Rekomendasi Destinasi Kuliner Enak Saat Jalan-jalan ke Yogyakarta


Sebagai kota wisata, Yogyakarta selalu menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dan menarik. Hal ini yang membuat pengunjung tidak ragu untuk kembali ke kota ini menghabiskan waktu liburan.

Selain itu, kemudahan akses menuju Kota Pelajar ini juga menjadi alasan banyak wisatawan datang ke sini. Bagi mereka yang berdomisili tidak jauh dari Yogyakarta, moda transportasi bus bisa jadi pilihan yang tepat. Salah satu PO bus populer yang mempunyai trayek ke Yogyakarta adalah Pahala Kencana.

destinasi kuliner enak di Jogja

Pilihan Kuliner Enak di Yogyakarta

Liburan ke Yogyakarta kurang lengkap jika kamu hanya mengunjungi destinasi wisata budaya, wisata alam, dan wisata edukasi. Yogyakarta juga terkenal dengan beragam pilihan kuliner khas yang wajib masuk list perjalanan liburan kamu. Berikut ini ada beberapa rekomendasi destinasi kuliner enak yang bisa kamu datangi saat liburan di Yogyakarta.

1. Gudeg Yu Djum

Yogyakarta memang terkenal dengan kuliner gudeg. Setiap wisatawan yang datang akan mencari gudeg terenak yang ada di kota ini. Salah satu gudeg yang paling terkenal dan legendaris di Jogja adalah Gudeg Yu Djum.

Kuliner ini sudah ada sejak 1950-an. Orang yang ada dibalik enaknya Gudeg Yu Djum adalah Ibu Djuwariah atau biasa dipanggil Yu Djum. Saat ini pengunjung yang ingin menyantap Gudeg Yu Djum bisa langsung di tempat atau di bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Gudeg Yu Djum sekarang ini sudah mempunyai beberapa outlet, diantaranya di Jalan Kaliurang, Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Wates, Jalan Wonosari, dan dekat Yogyakarta International Airport.

2. Gudeg Permata

Selain Gudeg Yu Djum, Yogyakarta juga punya Gudeg Permata yang populer dan legendaris. Dinamakan Gudeg Permata karena tempat makan ini berlokasi di sisi barat bekas gedung bioskop Permata.

Pengunjung bisa datang ke tempat ini mulai dari pukul 20.30 WIB. Untuk menghindari antrean panjang, kamu harus datang lebih awal ke tempat ini karena pengunjungnya sangat banyak. Bahkan sebelum buka pengunjung sudah ada yang mengantri.

Gudeg Permata menyediakan berbagai macam menu, mulai dari telur, ayam suwir, sambal krecek, tetelan, dan menu lainnya. Alamat lengkap warung makan ini ada di Jalan Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta.

3. Angkringan Lik Man

Selain gudeg, Yogyakarta juga terkenal dengan angkringan. Salah satu angkringan paling populer di Jogja adalah Angkringan Lik Man. Wisatawan yang sering jalan-jalan ke Jogja pasti sudah familiar dengan angkringan ini.

Satu hal yang menjadi daya tarik dari angkringan ini adalah sajian kopi yang beda dari yang lain. Kopi yang dimaksud adalah kopi jos. Kopi ini disajikan dengan memasukkan arang yang masih panas. Meskipun terlihat tidak wajar, namun minuman ini cukup populer dan banyak diminati.

Selain kopi jos, Angkringan Lik Man juga menyediakan berbagai menu lain, seperti nasi kucing, beraneka sate, gorengan, dan lain sebagainya.

4. Sate Klathak Pak Pong

Bagi kamu yang suka dengan kuliner kambing, destinasi kuliner yang satu ini wajib kamu kunjungi. Sate Klathak Pak Pong menyajikan hidangan sate kambing dengan cita rasa yang khas dan nikmat.

Kenikmatan sate klathak berasal dari kombinasi bumbu berupa merica, garam, dan kecap. Bumbu sederhana tersebut mampu memberikan rasa yang khas.

Selain bumbu, hal lain yang menarik dari kuliner ini adalah alat yang digunakan untuk memasak sate bukan terbuat dari bambu, melainkan menggunakan besi sepeda. Katanya penggunaan besi ini membuat daging menjadi lebih cepat matang.

Jika kamu tertarik mencoba kelezatan Sate Klathak Pak Pong, kamu bisa langsung datang ke Jalan Imogiri, Bantul, Yogyakarta

5. Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu

Rekomendasi kuliner selanjutnya adalah Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu. Mie ayam yang satu ini merupakan yang paling enak dan terkenal di Jogja. Hal ini terbukti dengan suasananya yang selalu ramai oleh pengunjung.

Bahkan pada jam makan siang ada banyak pengunjung yang rela antri untuk mendapatkan panganan ini. Kabarnya, dalam sehari mie ayam ini bisa habis hingga 700 porsi mie ayam.

Salah satu kelebihan mie ayam ini adalah mi yang digunakan merupakan buatan sendiri. Selain itu, kuah Mie Ayam Bu Tumini juga punya ciri khas tersendiri, yakni berwarna kecoklatan. Warna coklat dari kuah tersebut berasal dari kombinasi beberapa bumbu rempah.

6. Mangut Lele Mbah Marto

Makanan khas Yogyakarta lain yang wajib kamu coba adalah mangut lele. Salah satu kedai makan mangut lele yang terkenal yaitu Mangut Lele Mbah Marto. Kuliner yang beralamat di belakang Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini terkenal sangat lezat dan menggugah selera.

Dalam seporsi hidangan mangut lele, kamu akan mendapatkan nasi, sambal goreng krecek, dan ikan lele yang sudah dibumbui mangut. Salah satu yang menarik dari hidangan ini adalah proses pembuatannya yang masih menggunakan tungku.

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang ada di Jogja yang bisa kamu coba. Siap untuk jalan-jalan ke Jogja? Jangan lupa untuk mempersiapkan perjalanan seru kamu di Jogja melalui Traveloka, ya!

Selamat wisata kuliner di Yogyakarta sembari menikmati keunikan budaya yang tetap terjaga.

Salam jejak wisata #Kuliner dari mata, rasa dan pikiran YSalma.

Sumber foto: Detikfood, edit by admin blog ysalma.com

Iklan

37 comments

  1. Gudeg Yu Djum, mau siapa pun yang ke Jogja, mau suami, adek, atau mama mertua, saya selalu titip belikan ini. Apalagi gudeg ini udah ada yang kalengan juga. Jadi, lebih awet dan bisa disimpan di kulkas.

    Suka

  2. Aihh kangen juga ke Jogja, entahlah sudah berapa tahun tidak kesana. Keseruan jalan-jalannya dan sensasi makan makanan yang ramah dikantong tapi lezat. Kangeenn

    Suka

  3. Aku dah pernah nongkrong d Angkringan Lik man. Waktu jalan ama travel blogger mba Katerina dkk. Ya ampuunn vibes nya tuh gimana yaa, super duper klangenan bgt.

    Ga bs ditemukan d lokasi lain
    apalagi d Sby ga ada yg cem gt

    Suka

  4. Jadi pengen ke Jogja lagi nih, terakhir kesana udah lama banget, anak-anak belum diajak. Harus ke jogja nih bareng anak-anak, apalagi kalau makan gudeg bareng.. terimakasih rekomendasi nya

    Suka

  5. Pagi gini buka artikel Mbak, alamaaaaaaaaak perutku mulai protes ni, Mbak. Apalagi menunya khas Jogja banget yang lidahku demen banget, huhuhu. Menu yang ditampilkan semua favorit aku semua, huaaaa

    Suka

  6. Saya sudah pernah ke Gudeg Yu Djum. Gudeg yang berjasa sebab karena makan disana jadi menghilangkan trauma saya sama gudeg, hehee

    Yang masih jadi wacana ke mangut lele Mbah Marto nih. Semoga kesampean…

    Suka

  7. Belum pernah sama sekali ke Jogja, tapi pernah sih cobain kulinernya. Dibawain sama suami, oleh-oleh dari sana. Dari sekian banyak kuliner di sana, saya kok malah penasaran pengen coba sajian teh panas yang ada di angkringan ya? sambil menikmati malam di Jogja. Hmm..soalnya katanya suami, teh panas di sana tuh enak. Entahlah resepnya apa.

    Suka

  8. Jogja tak jauh dari gudeg. Dan memang itu uniknya. SUlit cari gudeg yang otentik di kota saya. Makanya kalau ke Jogja ya cari gudeg. Makasih 2 rekomendasi menu klangenan saya ini.

    Suka

  9. Cuma gudeg Yu Jem yang pernah kumakan sisanya yang l;ain belooom huhu. Jadi pengen ke Yogya lagi deeeh, soalnya dah lama gak ke sana. Nanti pas ke Yogya lagi semoga bisa mencicipi makanan2 di list resto yang mbak sebut itu. TFS

    Suka

  10. Dari semua referensi di atas, saya belum kesampaian nyoba Mie Ayam Bu Tumini. Penasaran banget padahal. Secara ya tempat ini sudah beredar di Youtube dan akun-akun food vlogger dan mukbang. Ngeliat visualnya itu juga menggiurkan banget. Aahh semoga bisa ke Jogya lagi dalam waktu dekat.

    Suka

  11. Jadi kangen Jogja ..semuanya udah kucobain mba…dan bikin nagih untuk datang lagi..beda soalnya kalau makan disana ya …..walapun di Jakarta ada yg serupa

    Suka

  12. Andalan ke Jogja bangeett.. Gudeg Yu Djum.
    Rasanya manis dan gurih juga porsinya yang pas. Huhu… kangen Jogja.

    Sate Klathak dan mangut ini juga mashaAllah, nikmat.
    Jogja is THE BEST banget!

    Suka

  13. Ahh jadi kangen Yogyakarta, udah hampir 4 tahun lampau belum ke sana lagi, aku suka banget gudeg yu Djum, karena buru-buru jadi makannya di dalam bis. Gudeg dengan rasa manis pedes gurih bikin perut kenyang. Semoga bisa ke sana lagi

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.