Sakitnya Tuh Disini : Copy Tulisan Yang Elegan


Udah kayak judul lagu yang lagi booming itu aja. Padahal nih istilah udah dari jaman baheula saya dan teman-teman pergunakan, jaman masih berusia dua puluh tahun. Jaman awal-awal menjadi anak kuliahan. Jaman kalau cinta bertepuk sebelah tangan, ya memang istilah itu yang dipergunakan. Eh, ga taunya sekarang jadi lagu, tau aja yang menciptakan tuh lagu ngelihat peluang ya.

Saya tidak akan membahas tentang lagu sakitnya tuh di sini, secara ga pernah dengar secara utuh, cuma dengar cerita hebohnya aja :mrgreen: . Tapi sedang mengungkapkan perasaan yang sedang dirasa, saat menemukan tulisan kita, di copy dengan cara yang tidak elegan.

Tulisan di copy utuh, tapi tak menyebutkan link sumbernya, walau fotonya tetap dengan watermarkysalma‘ nya. Foto ok, tapi tulisan juga harus memberi link ke asalnya tulisan. Itu etika di dunia blog. Pada halaman TOS blog ini kan sudah disebutkan, silahkan di copy tapi sebutkan link sumber aslinya, ga apa-apa kok πŸ™‚ .

Memang itu tulisan sebelumnya saya kirim ke Viva dot co dot id, tapi setiap tulisan di Vblog itu memberi sumber link aslinya. Simbiosis mutualisme yang terjadi. Viva dapat tulisan, blog dapat kunjungan. Saya tidak akan menyebut merek dagangnya, tapi tolong tulisannya di kasih link ke tulisan asli disini ya πŸ˜€ .

Tips-NgeBlogCara Copy (Ambil) Tulisan Yang Elegan, biar yang punya tulisan tidak merasa,’sakitnya tuh disini’ *sambil ngacungin jari-jari yang pegel buat ngetik dan nyodorin kepala yang senut-senut buat mikir* :

  • Reblog : Setiap blog kan menyediakan fasilitas reblog alias blog ulang. Ini juga ada caranya, jangan main reblog aja, mbok ya kasih komen atau argumen sobat tentang itu tulisan, baru di reblog.
  • Copy : Tapi jangan copy paste utuh gitu, 1/3 atau 1/2 bagian tulisan, kemudian sebutkan link sumbernya. Karena kalau di copy utuh, itu tidakΒ  baik, bukan hanya dimata manusia, tetapi juga di mata mesin pencari mbah google *nangis meraung-raung nih πŸ˜₯ *.
  • Jadikan Ide : Kalau tulisannya menarik menurut kita, jadikan itu ide dan tulislah dengan bahasa sendiri. Jika kita ingin berterima kasih kepada tulisan yang sudah menginspirasi kita, tak ada salahnya juga kita memberi link ke sumbernya. Percayalah berbagi itu tak pernah rugi, apalagi dengan cara yang benar.

Selamat menulis tapi jangan copy paste ya, ga elok itu di jaman yang katanya slogan kabinetnya, kerja-kerja-kerja *tapi tempe mahal πŸ˜₯ #eh. Ikutan belajar ikhlas dengan semua, termasuk kenaikan BBM, walau tak rela. Orang di kampung-kampung makin susah bos.

Iklan