Umbul Ponggok


Umbul Ponggok adalah sumber mata air alam yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Air yang keluar dari umbul ini begitu bening dan sejuk.

Empat tahun yang lalu saya lewat di sekitar Umbul Ponggok ini, penampakan dari luar tidak membangkitkan keiinginan untuk mampir. Pagar tembok tinggi berlumut, pohon gayam besar-besar yang sangat rindang, belum lagi cerita, kalau jaman dulu untuk memotong Pohon Gayam paling tua di dekat umbul itu memerlukan orang yang “punya ilmu”, ada cerita hiburan dengan unsur-unsur angkernya.

Lebaran kemaren lewat Umbul Ponggok ini pada waktu malam, saya kaget dengan tampilan  lampu warna-warni dan pagar yang minimalis. Menimbulkan rasa penasaran. Saat dilihat di siang hari, sangat mengundang siapa saja untuk singgah.

Sekedar berteduh di pokok pohon Gayam yang tertata dan rindang, air kolam yang jernih dengan ikan berwarna warni, berenang bagi yang kuat sama dinginnya air di Umbul Ponggok ini, atau sekedar memutari kolam dengan perahu-perahu bebek kayuh, perahu karet dan fasilitas lain. Kolam tambahan bermain air untuk anak-anak juga tersedia.

Semuanya murah meriah. Tiket masuk Rp 3,500 (lebaran), Rp 2,000 (hari biasa), Rp 5,000 (ada kegiatan panggung); Sewa ban Rp 2,000; ruang bilas Rp 1,000. Warung yang menjual cemilan untuk mengganjal perut yang lapar setelah berenang  juga ada.

Bagi pecinta air yang sempat jalan-jalan ke sekitar daerah Klaten, Umbul Ponggok ini bisa jadi salah satu alternatif objek wisata untuk bermain air. Sumber mata air alam dengan sentuhan modern, tanpa meninggalkan konsep  lingkungan hidup nan hijau.

O iya, di daerah Ponggok dan sekitarnya banyak petani budidaya ikan nila, ikan mas, ikan gurame, agak ke daerah Janti sedikit banyak lesehan makan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

28 comments

  1. Tempat hiburan yang mantap dengan harga tiket yang lumayan murah, kalo dekat dari tempat saya pasti saya singgah terus ditempat itu. Apalagi jika boleh memancing disitu, tambah betah aj deh.

    Salam.. .

    kayak memancing belum ada fasilitasnya, cuma ngasih makan ikan,
    masukan juga buat Pemda sebagai pengelola tuh,
    menarik pengunjung yang bukan senang air aja, tapi gila mancing 🙂

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.