Pepaya, Buah Bermanfaat


Pepaya termasuk buah yang murah, mudah didapat dan ternyata kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Pepaya Untuk Kesehatan :

  • Pepaya Baik untuk Pencernaan : Buah pepaya mengandung enzim papain. Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein. Mencerna protein merupakan problem utama yang umumnya dihadapi banyak orang dalam pola makan sehari-hari. Tubuh mempunyai keterbatasan dalam mencerna protein yang disebabkan kurangnya pengeluaran asam hidroklorat di lambung. Papain juga dapat memecah makanan yang mengandung protein hingga terbentuk berbagai senyawa asam amino yang bersifat autointoxicating atau otomatis menghilangkan terbentuknya substansi yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna. Tekanan darah tinggi, susah buang air besar, radang sendi, epilepsi dan kencing manis merupakan penyakit-penyakit yang muncul karena proses pencernaan makanan yang tidak sempurna. Papain tidak selalu dapat mencegahnya, namun setidaknya dapat meminimalkan efek negatif yang muncul. Yang jelas papain dapat membantu mewujudkan proses pencenaan makanan yang lebih baik . Pepaya juga memiliki sifat antiseptik yang membantu mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam usus. Pepaya membantu menormalkan pH usus sehingga keadaan flora usus pun menjadi normal.
  • Pepaya Baik untuk Daya Tahan Tubuh : Pepaya juga mengandung karotena (lebih banyak dari wortel) dan kaya akan vitamin C sehingga memiliki kemampuan antioksidan yang sangat kuat sehingga membantu memperbaiki jaringan, mencegah virus pneumonia (radang paru-paru). Papain berfungsi membantu pengaturan asam amino dan membantu mengeluarkan racun tubuh. Dengan cara ini sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan.

Pepaya untuk Kecantikan :

  • Pepaya Dapat Mempercepat proses penyembuhan luka bakar: Daerah luka bakar dapat mengembangbiakkan bakteri yang merugikan, unsur efektif yang terkandung dalam buah pepaya dapat melindungi sel penelan, meningkatkan fungsinya membunuh bakteri. Saat sistem kekebalan tubuh menyerang bakteri merugikan akan menghasilkan zat asam dan nitrogen, kedua zat ini rata-rata tidak baik bagi penyembuhan daerah luka bakar. Getah buah pepaya dapat mengurangi setengah dari total zat asam dan nitrogen, mempercepat proses pemulihan luka. Cara : lulurkan cairan pepaya dan daunnya ke permukaan daerah yang luka, ini cara tradisional, bagi anda yang tidak suka cara ini disarankan untuk ke dokter langganannya aja.
  • Pepaya dapat Mengencangkan Payudara: Sejak dahulu pepaya muda diyakini sebagai buah terbaik dalam mengencangkan payudara, enzim pepaya yang banyak terkandung di dalamnya sangat membantu pertumbuhan payudara. Sedang hormon pengencang dan vitamin A yang banyak terkandung dalam enzim pepaya, dapat merangsang pengeluaran hormon wanita, dan merangsang indung telur mengeluarkan hormon betina, melancarkan kelenjar susu dan mencapai maksud mengecangkan payudara. Cara: susu pepaya, pepaya dipotong-potong, kemudian di bikin juice dengan campuran susu dan kuning telur, lalu ditambah sitrun dan madu.
  • Pepaya Dapat Menurunkan Berat Badan: Enzim pepaya muda adalah 2 kali lipatnya enzim pepaya matang.Enzim papain bisa memecah protein menjadi arginin. Senyawa arginin merupakan salah satu asam amino esensial yang dalam kondisi normal tidak bisa diproduksi tubuh dan biasa diperoleh melalui makanan seperti telur dan ragi. Namun bila enzim papain terlibat dalam proses pencernaan protein, secara alami sebagian protein dapat diubah menjadi arginin. Proses pembentukan arginin dengan papain ini turut mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang populer dengan sebutan Human Growth Hormone, sebab arginin merupakan salah satu sarat wajib dalam pembentukan HGH. Nah, HGH inilah yang membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Informasi penting lain, uji laboratorium menunjukkan arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Pepaya juga dapat mempercepat pencernaan karbohidrat dan lemak. Enzim papain mampu memecah serat-serat daging, sehingga daging lebih mudah dicerna. Tidak heran bila pepaya sering dijadikan bahan pengempuk daging, terutama untuk pembuatan sate atau masakan semur.
  • Pepaya Dapat Menghaluskan kulit: Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya buah apel. Ditambah lagi dengan kemampuan cerna enzim pepaya, bisa dengan cepat mengeluarkan racun dalam tubuh, sangat bagus bagi kesegaran kulit dari dalam. Enzim pepaya yang terkandung di dalamnya dapat mendorong proses metabolisme kulit, membantu melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang tertimbun di pori-pori, membuat kulit tampak lebih terang dan cerah. Caranya dengan memakai masker pepaya campur buah persik. Cara: Buah pepaya dan persik dibuang kulitnya, kemudian ditumbuk mengental, lalu dicampur dengan sitrun dan madu, pakai sebagai masker (untuk lebih mudahnya cari masker siap pakai yang berbahan dasar pepaya).

Note :

Buah yang masih mengkal atau separuh matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari buah matang. Namun wanita yang ingin memiliki anak atau sedang hamil dilarang mengonsumsinya, karena buah mentah dan mengkal mempunyai efek menggugurkan kandungan. Karena efek yang satu ini, di berbagai negara, seperti Papua Nugini dan Peru, pepaya digunakan sebagai alat kontrasepsi. Saran untuk wanita hamil, bila ingin mendapatkan khasiat pepaya, makanlah buah yang sudah matang saja.

Biar Pepaya semakin menarik untuk dikonsumsi olahlah jadi minuman. Berikut Resep Papaya Punch yang layak untuk dicoba 🙂

Bahan :

  • 400 gr pepaya matang, dipotong-potong.
  • 100 gr nanas matang, dipotong-potong.
  • 400 ml minuman bersoda rasa jeruk.
  • 1 sendok teh air jeruk lemon.
  • 3 sendok makan sirup vanila.
  • es batu secukupnya.

Cara Membuat : Blender Pepaya dan Nanas hingga lembut, tambahkan minuman bersoda rasa jeruk, air jeruk lemon, sirup dan es batu. Blender lagi hingga halus. Sajikan dingin. Untuk 4 gelas. Tips : Serat-serat pepaya yang terbawa, membuat minuman terasa agak pahit, maka potong pepaya benar-benar bersih.

Sumber : Mbah Google dan Kliping Majalah Lama.

Iklan

29 comments

  1. Wah…ternyata pepaya banyak banget manfaatnya ya…
    Tapi, kalo untuk pengempuk daging itu setauku daunnya ya…?
    Nice info 😀

  2. Waduh.. pepaya yach.. ane lebih suka pisang sama melon. 😀
    Tapi kadang klo yang ada di kulkas pepaya,langsung dilahap aja. 😀

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.