Cara Cek Serta Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Sebuah Blog


Cara mengecek kualitas sebuah blog serta pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) merupakan ilmu blogging yang harus dijadikan sebuah catatan di blog ysalma. Secara, beberapa waktu lalu ada yang menawarkan sebuah kerjasama blog dengan mensyaratkan DA, PA, dan PR blog yang harus berada pada nilai tertentu. Katanya angka-angka yang ditunjukkan oleh DA, PA, dan kawan-kawannya itu menunjukkan kualitas sebuah blog.

Dalam pikiran saya, seharusnya kalau mensyaratkan sebuah kualitas tertentu, biasanya juga akan menyediakan imbal balik yang sesuai juga. Tetapi ternyata sama aja, ujung-ujungnya minimum bugdet juga 😆 . Ah sudahlah.

Kerjasama antara blogger dan klien menurut saya terjadi bukan semata ditentukan oleh kompensasi yang ditawarkan, kadang juga dipengaruhi oleh mood penerima saat terjadi negosiasi. Sebagus apapun penawarannya jika tidak sejalan dengan prinsip yang diyakini juga berat kata sepakatnya :mrgreen: .

Idealisme diri kadang masih lebih dominan daripada akal sehat. Ujungnya, malesh menerima ahh.

Sebalikya, dari sisi yang menawarkan, kalau sudah bertanya, seharusnya kan sudah mencari tau tentang blog yang mau diajak kerjasama, tinggal sebutkan aja nilai yang akan diberikan sesuai budget. Jangan kemudian bertanya, kemudian ujungnya memberikan kalimat, “blog gitu doang, kok memberikan rate card segitu?” Kan tinggal disamakan titik temunya, kalau sepakat berarti berjodoh, kalau enggak yaa gak perlu merendahkan juga, bukankah sistem yang digunakan simbiosis mutualisme?

Seorang blogger seharusnya setiap hari menonton kisah cinta, biar hati selalu penuh cinta dan akan melihat kesempatan kerjasama yang menghampiri merupakan sebuah anugerah yang harus di-follow up dengan baik 😛 *.

Bagi blogger yang bergelut dengan SEO tentunya sangat akrab dengan Domain Authority (DA), Page Authority (PA) ataupun Page Rank (PR) sebuah blog atau site. Tetapi bagi emak-amak bloger ini, printilan yang harus dipenuhi sebuah blog itu termasuk kata-kata ajaib yang membuat penasaran untuk dicari tau.

Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Dari hasil baca-baca saya, Domain Authority (DA) merupakan cara mesin pencari atau search engine melihat alamat blog yang kita miliki. Bisa dikatakan ini kadar sayang dan cinta mesin pencari terhadap Domain atau URL blog kita.

Mesin pencari yang paling diandalkan sampai sekarang tentunya masih mbah Google. Pintar-pintarlah membuat si mbah jatuh hati.

Ibarat rumah di dunia nyata, kalau alamatnya familiar dan lengkap, Pak RT akan langsung ingat dan mempunyai gambaran kalau ada yang menyebutkan alamat tersebut *itu kan warga gue*.

Begitu juga kalau rumah di dunia maya atau blog, mbah Google sebagai penguasa akan dengan sangat mudah menunjukkan blog kita, kalau dia sudah kenal dan familiar dengan alamat blog kita. Berakrab-akrablah dengan si mbah.

Suka tidak suka, secara kita berada di dunia maya, mau tidak mau, kita juga harus sedikit belajar untuk membuat mbah Google melirik rumah maya kita, syukur-syukur bisa membuat dia jatuh cinta ❤ .

Walaupun DA, PA Blog bukan instrumen besutan Google dalam menilai sebuah blog, kata para pakar blog, semakin tinggi nilai DA sebuah blog atau site menunjukkan semakin baik blog tersebut.

Sedangkan Page Authority (PA) merupakan nilai yang menunjukkan seberapa kuat niche halaman blog kita pada hasil pencarian. Blog atau site dengan PA tinggi tentulah sangat mudah muncul di SERPs.

Kata para suhu, PA hampir sama dengan PR, hanya berbeda di skala. Kalau PR mempunyai skala 1-10 dan sangat dipengaruhi oleh umur sebuah blog, konten dan jumlah backlink. Sementara PA khusus pada niche blog dan skalanya 1 – 100.

Itulah sebabnya domain ysalma dot com yang belum genap 7 bulan belum bisa mengembalikan Page Rank lamanya pada domain ysalma wordpress dot com. Walaupun alamat baru domain blog tersebut, merupakan upgrade dari alamat blog sebelumnya.

DA PA PR YSalmaUsia blog gado-gado berisi catatan dari curhatan emak-emak ini tak bisa berbohong, apalagi berjalannya hanya lewat prosedur pada umumnya, tanpa trik pendongkrak seperti yang dilakukan para mastah blog. Biarlah waktu yang membuatnya kuat *ngarep.

Cara Cek DA dan PA Blog

Mencek DA PA Blog ternyata sangatlah mudah, secara sudah ada web penyedia layanan tersebut. Tinggal berkunjung ke webnya, ketikkan alamat blog kita, tadaa, hasil DA dan PA blog langsung keluar. Salah duanya untuk cek DA dan PA blog adalah web berikut :

  • MOZ di alamat ini . Tampilan webnya :

DA PA Blog YSalma

  • Seoweather di alamat ini . Bisa sekali cek sampai 100 domain :

Cara Cek DA, PA, PR blogUntuk menceknya sih mudah, tapi meningkatkan nilainya yang sulit. Infonya untuk meningkatkan DA dan PA sebuah blog kata para suhu sangatlah mudah juga. Konten yang ditulis harus memberikan gambaran atau penjelasan dari kata kunci yang ditawarkan. Ibarat kata, tak ada dusta dibalik kata kunci. Tentunya kata kunci positif dalam rangka mendukung gerakan internet sehat ya  *emak-emak mulai pusing dengan istilah yang ada di dunia blog sedang berusaha sok bijak* 😉 .

Bagaimana dengan blogmu, Temans. Apakah DA PA yang dipunyainya sudah sesuai dengan yang diharapkan? Tetap semangat menulis kita.

26 comments

    • bukan ke situ tujuannya Dan,
      menulis di blog ada manfaat bagi yang baca *harapannya sih*
      saya ga ngerti SEO, tapi cerita emak-emak juga bisa meluluhkan hati mbah Google, seru aja.

      Suka

  1. Harus cukup sabar ya Mbak mengembalikan PR. Domain saya yang ber-PR 2 harus kembali ke n/a karena ganti domain. Untuk alexa lumayan lah harus mengejar blognya mbak. Maklum, migrasi baru sebulan.

    Salam hangat dari Garut

    Suka

    • Iya sih Mas, soale kurang ngerti triknya,
      katanya yg jago sih, ada cara migrasi yang tetap bisa dengan semua kondisi blog yang lama,
      jadi semuanya ga dari awal lagi.

      Suka

  2. Sewaktu masih pakai domain wp, PR ku udah 3. Begitu ganti .com , malah jadi nol, haha…. Sampai sekarang belum naik lagi 😀

    Cara ngeceknya gampang, tapi cara meningkatkannya nggak segampang itu, ya :p

    Suka

  3. Mauuu tanya kak…
    Semakin banyak pengunjung yang dpet blog kita dari mbah google, kaka bisa dpt uang? Atau kerjasama sama siapa? Harus ganti jadi .com dlu ya? Heheee pengen tau soalnya.. makasih 🙂

    Suka

    • kalau yang iklan2 di side bar itu kerjasama dengan wordpress,
      programnya bernama WordAds, syaratnya harus punya domain sendiri seperti dot com dan mempunyai page view perhari yg di tetapkan.
      Biasanya juga kalau memang blognya ramai, suka ada yang nawarin menulis artikel di blog kita dengan kompensasi tertentu, bisa berupa review produk atau cuma cerita ala kita yang merekomendasikan produk mereka, kalau ini ga harus dot com sih.

      Suka

  4. […] ← Cara Cek Serta Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Sebuah Blog […]

    Suka

  5. Aku ngeblog bertahun-tahun tapi blogku masih sepi saja, Mbak. Hiks… Pagerank-ku juga masih 0, Alexa rank masih berjuta-juta… Hiks… Aku sedih… *halah, lebay*

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.