Gerhana Bulan Parsial


Sekitar pukul 19.15WIB dalam perjalanan dari Bogor mendengar siaran Elshinta yang memberitahukan kalau saat ini Gerhana Bulan Parsial sedang berlangsung dan dapat dilihat dengan mata telanjang oleh warga yang berada di Wilayah Indonesia Bagian Barat.

Padahal malam sebelumnya sempat menikmati penampakkan Bulan Penuh dan bersinar (padahal kan pantulan sinar matahari yaa,,, kalau sang pujangga mungkin sudah menghasilkan karya penuh dengan syair Bulan merindu πŸ™‚ ).

Gerhana Bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan permukaan bulan tertutup oleh bayangan bumi. Posisi ini terjadi saat bumi berada diantara Matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Sehingga cahaya matahari yang biasa dipantulkan kembali oleh bulan tidak bisa mencapai permukaan bulan karena terhalang oleh bumi.

Menurut ilmu Astromi akaΒ  ilmu perbintangan, malam ini seharusnya malam Bulan Purnama aka Bulan Penuh menampakkan wajahnya ke penduduk bumi.

Berhubung bulan sedang mengalami gerhana parsial maka bulan pada sekitar pukul 19.20WIB itu terlihat seperti Bulan Sabit. Tetapi sewaktu ysalma ngintip ke langit dengan sepasang mata yang ada, bulan memang seperti tertutup awan “mirip” seperti Bulan Sabit.

Kemudian berangsur terlihat setengahnya, sampai rumah sekitar jam 19.45WIB hanya tertutup sepertiganya, padahal kalau ga denger berita bulan purnamanya tertutup awan dikira karena pengaruh cuaca yang memang habis hujan.

Menurut naraElshintaΒ  Kepala Observatorium Boscha, Hakim Malasan, gerhana bulan parsial ini terjadi dari pukul 17.15 WIB hingga 20.00 WIB. Dan ini merupakan awal dari Gerhana Bulan Total yang diperkirakan akan terjadi Bulan Desember 2010.

Sayang sekali ysalma tidak punya camera canggih untuk mengabadikan Gerhana Bulan Parsial ini, tetapi setelah membuka FB ada sobat yangΒ  seorang photografer yang menshare hasil jepretan cameranya. Thanks ya Dan udah kasih ijin di publish di blog iniΒ  πŸ™‚

Iklan