Pantai Carocok Painan


Pantai Carocok
Jembatan Pulau Batu Kereta

Pantai Carocok terletak 2Km dari pusat kota Painan. Painan sendiri merupakan ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan yang berjarak Β± 85 Km dari Padang Kota, Ibu kota Provinsi Sumatera Barat. Kurang lebih 2 jam perjalanan untuk mencapai lokasinya.

Kota Painan dikelilingi oleh bukit dan merupakan sebuah kota di pinggir pantai. Di salah satu bagian pantai Kota Painan inilah terdapat sebuah objek wisataΒ yang bernama Pantai Carocok itu.

Pantai Carocok2
Pantai Carocok

Pantai ini memiliki pasir yang sangat bersih dan putih, dan juga ada bagian yang berwarna coklat, serta ada juga yang berkarang. Tepi pantainya ada yang landai sehingga bisa untuk berenang bagi anak anak dan juga orang dewasa, airnya sangat jernih sekali.

Oiya, air pantai yang bening dan pasir putihnya ini selalu bikin kangen ysalma junior untuk main pasir dan ngerengek untuk datang lagi πŸ™‚ . Padahal, agar bisa berkunjung itu ketika liburan sekolah sudah datang, atau libur lebaran. Tetapi pada waktu-waktu tersebut pantai ini sangat-sangat ramai oleh pengunjung.

Di kawasan pantai ini terdapat beberapa pulau yang dapat dikunjungi dengan menaiki perahu. Diantara pulau yang terkenal adalah Pulau Cingkuak (Cingkuak Island) dan Pulau Batu Kereta.

Pantai Carocok3
Perahu atau Biduak dari Pulau Cingkuak

Pulau Batu Kereta, pulau ini merupakan ujung dari Bukit Langkisau ke arah laut. Pulau ini terhubung dengan daratan pantai carocok melalui jembatan.

Dahulu sebelum dibangun jembatan, pulau batu kareta ini hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki pada saat pasang lagi surut. Dan pada saat air laut pasang, Pulau Batu Kareta ini menjadi sebuah pulau yang terpisah dari daratan pantai carocok, bisa dikunjungi dengan perahu kecil.

Beberapa tahun terakhir ini, Bukit Langkisau sudah bisa dinaiki sambil jalan ringan ataupun membawa kendaraan sambil menikmati pemandangan Kota Painan disatu sisi, dan Pantai nan elok di sisi lainnya.

Sekarang ini di Bukit Langkisau juga digunakan sebagai tempat Olah Raga Paralayang Nasional.

Pantai Carocok4
Pemandangan Carocok Beach

Pulau Cingkuak, terpisah oleh laut sekitar 300 meter dari pantai carocok. Pulau ini menyimpan sejarah yang sekarang hanya tinggal puing-puing bekas benteng Portugis.

Pulau ini dulunya merupakan pintu masuk pertama kali Portugis ke Indonesia dari arah barat. Kemudian mereka mendirikan benteng sebagai pertahanan.

Di pulau ini, pasirnya sangat bersih dan putih, serta suasananya nyaman sekali untuk rekreasi.

Menikmati Caracok Beach

Saat berkunjung terakhir, yang agak terasa kurang di lokasi wisata pantai ini adalah prasarana pendukung untuk wisata Pantai,Β  masih kurang memadai. Semoga ke depannya Pemkot Painan tetap berbenah dan wisatawan yang datang betah untuk menikmati wisata pantai di Pesisir Selatan. Dan pantai Carocok menjadi andalan wisata bahari pesisir.

Iklan

18 comments

  1. semoga saja pemda setempat mau lebih memperhatikan obyek2 wisata di daerah sumbar ini ya Salma.
    sayang sekali jika dibiarkan begitu saja, gak dikembangkan.
    kebetulan tetangga sebelah rumah bunda orang asli dr Painan, dan mereka suka cerita juga ttg obyek2 wisata yg indah2 ini πŸ™‚
    terimakasih ya Salma sudah mau berbagi
    salam

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.