Cara Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor, Pemula Wajib Tahu!


Sepeda motor dalam kondisi terbaik dan siap pakai kapanpun diperlukan, merupakan hal yang selalu dilakukan oleh Teman Hidup saya dari dulu.

Saya sebagai seorang perempuan tercantik di rumah dan juga emak-emak, terbiasa hanya terima beres untuk urusan kendaraan bermotor, alat transportasi yang sering saya gunakan untuk aktivitas jarak sedang. Sekali-sekali saya pernah ikutan ke bengkel, sekalian kalau ada tujuan jalan.

Bengkel terbaik untuk sepeda motor tips memilih
Foto: Bing Image Creator by admin ysalma blog

Satu tahun belakangan, kondisi kesehatan Teman Hidup agak menurun, jadinya dia nggak begitu memikirkan performa kendaraan termasuk sepeda motor yang biasa saya pakai. Dia hanya sering mengingatkan saya.

Teman Hidup memberi tahu tentang cara mengecek kondisi oli kapan harus diganti, atau ketika mendengar suara motor distarter agak gimana, mengingatkan untuk servis.

Tapi, semua info yang diberikan Teman Hidup ‘gak nyangkut’ dalam ingatan saya sebagai emak-emak. Di kepala saya, selagi motor masih bisa dibawa jalan, tancap terusss!

Dilema Pemula yang Malas Cari Info Memilih Bengkel Terbaik

Saya malas membawa motor ke bengkel untuk diservis karena kurang paham, serta merasa kalau mencari bengkel motor terbaik cukup sulit dilakukan, saking banyaknya bengkel motor. Saya nggak tau mana bengkel yang terpercaya tanpa takut dicurangi.

Saya merasa, begitu nongol di bengkel, bakalan langsung terbaca sebagai emak-emak pemula yang baru belajar untuk merawat motor matic yang sudah dipakai lama. Saya merasa bakalan jadi mangsa empuk Kang bengkel yang nakal. Padahal belum tentu.

Karena sepeda motor tidak diservis berkala, saya pernah mengalami mogok saat berkendara, motor mendadak kehilangan tenaga. Pernah juga terdengar bunyi kretak, kretak di bawah motor, tapi diabaikan, ujungnya sepeda motor mati mendadak dan nggak bisa dinyalakan lagi.

Untungnya, permasalahan dengan motor yang saya alami dalam perjalanan, kejadiannya dekat dengan bengkel dan pom bensin di sekitar tempat tinggal.

Langsung bawa ke bengkel dong? Enggak! Saya menelepon ke rumah, ngasih tau kondisi dan posisi saya, nanti Teman Hidup atau Nak Bujang yang urusan membawa sepeda motor ke bengkel. *Tega lu, Mak!*

Akhirnya, Teman Hidup memberikan kiat-kiat atau tips (cara) memilih bengkel terbaik untuk sepeda motor yang terdekat di sekitar tempat tinggal, agar saya juga bisa melakukan servis sepeda motor rutin setelah mengetahui bengkel yang dapat dipercaya dan bisa jadi langganan.

Yang terbaru, saya pernah mengalami kendala motor ketika berhenti dan motor di standar miring, tetiba bahan bakar ngocor dekat mesin hingga tangki kosong. Kaget banget! Beruntung nggak ada puntung rokok atau pemicu percikan api lainnya.

Dengan gagah saya langsung mendorong ke bengkel terdekat yang menurut pengamatan singkat saya bengkelnya profesional. Setelah dicek ternyata penyebabnya adalah klem selang bensin yang sudah aus dan pecah. Kang bengkel memperbaiki kerusakan dalam sekejap, *lebih lama waktu yang saya gunakan untuk mendorong sepeda motor menuju bengkel tersebut 😆 *.

Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor

cara memilih bengkel motor terbaik untuk pemula

Agar berkunjung ke bengkel untuk servis sepeda motor sesuai dengan ekspektasi, Temans yang pemula seperti saya juga harus mengetahui tips atau cara memilih bengkel motor terbaik, di antaranya:

1. Mekanik Profesional dan Handal

Mekanik yang mengerti seluk beluk sepeda motor secara menyeluruh akan memberikan rasa percaya saat memperbaiki motor di bengkel tersebut.

Pada kasus sepeda motor terakhir yang saya alami, Kang bengkel langsung mengetahui bagian sepeda motor yang harus dicek setelah mendengar keluhan saya, dan mengerjakan perbaikan motor dengan sat set, selesai.

Jika kamu punya waktu, tips yang dapat dilakukan untuk mencari tau mekanik bengkelnya profesional dan handal, bisa dengan melakukan curhatan tentang kondisi sepeda motor, tapi sebelumnya kamu sudah mengetahui jawabannya. Tinggal dicocokkan jawaban yang diberikan si mekanik bengkel.

2. Harga Jujur dan Transparan

Bengkel boleh menjamur, tapi hanya beberapa bengkel yang memberikan harga yang transparan dan dapat dibaca konsumen sebelum melakukan servis.

Jika ada bengkel yang tidak menerapkan harga terang-terangan dan kasus kendala motornya mendesak seperti yang saya alami, kita sebagai konsumen harus aktif bertanya secara langsung kepada mekanik bengkel atau staf bengkel tentang biaya layanan.

Apabila melakukan servis motor rutin, sebelum ke bengkel bisa riset harga tentang servis yang akan dilakukan. Kalau perlu mengganti suku cadang, dan harga yang diberikan pihak bengkel jauh di atas perkiraan, kita bisa menolak sebelum servis dilakukan.

3. Peralatan Modern

Dari luar bisa dilihat bengkelnya memiliki perlengkapan modern atau tidak. Bengkel dengan peralatan dan perlengkapan modern salah satu jaminan pekerjaan perbaikan sepeda motor bisa dilakukan secara efisien dan efektif.

4. Kelengkapan Suku Cadang

Selain peralatan yang lengkap, maka kelengkapan suku cadang juga jadi acuan untuk memilih bengkel terpercaya, selain itu memudahkan mendapatkan layanan perbaikan serta perawatan sepeda motor secara lengkap dan menyeluruh.

5. Beragam Metode Pembayaran

Bengkel yang memiliki berbagai metode pembayaran akan lebih memberikan rasa nyaman tanpa kuatir kekurangan uang tunai, secara bengkel menyediakan beragam pembayaran cashless, misalnya bisa debit dan e-wallet.

6. Jaminan Garansi

Bengkel yang memberikan jaminan garansi atas layanan maupun suku cadang dalam kurun waktu tertentu, merupakan salah satu bengkel yang baik dan terpercaya juga.

7. Jam Operasional Panjang

Motor ngadat nggak pernah permisi, waktunya nggak tentu. Kalau perlu bengkel di siang hari mungkin banyak pilihan, tapi bengkel yang buka sampai malam merupakan sebuah keunggulan yang patut dicatat. Solusi untuk memperbaiki motor yang mengalami kendala saat pulang kantor, atau waktu luang ke bengkel hanya pada malam hari.

Planet Ban, Rekomendasi Bengkel Motor Terbaik

Agaknya terlalu sempurna untuk menemukan bengkel terbaik yang memenuhi semua kriteria dari tips atau cara memilih bengkel di atas ya. Etapi, saya menemukannya di Planet Ban.

Beberapa waktu lalu, ketika pulang dari daerah Bogor kota, saya lewat salah satu Bengkel Planet Ban dekat rumah, nggak sengaja mata saya melihat banner dengan tulisan “Servis Motor Rasa Mesin Baru”.

Saya penasaran dong, pas ada kesempatan saya pun melipir ke Bengkel Planet Ban dan mengulik mekanik-nya dengan pertanyaan di tulisan banner tersebut. Ngarep motor matic ‘tua’ saya bakal enteng lagi mesinnya, uhuks.

Dengan senang hati, sang mekanik pun menjelaskan mengenai Servis Motor Rasa Mesin Baru, yaitu konsep yang diusung Planet Ban untuk layanan servis, dan itu berbeda dari servis motor pada umumnya.

Ketika proses servis, Mekanik tidak menghisap bensin dari tangki motor, tapi menggunakan cairan khusus yang telah tersedia di Planet Ban. Kerennya, harganya sudah termasuk dalam biaya servis di Planet Ban.

Beberapa bagian yang di servis, yaitu:

  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT/Tantai
  • Servis Injeksi

Temans yang belum tau, Planet Ban sekarang tidak hanya menjual ban motor. Planet Ban merupakan pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap. Mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, dan berbagai suku cadang lainnya tersedia lengkap di Planet Ban.

Harganya juga transparan, karena bisa di cek di website resmi Planet Ban, planetban.com. Bisa juga dilihat langsung di rak produk yang ada di bengkel Planet Ban.

Setelah menyaksikan, saya yakin kalau Planet Ban bisa menjadi Bengkel pilihan untuk kamu yang ingin mendapatkan layanan terbaik dari Bengkel Motor. Mekanik profesional, peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari. Ke Planet Ban aja, untuk seluruh kebutuhan sepeda motormu, Temans.

Selain itu, Planet Ban memberikan berbagai benefit lain yang mungkin tidak akan didapatkan di Bengkel Motor lain, seperti :

  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa Servis dan Ganti Oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
  • Kamu juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selama-nya

Bakalan nggak rugi deh kalo semua kebutuhan motor kamu serahkan ke Planet Ban aja. Yuk kunjungi Planet Ban terdekat.

Kamu juga bisa dapat Voucher dengan potongan harga sampai Rp 150.000 dari Planet Ban. Lumayan kaan, buruan makanya klik link-nya 🙂 .

bengkel motor terbaik Planet Ban promo ngebut

Semoga cerita saya tentang motor dan servis di atas bermanfaat. Selamat melakukan servis motor, Temans.

Salam jejak #Otomotif dari mata, rasa dan pikiran YSalma.

16 comments

  1. Paling suka kalau ke bengkel, yang montirnya ramah, trus suku cadangnya lengkap, dan yang paling penting adalah sistem pembayaran nya beragam. Dan bisa debit atau e-money, itu penting banget.
    Planet Ban punya semuanya, makanya paling suka ke sana kalau urusan motor 🙂

    Suka

  2. Jadi kangen anakku, huhuhu
    Karena dia yang paling rajin bawa sepeda motor ke planet ban
    Dia paling gak bisa lihat sepeda motor gak oke, harus siap untuk dikendarai

    Suka

  3. Tujuh poin yang memang penting ya Mbak Salma. Dan itu wajib diketahui oleh teman-teman yang memang sering atau mengandalkan motor sebagai alat transportasi harian. Ngeri kan jika dalam satu kondisi penting eh motor kita bermasalah. Duh bisa mengacaukan semua kegiatan itu sih.

    Suka

  4. Saya baru saja hari jumat servis di Planet Ban, Mbak. Saya suka karena pelayana cepat da ramah dengan peralatan canggih. Jadi cepat. Terus harga transparan. Kalau ada spare part mau ganti, langsung dikonfirmasi dulu, terus diberitahu harganya. Jadi langsung ketahuan nanti totalnya. tidka deg-degan pas mau bayar kelar motor diservis hehehe.

    Suka

  5. Semangatnya kak Salma ini luar biasa.
    sebagai istri yang selalu menemani dan menguatkan rekan hidup, dan ciamik pula dalam merawat motor. Sehat-sehat selalu ya kakak dan keluarga

    Suka

  6. Bagi saya yang gak paham otomotif memang mendingan bawa kendaraan pribadi ke bengkel yang terbaik. Yang banyak direkomendasikan orang dan bengkelnya lebih jelas. Planet Ban bisa sangat membantu. Pokoknya ibratanya kita tau beres aja.

    Suka

  7. Suamiku kalau motornya bermasalah pasti selalu servis di Planet Ban. soalnya dia kapok servis di bengkel abal-abal. mending yang sudah terpercaya saja seperti Planet Ban

    Suka

  8. Aku uda cup bengkel Planet Ban yang deket banget sama rumahku. Jadi gak khawatir kalau mau servis secara rutin sekarang. Pelayanan oke, harga terjangkau dan yang pasti, bener-bener amanah sehingga motor siyap tancap gaasss~

    Suka

  9. Planet Ban-nya cuma ada di Jabodetabek aja ya kak?
    Waahh sayang banget, pengen sih punya bengkel sepmor yang kualifikasinya uda oke gini.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.