Segarnya Rasa Jambu Biji Metik Sendiri


Segarnya Rasa Jambu Biji Metik Sendiri dari hasil menanam sendiri dalam pot bukan yang pertamakali saya rasakan. Sebelumnya jambu biji yang di tanam di pot itu sudah beberapa kali berbuah. Cuma berbuah yang agak banyak, 5 buah 😳 baru kali ini. Saat berbuah pertama ada 2 yang jadi, selanjutnya paling banyak 3. Tapi setiap berbuah, buah yang dihasilkan tetap besar-besar. Kata tukang tanaman yang menjual jambu bijinya jenis jambu biji bangkok *kenapa yang besar-besar selalu di bilang bangkok ya πŸ˜•

Foto jambu biji atau jambu klutuk di atas memperlihatkan tampilan kulit luarnya, tak begitu mulus dan semenarik jambu biji yang dijual oleh tukang buah. Tapi jangan kuatir, jambu biji diatas termasuk buah organik.

Buah Organik atau sayur organik sekarang ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat yang peduli kesehatan. Ternyata buah organik tanpa pupuk kimia itu rasanya segar dan tak kalah manis, malah rasa manisnya sangat alami. Mana manfaat jambu bijiΒ  juga banyak. Semangat.

Awalnya agak sayang untuk metik jambu biji ini, mau dipandang agak lebih lama lagi. Biar bisa pamer juga kalau ada yang datang ke rumah, tanamannya ada juga yang berbuah πŸ˜† . Berhubung hari ini berasa ‘laper’, buah di kulkas lagi kosong. Saya samperin pot tempat jambu biji bergelayutan. Tak ambil foto-foto pose terbaik dari jambu biji, kemudian baru dipetik, sambil berharap besok-besok buahnya lebih banyak lagi πŸ˜€ .

Jambu biji yang saya punya, jenis yang putih, cocoknya di gado langsung atau di cocol sambel rujak. Berhubung lagi males, setelah di cuci bersih, dipotong dua, langsung kunyah, bijinya sih ga ikut ditelan. Rasanya nikmat banget, pas laper, pas cuaca panas, pas ada jambu biji boleh metik langsung, segar.

Kalau mau dan sempat, ternyata untuk mendapatkan buah atau sayur sehat organik untuk konsumsi sendiri itu mudah ya, tinggal tanam di depan rumah. Bisa di dalam pot atau dalam polybag. Kalau yang anak kampung kayak saya, serasa kembali ke rumah masa kecil. Di sekeliling rumah ada sayur dan buah yang bisa dipetik langsung. Penting juga mengingat kenangan masa kecil biar tanam menanamnya lebih semangat.

Selamat bercocok tanam organik di rumah dengan buah atau sayur kesukaannya masing-masing. Saya sedang menikmati rasa segar jambu biji yang baru di petik ❀

Iklan