Menikmati Buah Genit Kesemek, Menghambat Proses Penuaan Dini


Menikmati Buah Genit Kesemek, Menghambat Proses Penuaan Dini seperti kulit keriput dan juga sebagai buah yang cocok untuk diet. Informasinya di dapat setelah saya mencari tau manfaat dari buah kesemek ini, diantara banyak manfaat lain.

Awalnya saya hanya suka dengan buah yang dibilang buah genit ini tanpa peduli manfaat yang dikandungnya. Daging buah matang yang mengkal, tidak lembek, legit dan rasa manis yang pas dilidah. Membuat saya kalau melihat buah ini bisa dipastikan selalu beli. Secara buah ini jarang-jarang di temui di pasar modern. Mana harganya juga sangat murah, hanya berada dikisaran Rp 7,500 – Rp 10,000 per kilonya πŸ˜† * Buah murah tapi bikin kenyang ❀ .

Buah ini di bilang genit secara buah ini memakai bedak tebal di kulitnya. Padahal kulit buahnya kalau sudah matang berwarna orange kekuningan dengan semburat rona merah, warna yang sangat menarik, tapi tertutupi oleh zat putih seperti serbuk bedak itu.

Kesemek Buah Genit

Kesemek Buah Genit

Bentuk buah kesemek ini bulatnya seperti apel tetapi dibagian tangkai yang ada kelopak daunnya lebih menyerupai buah tomat. Kadang di sebut juga dengan ‘Apel Jawa’. Di Indonesia buah ini sangat baik tumbuhnya di daerah Sumatera Utara, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Kalau masih muda buah kesemek berwarna hijau dengan rasa sepat dominan. Rasa sepat ini ditimbulkan oleh zat tanin yang bernama tanin-kaki yang dikandung buah kesemek, rasa sepat akan berkurang seiring dengan tingkat kematangan buah. Makanya kalau membeli buah kesemek pilihlah yang sudah berwarna orenge atau sudah mempunyai semburat kuning dibagian bekas tampuk buah.

Kesemek menurut wikipedia mempunyai nama latin Diospyros kaki dan dalam bahasa Inggris terkenal dengan Oriental Persimmon. Buah yang berasal dari daratan Tiongkok dan menyebar ke Jepang. Di Negara Matahari terbit Jepang zat tanin-kaki dimanfaatkan untuk membantu produksi arak beras, juga dikembangkan sebagai bahan pengobatan penyakit hipertensi.

Kandungan yang terdapat dalam satu buah kesemek adalah 19.6 % karbohidrat terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan Kalium. Buah kesemek juga kaya akan serat. Serat yang dikandung buah kesemek ini dapat mengikat karsinogen (zat yang menyebabkan penyakit kanker) dalam saluran cerna dan membuangnya. Kandungan serat buah kesemek lebih tinggi dari apel.

Dengan menikmati satu buah kesemek segar setiap hari dipercaya bisa menjaga tekanan darah tidak melewati ambang batas. Likopen (zat pigmen merah pada tumbuhan dikenal juga dengan nama karoten) yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan kanker. Tanin (Polifenol) dalam kesemek bisa juga menurunkan kolesterol jahat sehingga mencegah penyakit jantung.

Mengkonsumsi sebuah kesemek segar, jantung sehat, tekanan darah normal, antioksidan kanker membuat gen tubuh tidak bermutasi aneh, daya tahan tubuh meningkat. Wajar kesemek juga dipercaya sebagai salah satu buah yang dapat menghambat proses penuaan dini. Karbohidrat yang tinggi membuat rasa kenyang sehingga cocok sebagai salah satu buah diet juga. Buah yang cocok bagi kaum hawa yang peduli kesehatan, merawat anugerah kecantikan yang sudah di milikinya.

Wajah terhambat oleh proses penuaan dini, badan langsing, jantung sehat, hipertensi jauh, manfaat dari buah kesemek. Kenapa juga kita harus ragu untuk menikmati legitnya buah genit ini. Selamat berburu dan mengkonsumsi rutin buah kesemek.

 

Iklan