Bank Digital Senyumku, Aplikasi Catatan Keuangan untuk Remaja


Salah satu rencana jangka pendek Nak Bujang setelah memasuki usia 17 tahun beberapa waktu lalu adalah membuat tabungan atas nama sendiri. Yang mana usia tersebut dianggap sebagai usia gerbang kedewasaan bagi seorang remaja karena sudah bisa memiliki KTP,

Bank digital Senyumku aplikasi pencatat keuangan finansial terbaik

Akan tetapi, berkaca dari pengalaman mengurus perbaikan nama pada KK (Kartu Keluarga) yang sangat memakan waktu. Alasan yang terdengar saat itu karena pandemi, sehingga jam operasional kantor dibatasi, yang juga berimbas pada total jumlah pelayanan yang diberikan.

Kita datang sudah sangat pagi, tapi yang lain ternyata jauh lebih pagi lagi, ada yang sebelum Subuh sudah naruh berkas, kuota hanya 30 KK per hari. Berhari-hari seperti berkejaran dengan waktu, hanya untuk mendapatkan nomor antrian, hiks.

Saat itu, nak bujang sempat mengeluh, kalau nanti membuka tabungan seperti itu juga ribetnya, mending nabungnya di celengan yang ada di rumah aja.

Alhamdulillah, kegundahan nak bujang untuk belajar mengatur finansial melalui tabungan atas nama sendiri, terpatahkan.

Pada masa sekarang, untuk membuka tabungan tidak perlu lagi ngantri hingga berpeluh-peluh. Semua urusan untuk menyimpan dan mengelola keuangan sudah sejalan dengan kemajuan teknologi.

System teknologi digital yang digunakan perbankan sudah sangat canggih, kita bisa membuka tabungan secara online melalui aplikasi bank digital, yang mana tabungannya sekaligus berfungsi sebagai catatan keuangan.

Dengan bank digital ini, nak bujang remaja yang baru diresmikan sebagai pribadi dewasa bakal mudah belajar memantau catatan finansialnya.

Apa itu Bank Digital?
Menurut Wikipedia, Bank digital atau digital banking adalah produk perbankan yang semua layanannya dilakukan secara online (daring), dengan menggunakan media elektronik sebagai media utama dalam prosesnya. Mulai dari pendaftaran nasabah, proses menabung, aktivitas transfer hingga pencairan dana.

Inovasi dalam dunia perbankan melalui aplikasi digital banking sangat memudahkan nasabah. Semua transaksi dilakukan melalui ponsel pintar (smartphone) dari rumah tanpa datang ke kantor cabang.

Keunggulan Bank Digital

Yang namanya inovasi teknologi terbaru, bank digital tentunya mempunyai keunggulan dibandingkan bank konvensional yang sudah lama ada, diantaranya:

  • Proses cepat, membuka rekening sangat efisien, tidak perlu waktu lama.
  • Akses fleksibel, kapan dan dimana saja asalkan terkoneksi jaringan internet.
  • Free biaya administrasi, materai, dsbnya.
  • Tersedia fitur-fitur yang sangat memudahkan nasabah.

Nah, dalam pencarian saya bersama nak bujang untuk memilih bank digital, salah satu yang jadi pertimbangan kami adalah digital bangking yang mempunyai kelebihan lain, misalnya tanpa setoran awal dan gratis transfer antar bank.

Pilihan kami jatuh pada produk Amar Bank dengan aplikasi Bank Digital Senyumku. Yuks, untuk menuntaskan rasa penasaran, mari kita cari tahu (review) aplikasi tabungan online satu ini.

Aplikasi Bank Digital Senyumku

Bank digital Senyumku alasan dipilih nasabah

Senyumku adalah aplikasi perbankan bank digital yang memiliki fitur catatan keuangan yang dapat diakses dari genggaman tangan (smartphone). Senyumku sudah beroperasi dari 2019 dan merupakan produk PT. Bank Amar Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan multinasional TOLARAM.

Sedangkan TOLARAM merupakan perusahaan yang sudah berdiri lebih dari 60 tahun. Bisnisnya meliputi barang kebutuhan sehari-hari, pelayanan digital, energi, dan insfrastruktur yang tersebar di benua Afrika, Eropa, serta Asia, dengan kantor pusat di Singapura.

Satu Aplikasi Senyumku, Mengatur Keuangan Harian, Bulanan Remaja dan Milenial

Aplikasi Senyumku memiliki kategori Celengan, Catat, dan Transfer yang semuanya ter-update otomatis. Nasabah usia remaja dan milenial jadi lebih mudah mengatur dan memantau cash flow mereka. Mulai dari menabung, melakukan beragam pembayaran, transfer antar bank, yang semuanya dapat dilakukan dari genggaman dan dalam satu aplikasi perbankan terbaik.

Semua fitur yang dimiliki sejalan dengan maraknya penawaran belanja dari market place yang suka bikin khilaf jari. Dengan aplikasi ini nggak perlu khawatir, sebab fitur Spending Alert dari Senyumku akan memberikan peringatan jika pengeluaran sudah hampir mendekati budget. Fitur yang bisa banget sebagai ‘pengerem’ keinginan belanja kan.

Alasan Memilih Senyumku untuk Mendukung Kebebasan Finansial

Memilih sebuah produk keuangan sebagai pencatat semua kebutuhan dalam rangka mencapai target kebebasan finansial melalui genggaman tangan, tentunya karena kelebihan yang dimilikinya, diantaranya:

#1. Buka rekening online tanpa setoran awal

Nggak perlu ke kantor cabang, cukup isi formulir secara online, upload foto KTP dan foto selfie. Yes! Kita sudah bisa memiliki rekening tabungan digital Senyumku. Proses verifikasi cepat, nggak nyampai lima menit dan tentunya tanpa setoran awal.

Bisa langsung bertransaksi setelah proses pembuatan rekening selesai, seperti menabung, transfer antar bank, dan melakukan pembayaran dimana saja dan kapan saja.

#2. Bunga tabungan kompetitif

Aplikasi Bank Digital Senyumku juga menawarkan keuntungan tabungan yang kompetitif hingga 5.5%.

#3. Pengelolaan keuangan dengan teknologi canggih

Mudah digunakan dan canggih harus satu paket yang dimiliki bank dgital. Aplikasi Senyumku dibekali dengan sistem AI yang canggih, yang mampu menganalisa kebiasaan finansial nasabah, hingga membantu mengelola keuangan dengan bijak. Anti boros.

Dengan teknologi canggih yang dimiliki, Senyumku tidak hanya sebagai aplikasi tabungan digital saja, tapi aplikasi pencatat keuangan terbaik yang siap melacak seluruh pemasukan dan pengeluaran.

Teknologi canggihnya udah, tapi aman nggak Senyumku? Senyumku produk Bank Amar Indonesia yang sudah terdaftar di OJK. Selain aplikasi digital banking Senyumku, Amar Bank juga memiliki produk KTA Digital Tunaiku yang sebelumnya juga pernah saya tuliskan di blog ini.

Kategori dan Fitur di Aplikasi Senyumku

Karena Senyumku selain sebagai aplikasi Bank Digital juga sebagai aplikasi catatan keuangan, maka aplikasi ini memiliki fitur yang sangat memudahkan nasabah, seperti:

  • Menu Celengan, Menabung untuk Mewujudkan Mimpi

Nak bujang senang banget dengan fitur celengan ini. Senyumku menggunakan istilah celengan yang familiar, pengganti kata kata tabungan dalam bahasa Jawa. Fitur tabungan ini untuk mewujudkan target mimpi yang sudah direncanakan.

Nak bujang yang ingin upgrade komputer dalam jangka waktu tertentu membuat target pada fitur ini, Senyumku memberitahukan berapa nominal minimal yang harus disisihkan agar target tercapai.

  • Menu Catatan, Cerdas Mengatur Keuangan

Nak bujang yang mulai dapat ‘objekan’ dikit-dikit, mulai paham terhadap manajemen pengeluarannya. Dompet digital (e-wallet) yang dimilikinya, selama ini hanya semacam lalu lintas aja.

Belum lagi kalau nurutin kemauan, pendapatan yang masih sedikit, walau dibantu dengan ngumpulin uang saku, malah banyak banget nomboknya dengan minta orangtua.

Fitur catatan dari Senyumku secara otomatis memudahkan memantau semua pengeluaran akun bank dan e-wallet.

  • Menu Transfer, Sesuai dengan Gaya Hidup Milenial

Usia produktif dari anak muda Milenial memiliki gaya hidup yang sibuk. Semua dilakukan secara digital. Tapi tetap bikin nyesek kalau menabung dan trasfer dikenai biaya. Nah fitur Senyumku satu ini bebas biaya transfer dan biaya admin. Aplikasi bank kekinian tapi tetap bikin senyum tanpa potongan ini itu.

  • Fitur Canggih lain yang memudahkan

Ada fitur Auto Categorization yang mengkategorisasikan setiap transaksi secara otomatis. Ada fitur Spending Alert yang memberi peringatan jika pengeluaran boros. Ada fitur Spending Meter, Monthly Spending, dan Daily Digest; fitur-fitur yang membantu menganalisa pengeluaran memberikan rekomendasi cerdas agar keadaan finansial tetap sehat.

Buka Rekening Online Pintar Sangat Mudah dan Cepat

Bank digital Senyumku cara buka rekening online

Sangat cepat untuk mendaftar rekening Senyumku, syaratnya mudah, yaitu mempunyai smartphone dan jaringan internet lancar. Syarat lainnya, Warga Negara Indonesia, Telah berusia 17 tahun, dan memiliki dokumen KTP.

Tahapan yang dilakukan juga mudah, yaitu:

  1. Download aplikasi Senyumku di Play Store
  2. Buka aplikasi Senyumku dan klik “Daftar”
  3. Isi data diri yang diminta, seperti no HP dan alamat email
  4. Upload foto KTP dan foto selfie yang jelas
  5. Tunggu tim Senyumku menghubungi untuk verifikasi
  6. Selesai dan resmi terdaftar sebagai Sahabat Senyumku

So, temans YSalma ada kah yang sudah menggunakan Senyumku? Membantu banget dalam memanajemen kuangan kan?

Salam, jejak mata, rasa, dan pikiran.
Selamat mencatatkan pemasukan dan pengeluaran demi bebas finansial.

53 comments

  1. bagus ni mba.. memang kayaknya tabungan yang cocok buat generasi z itu yang berbasis digital begini, karena mereka sudah akrab sama ekosistem digital kan ya.. adik sepupuku aja juga sudah mulai nabung2 dan cobain saham, aku sampe ngerasa jauuhh tertinggal haha

    Suka

  2. Waktu anakku 17 tahun dan punya KTP, salah satu yang segera kuurus adalah tabungan atas namanya. Perlu banget membiasakan anak mengelola keuangan dengan baik. Walaupun yaaa….PR-ku masih banyak sih untuk itu 😀

    Suka

  3. Nah bagus banget anak mulai mengenal keuangan sejak dini ya?

    salah satunya melalui aplikasi Bank Digital Senyumku.

    Agar anak terbiasa mengelola keuangannya dan terbiasa saat mendapat penghasilan sendiri

    Suka

  4. Aplikasi Senyumku ini bagus juga ya, ada pencatatan keuangan harian yang kita keluarkan, memang nyatanya penting sih punya catatan keuangan gini biar tahu pos pos belanja (pengeluaran) dll. Bisa semakin bijak dalam mengelola keuangan keluarga.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.