Gerhana Bulan Total Terlama


Photo Gerhana Bulan Parsial, 26062010 silam (hasil jepretan seorang teman).

Jangan lupa mempersiapkan diri dini hari nanti, Kamis 16 Juni 2011 untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total, yang kemungkinan akan menjadi yang terlama, sekitar 100 menit. Perkiraannya akan mulai sekitar pukul 24.30 WIB, puncaknya, bulan benar-benar tidak terlihat sekitar pukul 02.30 WIB – 04.00 WIB, dan akan berakhir sekitar pukul 06.00 WIB.

Gerhana bulan total, berarti bumi, bulan dan matahari hampir berada pada satu garis lurus. Efek yang bisa dilihat di bumi, selain cahaya bulan yang tidaak terlihat, bukan karena cuaca mendung, air laut juga akan mengalami pasang.

Jangan lupa juga untuk melaksanakan shalat sunat Gerhana, bagi yang muslim secara berjama’ah, tata cara mengerjakannya, lengkapnya tanya mbah gugel aja.

Ringkasnya, dilaksanakan 2 rakaat. Rakaat pertama 2 ruku’, 2 Al-Fatihah dan Surat yang agak panjang. Setelah ruku’, bangkit i’tidal ( membaca sami’Allahu liman hamidah ), lalu tangan bersedekap lagi untuk membaca Al-Fatihah dan surat, kemudian ruku’ lagi, i’tidal lagi, baru sujud seperti biasa. Pada raka’at kedua, sama dengan raka’at pertama, cuma surat nya lebih pendek. Jadi pada shalat sunat gerhana, ada 4 ruku’, 4 Al-Fatihah dan 4 sujud.

Semoga kita termasuk orang-orang selalu ingat akan Kekuasaan dan Kebesaran-Nya, semua fenomena alam, terjadi atas izin-Nya.

Iklan