Pohon Kelapa


Lagi mengamati hujan, tiba-tiba matanya ga mau pindah dari pohon kelapa yang berdiri dihalaman rumah tetangga. Hmmm,, jadi mikir, apa dari si Pohon Kelapa ini yang ga bermanfaat bagi manusia yah,, ga ketemu.. semuanya memberi manfaat.

Mata mulai menjelajahi bagian perbagian dari si Pohon Kelapa ini.

  • Daun : Daun mudanya bisa dipakai untuk membuat ketupat, aneka kerajinan janur, buat umbul-umbul di pesta perkawinan. Daun kelapa yang kering disusun bisa dipakai untuk atap maupun dinding (bangunan dari daun kelapa kering ini sering ditemui ditengah sawah, sebagai pondok petani untuk tempat istirahat). Tangkai daunnya yang biasa disebut lidi, setelah dipisah dari daunnya, bisa dimanfaatkan untuk membuat sapu lidi. Alat untuk bersih-bersih.
  • Buah : Buah kelapa yang masih muda, daging buah dan airnya sangat populer sebagai sumber penyegar yang sudah dikenal luas dimasyarakat. Bisa diolah menjadi berbagai jenis versi es kelapa muda, srruuput, segerrrr, *jadi pengen es degan* padahal hari hujan, gak ngaruh kali yaa :). Sedangkan buah kelapa yang tua, daging buahnya yang berwarna putih, diparut dan diperas. Air perasannya menghasilkan santan. Santan ini juga banyak manfaatnya. Dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan dan  manfaat lain dari santan kelapa ini adalah untuk perawatan rambut. Daging kelapa yang sudah tua, jika dikeringkan bisa menjadi bahan baku minyak yang dikenal juga dengan kopra. Bisa juga diolah menjadi nata de coco. Tempurung dari buah kelapa bisa dipakai untuk bahan bakar, khususnya buat penjual sate. Bisa juga dimanfaatkan untuk berbagai jenis kerajinan tangan  (misalnya untuk bahan pembuatan centong maupun sendok sayur). Kulit buah kelapa atau  sabut, bisa diolah untuk bahan keset, isi jok mobil, media tanam anggrek dan banyak lagi.
  • Batang : Batang pohon kelapa ini bisa dipakai untuk jembatan menyebrangi kali atau sungai. Kalau yang benar-benar lurus, bisa diolah jadi papan dan bisa untuk dinding bangunan atau pun untuk tiang penyangga rumah panggung. Kualitas papan yang dihasilkan termasuk bagus dan mempunyai tekstur yang unik.
  • Akar : Akar kelapa bisa dimanfaatkan untuk pewarna perabot rumah tangga, bisa juga dikeringkan kemudian bermanfaat bagi ibu-ibu dikampung untuk bahan bakar memasak.

Dari hasil renungan dikala hujan itu, benar-benar semakin menyadari manfaat si Pohon Kelapa. Pantas saja pohon kelapa salah satu tanaman yang cocok diwariskan ke generasi berikutnya jika mempunyai kebunnya *ngarep*. Pohon kelapa cocok ditanam di daerah pesisir pantai.

Sebagai  sesama makhluk,  yang satu tumbuhan, yang lainnya makhluk yang sedang mengamati itu bernama manusia, yang mengaku salah satu makhluk Tuhan yang sempurna. Kadang, si manusia bukannya bisa memberi manfaat buat sesamanya, malah bikin orang-orang disekitarnya jadi ga nyaman. Semoga yang membaca bukan termasuk yang seperti itu.

Manusia yang baik adalah manusia yang memberi banyak manfaat bagi kemajuan saudaranya yang lain.

Iklan