Jambu Bol Ranum, Menggoda Selera


Jambu Bol Ranum, Menggoda Selera tentunya bagi mereka yang memang suka. Apalagi kalau jambu bol yang dijejer di pinggir jalan atau di toko buah itu adalah jenis yang besar dengan warna merah segar.Β  Mana melirik jambu bolnya pas cuaca cerah dan udara panas. Jambu bol seakan seperti cewek seksi lagi menggoda yang melirik, sambil berbisik syahdu ,”Hi, pilih gua dong, ntar nyesel sampai rumah kalau ga beli lho πŸ˜› “. Glek, bikin liur netes aja.

Jambul Bol Merah SegarWarna jambu bol ternyata bervariasi, ada merah muda, kadang merah marun, merah segar dan ada juga yang putih. Tetapi yang selalu membuat saya melirik si jambu adalah yang berwarna merah segar, apalagi kalau ranum (matang) di pohon, jambu bol sungguh menggoda selera sampai liur netes.

Padahal, kalau sudah dimakan, rasanya tetap aja rasa jambul bol, daging buahnya bertekstur lembut, agak berair, beraroma harum, ada asamnya, ada rasa segar, kadang agak sepat. Kalau yang agak muda, serunya dicocol sambal atau dibuat rujak. Manfaat jambu bol bisa dipercaya mengatasi sembelit dan sariawan.

Jambu BolNama lain jambu bol kalau di daerah asal saya, Sumatera Barat adalahΒ  Jambak. Bahkan nama Jambak ini dijadikan nama salah satu suku yang ada di Sumatera Barat. Alasan jambak ini dijadikan nama suku,Β  mungkin karena pohonnya tinggi, daunnya rindang, pohonnya berusia lama dan kalau berbuah sangat banyak, seperti jambu pada umumnya. Yang terpenting, semua orang menyukai beragam rasa asam segar dan terkadang sepat pada jambu bol atau jambak ini. Filosofi dari pohon dan buah jambak ini mungkin diharapkan bisa menjadi contoh oleh kaum dari suku tersebut.

Pohon Jambu BolFoto Daun dari Pohon satu satu jenis Jambu Bol atau Jambak yang saya tanam di pot.

Jambu bol atau Jambak ini dulu sangat banyak di kampung kelahiran saya. Tetapi sekarang sudah langka, setelah pohonnya berusia tua, tidak ada lagi yang menanamnya. Nah, sebagai media nostalgiaΒ  panjat memanjat pohon sewaktu kecil di kampung dulu, saya menanam pohon jambu bol ini di pot. Siapa tau bisa berbuah juga, seperti pohon jambu biji yang saya punya, lumayan bisa ngerasain metik buah di pohon :mrgreen: .

Apakah jambu bol ranum juga menggoda selera mu, sobat?

Iklan

29 comments

  1. mbake, nanti klo dah sukses berbuah jambunya saya pesan sekilo ya πŸ™‚
    jadi ngiler nih lihat yang seger-seger, apalagi disini cuacanya panas terus. Rujakan enak banget pastinya

    Suka

  2. Di sekitar rumah saya masih ada tuh mbak.. hehe
    dibuat rujak enak sekali tuu.. wuahahaha
    Tapi, akibat nya ya harus berlangganan ke kamar kecil alias mules banget…

    Suka

  3. Wih, kalau dinikmati pas cuaca lagi panas kayaknya mantep banget nih. Sluurrppp…. Jambu ini kayak jambu air gitu, ya… Cuma setauku jambu air ukurannya relatif lebih kecil….

    Suka

  4. paling asyik kalau jambu bol dibuat jadi rujak……wow…..seru rasanya…..keep happy blogging always…salam dari Makassar πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan ke farizalfa Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.