerja, perlu kesabaran penuh dalam menjalani rutinitas sebagai anak buah, kadang kerja yang sudah dilakukan sebaik-baiknya belum tentu masuk perhitungan atasan, sehingga pada saat penilaian, usaha maksimal itu belum dilihat sebagai sebuah karya dan dedikasi ke perusahaan. Tak lebih dari sebuah kewajiban anda yang sudah mereka gaji. Belum lagi kesabaran dalam menghadapi persaingan sesama rekan kerja, yang walaupun sama-sama punya kepala, tetapi isi pikiran didalamnya sudah pasti tidaklah sama, syukur-syukur tidak ada rekannya yang suka menjelek-jelekkan teman-teman yang sudah berusaha dandan rapi alias rekan yang suka menikmati dan memanipulasi hasil kerja orang lain :P.

Kadang sebagai rakyat kita merasa sudah memilih wakil yang tepat waktu masa-masa kampanye, tetapi hasil kerjanya masih saja mensejahterakan diri mereka sendiri, bukan meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kemakmuran bumi dan negeri tercinta. Kadang kita sudah merasa berjalan dijalur yang benar, malah udah mau mepet ke pinggir got tetap aja mobil, motor yang berpapasan masih kekurangan jalan buat mereka,, arggghhhhh, kadang kesabaran kalo ga disegarkan dengan mendengar ilmu yang bermanfaat atau melihat ke mereka yang dibawah kita suka menguap entah kemana.

Kesabaran itu bukan berarti menerima semuanya tanpa protes.

Bagaimana cerita teman-teman tentang kesabaran??

Iklan

31 comments

  1. sepengetahuan saya tidak ada istilah ‘sabar ada batasnya’…sabar itu konsisten: borderless….tapiiii susah banget saya mempraktekkannya *toloong πŸ˜›

    yups,, sabar itu harus buat mereka yang hidup :mrgreen:

  2. Setiap bencana yang menimpa adalah pelajaran yang tidak bisa dilupakan, dan setiap musibah yang menimpa akan selalu terukir dalam pikiran kita. Bencana merupakan teks yang abadi yang ada di alam pikiran.

    Mari kita doakan saudara-saudara kita agar diberikan jalan kemurahan dan kekuatan dalam menghadapi segala musibah yang menimpa mereka.

    Dengan Mengatasi Permasalahan Yang Kecil; Maka, Kita Dapat Mengatasi Permasalahan Yang Besar.

    Sukses selalu.

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

  3. kesabaran mungkin maksudnya terlalu sabar, seperti kata kegedean kan berarti terlalu gede. jadi ya…santai saja.

    engga sama kali maknanya yaa,, walapun awalan dan akhirannya sama,, ga ada kata “terlalu” untuk sebuah kesabaran, bukan sabar karena takut yaa πŸ™‚

  4. Semoga hari ini saya bisa lebih sabar dari hari kemaren ..itulah salah satu kalimat yang selalu saya ucapkan ketika berdoa di pagi subuh sebelum memulai aktifitas…karena banyak hal yang tak terduga yang kita alami setiap harinya yang membutuhkan kesabaran ekttra…..nice post mbak…

    Memulai aktifitas dengan hal positif plus Lillahi ta ala..

  5. Kesabaran adalah perasaan “legawa” tapi bkn berarti pasrah.

    Sabar ya nggak usah buru-buru namun tidak terlalu santai, tidak marah tapi bukan berarti mau diinjak-injak sabar adalah sabar heeee

    Sorry Mbak…
    bener-bener nggak tahu gimana ngerangkai kalimatnya πŸ™‚

    Semoga kita masuk pada golongan orang-orang yan bersabar πŸ™‚

    Salam sayang πŸ˜‰

    Benar sekali Han,, yang jago ngerantai kata2 itu justru Hani,,
    Salam Damai πŸ™‚

  6. Kesabaran kita memang sering menguap.. Ya, saya juga berpikiran gitu. Kesabaran butuh senantiasa disegarkan. Entah dengan mendengar ilmu yang bermanfaat atau ya yang katanya Mbak , dgn memandang mereka yang dibawah kita..

    sebenarnya kalo kita mau,, disekeliling kita kalo kita mau berkaca/melihat, banyak yang membuat kita selalu bersyukur yang akhirnya menjalankan semuanya dengan sabar.

  7. sabar dlm menghadapi musibah maupun keberuntungan juga tak mudah utk dilakukan.
    dalam beribadah pun memerlukan kesabaran, agar kita bisa tetap istiqomah, begitu khan Salma?
    salam

    Betul sekali bunda,, kesabaran ini memang perlu selalu diasah, biar tidak tumpul,, πŸ™‚

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.