Mama Nikah Sama Orang Padang


Mama nikah sama orang Padang  aja adalah salah satu celutukan ajaib junior beberapa waktu lalu.

Nikah

Waktu itu bapaknya sedang keluar kota. Setelah mempersiapkan buku pelajaran untuk besoknya. Junior menghampiri emak dengan wajah serius, “Mam, kenapa mama ga nikah sama orang Padang aja sih?”. Emak agak kaget dan meraba-meraba mau kemana nih arah pembicaraan anak kelas 3 SD ini.

“Emang kenapa, kangen sama Papanya ya?”, jawab emak sambil menghentikan kegiatannya.

“Enggak sih, cuma aku bingung aja kalau ditanya orang mana. Jawabnya gimana?. Mama orang Padang, Papa orang Jawa. Aku lahir di Bekasi, sekarang tinggalnya di daerah sini. Jawabnya orang mana??”.

Emak mulai paham arah pembicaraan junior. Di sekolah dia sedang belajar adat dan kebudayaan suku bangsa Indonesia. Mana sekarang belajar di sekolah yang murid serta gurunya lebih homogen ( suku Sunda, suku asli daerah Jawa Barat ).

“Kenapa bingung jawabnya, terangkan aja asal daerah mama papanya. Berarti kamunya orang Indonesia kan?”.

“Iya sih, tapi temanku jawabannya singkat aja tuh. Ada yang orang Jawa, orang Sunda, orang Padang, orang Jakarta. Kenapa papa ga lahir di Padang aja sih”. Ternyata junior belum puas dengan jawaban emaknya. Dan sepertinya saat itu mimpinya keluraga yang seru itu keluarga yang berasal dari satu suku.

“Hmmm, kalau mama nikahnya sama orang Padang. Anaknya belum tentu kamu lho”, jawaban emak mulai dengan bahasa yang diharapkan bisa dimengerti dan setengah menggoda junior.

Junior kaget, “lho, kok bisa?”.

“Iyalah, kamu jadi anak mama, kan karena mamanya menikah sama papa”, jawab emak sambil senyum.

Wajah junior senyum-senyum malu dan seperti kembali ingat dengan konsep menikah. kemudian berkata dengan wajah semangat, “O iya ya, kalau begitu mama ga usah nikah sama orang Padang. Ntar aku jadi anak siapa dong” :mrgreen: .

Junior termasuk anak-anak yang sudah paham sedikit-sedikit tentang konsep keluarga, menikah, keberagaman suku bangsa tempat tinggalnya. Tetapi kadang mereka masih lupa atau bingung menghubungkan artinya secara menyeluruh.

Iklan