Manfaat Pemijatan Kaki


Kaki berfungsi untuk menopang seluruh berat tubuh. Kaki juga bisa mengalami kelelahan yang berupa kram, rasa nyeri yang kadang disertai pembengkakan. Untuk itu kaki juga perlu dirawat untuk mengembalikan kebugarannya, salah satunya dengan melakukan pemijatan.

Pijatan yang dilakukan pada kaki merupakan cara terbaik untuk menghilangkan stres dan mengendurkan otot-otot kaki yang kaku. Pemijatan dapat dilakukan dipusat-pusat perbelanjaan yang bertaburan pusat pijat refleksinya, praktis dan anda ditangani oleh terapis yang lebih paham titik-titik syaraf yang memerlukan pemijatan.

Tetapi dapat juga dilakukan dirumah sembari lebih mengenali kaki sendiri πŸ™‚ . Apalagi sepulang kerja, melakukan aktifitas seharian dengan high heels kesayangannya. DimanaΒ  sekarang waktunya mulai berburu baju lebaran (enggaklah yaa, baju baru Alhamdulillah, buat dipakai di Hari Raya, tak punya pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama πŸ™‚ ).

Sebelum pemijatan kaki dibersihkan dulu, lalu direndam dalam bak kecil yang sudah berisi air hangat, tips pemijatan kaki saya; air hangatnya ditambahi sedikit garam,Β  ini juga membantu kaki lebih rileks. Kemudian oleskan minyak zaitun atau lotion kesukaannya pada kaki sambil diberikan pijatan lembut dan ringan selama 10 menit – 15 menit.

Manfaat pemijatan pada kaki bukan hanya mendapatkan efek relaksasi tetapi juga kesehatan. Jika pemijatan dilakukan secara teratur, manfaat kesehatan yang akan didapat :

  • Pijat sangat baik untuk drainase limfatik. Pijatan membantu mengeluarkan racun dan sampah keluar tubuh, dan hal ini membuat tubuh lebih segar.
  • Di daerah kaki terdapat ribuan titik pusat syaraf. Jika Anda tahu letak dan fungsinya maka rasa sakit yang timbul di organ tertentu bisa dikurangi dengan pijatan pada kaki atau sering disebut refleksiologi.
  • Rasa pegal pada tumit seringkali muncul setelah bekerja, apalagi jika Anda mengenakan sepatu tumit tinggi. Dengan pijatan rasa pegal dan nyeri di sekitar kaki bisa diatasi.
  • Pijatan pada kaki juga bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kaki. Hal ini bisa mengurangi rasa nyeri di sekitarnya.

Rawatlah kaki seperti kita merawat bagian tubuh lainnya dan rasakan manfaat pemijatan kaki tersebut πŸ˜‰ .

Sumber: Yahoo News.

Iklan