Rekomendasi Destinasi Kuliner Enak Saat Jalan-jalan ke Yogyakarta


Sebagai kota wisata, Yogyakarta selalu menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dan menarik. Hal ini yang membuat pengunjung tidak ragu untuk kembali ke kota ini menghabiskan waktu liburan.

Selain itu, kemudahan akses menuju Kota Pelajar ini juga menjadi alasan banyak wisatawan datang ke sini. Bagi mereka yang berdomisili tidak jauh dari Yogyakarta, moda transportasi bus bisa jadi pilihan yang tepat. Salah satu PO bus populer yang mempunyai trayek ke Yogyakarta adalah Pahala Kencana.

destinasi kuliner enak di Jogja

Pilihan Kuliner Enak di Yogyakarta

Liburan ke Yogyakarta kurang lengkap jika kamu hanya mengunjungi destinasi wisata budaya, wisata alam, dan wisata edukasi. Yogyakarta juga terkenal dengan beragam pilihan kuliner khas yang wajib masuk list perjalanan liburan kamu. Berikut ini ada beberapa rekomendasi destinasi kuliner enak yang bisa kamu datangi saat liburan di Yogyakarta.

1. Gudeg Yu Djum

Yogyakarta memang terkenal dengan kuliner gudeg. Setiap wisatawan yang datang akan mencari gudeg terenak yang ada di kota ini. Salah satu gudeg yang paling terkenal dan legendaris di Jogja adalah Gudeg Yu Djum.

Kuliner ini sudah ada sejak 1950-an. Orang yang ada dibalik enaknya Gudeg Yu Djum adalah Ibu Djuwariah atau biasa dipanggil Yu Djum. Saat ini pengunjung yang ingin menyantap Gudeg Yu Djum bisa langsung di tempat atau di bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Gudeg Yu Djum sekarang ini sudah mempunyai beberapa outlet, diantaranya di Jalan Kaliurang, Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Wates, Jalan Wonosari, dan dekat Yogyakarta International Airport.

2. Gudeg Permata

Selain Gudeg Yu Djum, Yogyakarta juga punya Gudeg Permata yang populer dan legendaris. Dinamakan Gudeg Permata karena tempat makan ini berlokasi di sisi barat bekas gedung bioskop Permata.

Pengunjung bisa datang ke tempat ini mulai dari pukul 20.30 WIB. Untuk menghindari antrean panjang, kamu harus datang lebih awal ke tempat ini karena pengunjungnya sangat banyak. Bahkan sebelum buka pengunjung sudah ada yang mengantri.

Gudeg Permata menyediakan berbagai macam menu, mulai dari telur, ayam suwir, sambal krecek, tetelan, dan menu lainnya. Alamat lengkap warung makan ini ada di Jalan Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta.

3. Angkringan Lik Man

Selain gudeg, Yogyakarta juga terkenal dengan angkringan. Salah satu angkringan paling populer di Jogja adalah Angkringan Lik Man. Wisatawan yang sering jalan-jalan ke Jogja pasti sudah familiar dengan angkringan ini.

Satu hal yang menjadi daya tarik dari angkringan ini adalah sajian kopi yang beda dari yang lain. Kopi yang dimaksud adalah kopi jos. Kopi ini disajikan dengan memasukkan arang yang masih panas. Meskipun terlihat tidak wajar, namun minuman ini cukup populer dan banyak diminati.

Selain kopi jos, Angkringan Lik Man juga menyediakan berbagai menu lain, seperti nasi kucing, beraneka sate, gorengan, dan lain sebagainya.

4. Sate Klathak Pak Pong

Bagi kamu yang suka dengan kuliner kambing, destinasi kuliner yang satu ini wajib kamu kunjungi. Sate Klathak Pak Pong menyajikan hidangan sate kambing dengan cita rasa yang khas dan nikmat.

Kenikmatan sate klathak berasal dari kombinasi bumbu berupa merica, garam, dan kecap. Bumbu sederhana tersebut mampu memberikan rasa yang khas.

Selain bumbu, hal lain yang menarik dari kuliner ini adalah alat yang digunakan untuk memasak sate bukan terbuat dari bambu, melainkan menggunakan besi sepeda. Katanya penggunaan besi ini membuat daging menjadi lebih cepat matang.

Jika kamu tertarik mencoba kelezatan Sate Klathak Pak Pong, kamu bisa langsung datang ke Jalan Imogiri, Bantul, Yogyakarta

5. Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu

Rekomendasi kuliner selanjutnya adalah Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu. Mie ayam yang satu ini merupakan yang paling enak dan terkenal di Jogja. Hal ini terbukti dengan suasananya yang selalu ramai oleh pengunjung.

Bahkan pada jam makan siang ada banyak pengunjung yang rela antri untuk mendapatkan panganan ini. Kabarnya, dalam sehari mie ayam ini bisa habis hingga 700 porsi mie ayam.

Salah satu kelebihan mie ayam ini adalah mi yang digunakan merupakan buatan sendiri. Selain itu, kuah Mie Ayam Bu Tumini juga punya ciri khas tersendiri, yakni berwarna kecoklatan. Warna coklat dari kuah tersebut berasal dari kombinasi beberapa bumbu rempah.

6. Mangut Lele Mbah Marto

Makanan khas Yogyakarta lain yang wajib kamu coba adalah mangut lele. Salah satu kedai makan mangut lele yang terkenal yaitu Mangut Lele Mbah Marto. Kuliner yang beralamat di belakang Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini terkenal sangat lezat dan menggugah selera.

Dalam seporsi hidangan mangut lele, kamu akan mendapatkan nasi, sambal goreng krecek, dan ikan lele yang sudah dibumbui mangut. Salah satu yang menarik dari hidangan ini adalah proses pembuatannya yang masih menggunakan tungku.

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang ada di Jogja yang bisa kamu coba. Siap untuk jalan-jalan ke Jogja? Jangan lupa untuk mempersiapkan perjalanan seru kamu di Jogja melalui Traveloka, ya!

Selamat wisata kuliner di Yogyakarta sembari menikmati keunikan budaya yang tetap terjaga.

Salam jejak wisata #Kuliner dari mata, rasa dan pikiran YSalma.

Sumber foto: Detikfood, edit by admin blog ysalma.com

Iklan

37 comments

  1. Buat yang belum pernah berkunjung ke Kota Pelajar atau Yogyakarta ini bikin mupeng deh mbak utk dapat nyobain kuliner khas Jogja
    Apalagi itu Gudeg Yu Djum, terkenal banget sekalipun belum pernah kesana tapi namanya udah famous banget
    Next kalau ke Yogyakarta harus tandain deh mau berburu kuliner apa aja hehhee

    Suka

  2. rasanya belum resmi ke Jogja itu kalau belum santap gudeg ya Mbak, apalagi yang gudeg Yu Djum yang sudah legendaris itu.
    kalau gak salah waktu ke Jogja dulu, menu pertama yang saya makan adalah gudeg 😀

    Suka

    • Nah bener juga nih kata Kak Diah.
      Kalau ke Jogja memang geregetnya santap gudeg asli dari lokasinya. Apalagi ada rekomendasi menu lainnya juga

      Suka

  3. Saya baru nyobain sate Klathak mbak… Enak banet memang dan saya banget resepnya. Cocok di lidah karena dagingnya nggak pake bumbu macam2.. Sambalnya hanya sambal kecap pedas saja. Laris manis bgt tempatnya.

    Suka

  4. Wah kayaknya kalau ke yogyakarta aku mau cobain Sate Klathak Pak Pong. Sering banget nih liat review orang-orang. Baik di tulisan ataupun video.

    Suka

  5. Yogyakarta memang selalu ngageniiin. Udah beberapa kali liburan ke sana tapi tetap ingin kembali lagi. Dari 6 kuliner yang disebutkan di atas, saya baru nyobain gudeg Yu Djum dan mangut lele. Emang enaaak!

    Suka

  6. Jogja tuh emang ya. Selalu ada kata rindu ingin berkunjung ke sana euy. Apalagi emang kulinernya tuh enak-enak. Gudeg aja ada 2 yang paling legend ya, kak.

    Suka

  7. Sebagai orang jogja bangga juga kalau ada yg menikmati kuliner di jogja.. Selain beberapa list disini masih banyak jg kuliner” baru djogja loh.. Hehee

    Suka

  8. Seperti apa ya rasanya bumbu mangut ini? Penasaran ingin coba langsung, apalagi ternyata lele nya dengan bumbu mangut belum pernah coba soalnya

    Suka

  9. Aku kalau ke Jogja pasti ngelewatin Resto Gudeg Yu Djum, tapi sekalipun belum pernah mampir. Kapan2 bisa di coba nih, apa lagi yang Mie Ayam Bu Tim ini, aku jadi penasaran.

    Suka

  10. klo jalan-jalan tuh ga bisa ngelewatin urusan kulineran deh! Sayangnya aku ga suka makanan manis, jadi klo ke jogja ga icip icip gudeg yu djum heuehu, Tapi aku suka ke Raminteeennn, luvv

    Suka

  11. Waaah, kangen gudeg yu Djum. Ini gudegnya enak banget emang. Tapi beberapa kuliner di tulisan ini juga bikin kangen dan jadi pengen ke Jogja lagi euy.

    Suka

  12. Pengen makan sate klatak. Penasaran rasanya. Semoga bs ke Jogja, mau ajak mama saya makan sate klatak dan bilang rangga-cinta makan di sini jg loh. Beliau penggemar aadc dan udah nonton 2 filmnya, ahahah

    Suka

  13. Enak semua deretan kuliner yg disebutkan di atas. 75%nya sudah pernah saya kunjungi ketika singgah ke Jogja. Yang masih jadi wish list itu Mangutnya Mbah Marto. Tiap ke Jogja gak sempat ke sana.

    Suka

  14. Jogja bagiku meninggalkan banyak kenangan si.. cuma kalau balik lagi kkesana kayak ga mau angkat kaki, apalagi sekarang banyak banget kuliner di sana

    Suka

    • Benar. Meskipun aku mengunjungi Jogja hanya untuk sekedar menikmati liburan. Tetap saja, ada rindu yang membuatku ingin datang lagi berkunjung ke sana. Barangkali aku perlu mengagendakan buat menikmati kuliner lebih banyak lagi. Kayak gudeg-gudeg itu. Dulu aku nggak cocok dengan rasanya. Tapi entah kalau sekarang.

      Suka

  15. Aku udah pernah cobain kuliner jogja yang gudeg yu djum itu, mba. Emang enak banget rasanya. Bisa pesen gudeg buat dibawa pulang juga pake kendil atau besek. Kalau adekku malah milih beli gudegnya yang kalengan biar bisa dibawa ke Jepang.

    Suka

  16. Ketiga anakku gak suka gudeg. Katanya menu jadoel.
    Tiap ke Yogya selalu minta mie Pak Pele yang di pojokan alon-alon lama. Nambah lagi…
    Mak nyus sih emang rasanya…

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.