Resep Praktis Ayam Goreng Bawang Putih Balado Enak Khas Rumahan


Menu olahan ayam goreng termasuk mudah bagi makemak yang hobi memasak. Tapi bagi saya pribadi, tetap aja harus melihat contekan resep agar rasanya nggak lari-lari amat dari ekspetasi.

Kalau untuk makan sendiri, saya masak dengan bumbu suka-suka. Lidah saya akan menerima bagaimanapun hasilnya.

Tapi kalau masak untuk orang lain, termasuk keluarga sendiri, kuping saya setelah memasak, agak sensitif mendengar komplain yang kurang ini itu lah, hahaha.

Ayam goreng bawang putih balado khas rumahan maknyus

Kan nggak lucu juga, aroma saat memasak udah bikin keroncongan perut, tapi giliran dimakan, rasanya B aja. Malah terkesan susah untuk dihabiskan. Efek pada yang masak, lelah jiwa bukan hanya raga dong, wkwk.

Nah, ayam goreng bawang putih ini termasuk salah satu resep mengolah ayam tanpa contekan, alias hanya berdasarkan ingatan dan feeling saya saja. Penyebabnya, bumbunya sedikit, mengolahnya mudah, nggak ribet seperti olahan ayam goreng ungkep, ayam nanas, dan olahan ayam lainnya.

Resep Praktis Ayam Goreng Bawang Putih Sambal Kecap Khas Rumahan

Ceritanya, pada suatu hari *saya lupa tanggal, hari, dan bulan tepatnya*, teman hidup sedang nonton acara kulineran di salah satu saluran tv. Tetiba dia bersuara memanggil saya, bertanya apakah saya bisa membuat ayam goreng seperti yang sedang dinikmati oleh pemandu acara tersebut.

Saya akhirnya ikut menyimak acara tersebut sebentar. Pemilik usaha menjelaskan pada pemandu acara yang sedang makan, kalau menu yang sedang dicicipi tersebut adalah ayam goreng bawang bawang putih.

Tampilan dari ayam gorang tersebut seperti ayam goreng biasa yang disiram sambal kecap, dan penyajiannya di atas daun selada.

Saya dengan pede merespon pertanyaan teman hidup bahwa membuat ayam gorengnya mudah. Namanya ayam goreng bawang putih, maka potongan ayam sebelum digoreng tentunya dibumbuin dengan bawang putih yang dihaluskan dulu hingga meresap.

Teman hidup merespon kalau ayam goreng tersebut nampaknya enak buat lauk.

Saya tentu saja maklum dengan respon teman hidup, itu adalah bahasa halus meminta saya untuk memasak ayam goreng bawang putih tersebut, hehehe.

Baiklah, mari membeli bahan utamanya ke kang sayur terdekat. Saya kemudian mengolahnya dengan bumbu standar membumbui ikan dengan bawang putih lebih banyak, tapi tanpa bawang merah. Ayo memasak.

Bahan Ayam Goreng Bawang Putih

  • Ayam, 1 kg. Saya pilih hanya bagian paha bawah saja, sekitar 9 potong.
  • Bawang putih lokal (ukurannya lebih kecil), 9 siung.
  • Jahe, 1 ruas.
  • Garam halus, 1 sdt.
  • Jeruk nipis, 1/2 buah ukuran sedang.

Cara Mengolah

  • Bersihkan paha ayam dari lemak. Biasanya ada dibagian dekat potongan dengan paha bagian atas. Cuci bersih dan tiriskan.
  • Uleg halus bawang putih, jahe dan garam.
  • Campurkan bumbu halus pada daging ayam yang sudah dibersihkan.
  • Tambahkan air perasan setengah buah jeruk nipis. Campur rata.
  • Diamkan daging ayam yang sudah dibumbuin sekitar 30 menit pada suhu ruang.
  • Panaskan minyak di wajan anti lengket dengan api sedang. Masukkan potongan daging ayam. Tutup wajan, sebab proses menggoreng ini akan ada letupan dari minyak yang nggak terduga. Apalagi jika masih ada lemak ayam yang kurang bersih.
  • Setelah bunyi letupan agak reda dan tercium aroma sedap khas bawang putih. Buka tutup wajan, balik daging ayam untuk mematangkan sisi sebelahnya. Hati-hati tangan atau wajah, jangan sampai kecipratan minyak. Tutup lagi wajan hingga bunyi letupan khas menggoreng agak reda.
  • Buka tutup, angkat potongan ayam jika sudah matang sempurna dengan ditandai warna kecoklatan.
  • Tata di piring saji secukup yang dibutuhkan untuk makan saat itu, siram dengan sambal kecap. Ayam goreng bawang putih siap dinikmati sebagai lauk makan nasi.

Bahan untuk sambal kecap yang digunakan standar aja. Irisan cabai rawit merah sekitar 6 buah, cabe rawit hijau 4 buah, irisan 5 siung bawang merah, air perasan dari 1 buah jeruk nipis. Campur dan aduk semuanya dengan tambahan secukupnya kecap manis.

Ayam goreng yang masih ada, nanti makannya bisa dicocol dengan sambal kecap. Rasanya tetap enak dan maknyus.

Anak saya dan teman hidup suka menggado ayam goreng bawang putih ini. Lebih antusias menggado olahan ayam ini dibandingkan olahan ayam lainnya.

Kalau ditanya selera saya, ayam goreng rasanya enak. Tapi karena selera saya agak beda dengan para lelaki di rumah yang pada suka sama olahan ayam, maka saya makan sepotong ayam goreng sudah cukup.

Malah kalau ada olahan ikan, saya pilih makan dengan ikan dibandingkan ayam, hehehe. Hanya soal selera terhadap daging ayam aja sih.

Ayam goreng bawang putih balado gurih enak

Resep Praktis Ayam Goreng Bawang Putih Balado yang Maknyus

Judul tulisannya ayam goreng bawang putih balado, tapi yang dibahas duluan malah ayam goreng sambal kecap.

Sebenarnya, resep ini pencetusnya juga para lelaki di rumah, ketika saya bertanya mau menu apa hari ini. Semua kompak bersuara, ayam goreng yang biasa dimakan dengan sambal kecap, dibaladoin aja.

Kayaknya enak juga.

Nak bujang minta sambal baladonya yang mirip dengan sambal balado untuk telur goreng. Saya pun menyetujui.

Oiya, kalau balado asli bumbu Padang, sambal untuk lauk nggak pernah ditambah gula pasir atau gula merah. Tapi karena ini lidahnya campur-campur, katanya lebih sedap kalau ditambah sedikit gula 😳 .

Bahan untuk balado:

  • Cabe merah keriting, 40 buah
  • Cabe rawit merah, 5 buah
  • Bawang merah, 9 butir
  • Tomat, 2 buah ukuran sedang
  • Gula merah, secukupnya (sekitar 1 sdm)
  • Garam, secukupnya

Cara mengolah:

  • Rebus cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, dan tomat, hingga layu dan kulit ari tomat terkelupas. Buang kulit ari tomat tersebut.
  • Tiriskan semua bahan sambal yang direbus.
  • Gerus kasar atau blender kasar semua bahan yang sudah direbus.
  • Saring secukupnya minyak sisa menggoreng ayam bawang putih. Panaskan dengan api cenderung kecil.
  • Masukkan bahan sambal yang sudah digerus kasar. Aduk rata.
  • Setelah kadar air berkurang, tambahkan gula merah dan garam. Aduk rata.
  • Setelah sambal matang, ditandai oleh terlihatnya gelembung kecil minyak di pinggiran wajan. Tes rasa. Matikan api.
  • Setelah agak dingin, masukkan ayam goreng bawang putih ke dalam sambal balado yang sudah matang. Aduk rata.
  • Angkat dan sajikan ayam goreng bawang putih balado khas rumahan yang rasanya tetap maknyus di piring saji.

Selamat menikmati 🙂 .

Salam jejak #kuliner dari mata, rasa, dan pikiran YSalma.

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.