Terong Belanda dan Manfaatnya


Terong Belanda

Terong belanda merupakan salah satu buah kesukaan saya yang wajib beli kalau lagi pulang pudik lewat darat. Kalau di Sumatera Barat sana, terong belanda ini banyak di temui di sepanjang jalan lintas Sumatera di daerah Solok. Kalau disana biasanya terkenal dengan nama “Taruang Perus” πŸ™‚ .

Terong belanda hidup didaerah pegunungan yang berudara sejuk, seperti Bogor kali ya kalau di Pulau Jawa. Nah, kemaren itu, teman hidup saya lagi beli buah, karena stok buah di kulkas sudah menipis dan dia belilah salah satunya terong belanda ini, secara dia tahu kalu saya suka buah yang satu ini dan jarang-jarang menemukannya. Saya bahagia dong mendapatkan buah yang sudah lumayan lama tidak ditemukan.

Rasa Terong Belanda Seperti Apa?

Kalau menurut saya rasa terong belanda ini campur-campur, ada asam, getir, sedikit rasa manis tapi lebih dominan rasa asamnya. Bagi yang suka, rasanya segar dan bisa makan sampai puas. Tapi, bagi yang kurang suka, menghabiskan satu buah aja terasa sangat sulit dan perlu perjuangan untuk bisa menelannya.

Cara makan terong belanda yang paling seru menurut saya adalah dengan cara dihisap

Terong Belanda “Hisap”

Jadilah namanya terong belanda hisap πŸ˜† .

Cara menikmati terong belanda hisap ini gimana?

Terong belanda dibersihkan, diputer-puter diantara dua telapak tangan, atau diremas-remas dulu dalam genggaman hingga kulitnyaΒ  terasa empuk. Setelah itu, gigit bagian ujungnya (kalau yang ga mau kelihatan norak, bolehlah dipotong pakai alat potong seperti pisau. Padahal gigi kan juga termasuk alat pemotong alami ya). Selanjutnya tinggal diseruput daging buahnya yang sudah hancur itu. Daging buah yang sebelumnya berwarna kuning ke oranye, kalau sudah hancur akan berubah berwarnaΒ  menjadi merah darah. Jadi, kalau makannya belepotan di sekitar mulut, bisa-bisa penampilan teman kayak vampire (seperti yang di film-film barat itu). Nikmat makan terong belanda hisap ini akan sangat terasa. Apalagi kalau menikmatinya di perjalanan.

Jus Terong Belanda

Cara makan terong belanda yang kedua adalah dengan dibuat jus. Cara ini saya pilih karena hanya saya yang bisa menikmati terong belanda hisap. Sedang anggota keluarga lain yang mau mencicipi rasanya juga tidak bisa. Tapi, begitu diolah menjadi jus terong belanda, semua suka.

Cara Membuat Jus Terong Belanda :

  • 6 buah terong belanda pisahkan dari kulitnya (biar mudah remas-remas dulu ditangan, biar kulitnya mudah lepas dari daging buahnya). Kulitnya ini terasa pahit.
  • satu buah jeruk manis, peras, ambil airnya.
  • satu sendok madu.
  • es batu secukupnya.
  • air mineral setengah gelas biar tidak terlalu kental.

Blender semua bahan sampai halus, saring, biar biji yang tidak halus terpisah.

Cara menghidangkan : TuangΒ  ke gelas saji, boleh ditambah susu bagi yang suka, minum dalam keadaan dingin. (untuk 3 porsi).

Umumnya buah, terong belanda ini juga kaya akan manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh, diantaranya :

  • Kaya provitamin A, ini bagus untuk kesehatan mata.
  • Kaya vitamin C, ini bagus untuk mengobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Kaya mineral seperti potasium, fosfor dan magnesium yang juga baik untuk daya tahan tubuh.
  • Kaya serat, bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit.
  • Mengandung antosianin, termasuk kedalam golongan flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan.

Bagi temans yang masih belum suka juga mengkonsumsi terong belanda dalam bentuk jus, apalagi makan langsung dengan cara dihisap, agar tetap bisa menikmati rasa terong belanda dan mendapatkan manfaatnya, bisa mengkonsumsinya dalam bentuk sirup. Sirup terong belanda ini dapat dicari di supermarket terdekat.

Selamat menikmati rasa terong belanda dan mendapatkan manfaatnya. Cara makannya tinggal pilih sesuai selera.

 

Iklan