Cara Cek Serta Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Sebuah Blog


Cara Cek Serta Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Sebuah Blog harus dijadikan sebuah catatan di blog ini. Secara beberapa waktu lalu ada yang menawarkan sebuah kerjasama blog dengan mensyaratkan DA, PA dan PR blog berada pada nilai tertentu. Katanya angka-angka yang ditunjukkan oleh DA, PA itu menunjukkan kualitas sebuah blog.

Seharusnya kalau mensyaratkan sebuah kualitas tertentu, biasanya menyediakan imbal balik yang sesuai juga. Tetapi ternyata sama aja, ujung-ujungnya minimum bugdet juga 😆 . Ah sudahlah. Kerjasama itu terjadi bukan semata di tentukan kompensasi yang ditawarkan, kadang juga dipengaruhi oleh mood penerima saat terjadi negosiasi :mrgreen: *seharusnya setiap hari menonton kisah cinta, biar hati selalu penuh cinta ya 😛 *.

Bagi yang bergelut dengan SEO tentunya sangat akrab dengan Domain Authority (DA), Page Authority (PA) ataupun Page Rank (PR) sebuah blog atau site. Tetapi bagi emak itu termasuk kata-kata ajaib yang membuat penasaran untuk dicari tau.

Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Domain Authority (DA) merupakan cara mesin pencari atau search engine melihat alamat blog yang kita miliki. Bisa dikatakan ini kadar sayang dan cinta mesin pencari terhadap Domain atau URL blog kita. Mesin pencari yang paling diandalkan sampai sekarang tentunya masih mbah Google. Pintar-pintarlah membuat si mbah jatuh hati.

Ibarat rumah di dunia nyata, kalau alamatnya familiar dan lengkap, Pak RT akan langsung ingat dan mempunyai gambaran kalau ada yang menyebutkan alamat tersebut *itu kan warga gue*. Begitu juga kalau rumah di dunia maya atau blog, mbah Google sebagai penguasa akan dengan sangat mudah menunjukkan blog kita, kalau dia sudah kenal dan familiar dengan alamat blog kita. Berakrab-akrablah dengan si mbah.

Suka tidak suka, secara kita berada di dunia maya, mau tidak mau, kita juga harus sedikit belajar untuk membuat mbah Google melirik rumah maya kita, syukur-syukur bisa membuat dia jatuh cinta ❤ .

Semakin tinggi nilai DA sebuah blog atau site menunjukkan semakin baik blog tersebut.

Page Authority (PA) merupakan nilai yang menunjukkan seberapa kuat niche halaman blog kita pada hasil pencarian. Blog atau site dengan PA tinggi tentulah sangat mudah muncul di SERPs.

Kata para suhu, PA hampir sama dengan PR, hanya berbeda di skala. Kalau PR mempunyai skala 1-10 dan sangat di pengaruhi oleh umur sebuah blog, konten dan jumlah backlink. Sementara PA khusus pada niche blog.

Itulah sebabnya domain ysalma dot com yang belum genap 7 bulan belum bisa mengembalikan PR lamanya pada domain ysalma wordpress dot com. Walaupun alamat baru domain blog tersebut, merupakan upgrade dari alamat blog sebelumnya.

DA PA PR YSalmaUsia blog gado-gado berisi catatan dari curhatan emak-emak ini tak bisa berbohong, apalagi berjalannya hanya lewat prosedur pada umumnya, tanpa trik pendongkrak. Biarlah waktu yang membuatnya kuat.

Cara Cek DA dan PA Blog

Ternyata sangatlah mudah, secara sudah ada web penyedia layanan tersebut. Tinggal berkunjung ke webnya, ketikkan alamat blog kita, tadaa, hasil DA dan PA blog langsung keluar. Salah duanya untuk cek DA dan PA blog adalah web berikut :

  • MOZ di alamat ini . Tampilan webnya :

DA PA Blog YSalma

  • Seoweather di alamat ini . Bisa sekali cek sampai 100 domain :

Cara Cek DA, PA, PR blogUntuk meningkatkan DA dan PA sebuah blog kata para suhu sangatlah mudah. Konten yang ditulis memberikan gambaran atau penjelasan dari kata kunci yang di tawarkan. Ibarat kata, tak ada dusta dibalik kata kunci. Tentunya kata kunci positif dalam rangka mendukung gerakan internet sehat ya 😉 *emak-emak sok bijak* .

Iklan

25 comments

    • bukan ke situ tujuannya Dan,
      menulis di blog ada manfaat bagi yang baca *harapannya sih*
      saya ga ngerti SEO, tapi cerita emak-emak juga bisa meluluhkan hati mbah Google, seru aja.

  1. Harus cukup sabar ya Mbak mengembalikan PR. Domain saya yang ber-PR 2 harus kembali ke n/a karena ganti domain. Untuk alexa lumayan lah harus mengejar blognya mbak. Maklum, migrasi baru sebulan.

    Salam hangat dari Garut

    • Iya sih Mas, soale kurang ngerti triknya,
      katanya yg jago sih, ada cara migrasi yang tetap bisa dengan semua kondisi blog yang lama,
      jadi semuanya ga dari awal lagi.

  2. Sewaktu masih pakai domain wp, PR ku udah 3. Begitu ganti .com , malah jadi nol, haha…. Sampai sekarang belum naik lagi 😀

    Cara ngeceknya gampang, tapi cara meningkatkannya nggak segampang itu, ya :p

  3. Mauuu tanya kak…
    Semakin banyak pengunjung yang dpet blog kita dari mbah google, kaka bisa dpt uang? Atau kerjasama sama siapa? Harus ganti jadi .com dlu ya? Heheee pengen tau soalnya.. makasih 🙂

    • kalau yang iklan2 di side bar itu kerjasama dengan wordpress,
      programnya bernama WordAds, syaratnya harus punya domain sendiri seperti dot com dan mempunyai page view perhari yg di tetapkan.
      Biasanya juga kalau memang blognya ramai, suka ada yang nawarin menulis artikel di blog kita dengan kompensasi tertentu, bisa berupa review produk atau cuma cerita ala kita yang merekomendasikan produk mereka, kalau ini ga harus dot com sih.

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.