Akhir Yang Baik, Keinginan Setiap Makhluk


Kira-kira pukul 10-an pagi mau mengecek email, saya ngintip FB sebentar dan baca message dari salah satu teman di Wall seorang sahabat ” Turut Belasungkawa atas berpulangnya Orang tua Laki-laki dari sahabat tersebut”.

Innalillahi Wainna Illahi Rajiiuun,, Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepadanya semuanya kembali.

Saya sempat termenung sesaat, betapa semuanya sudah diatur oleh-Nya. Karena sebelum sahabat itu pulang ke kampung halaman pada hari Kamis, kami berdua sempat ngobrol banyak.

Bercerita tentang orang tua yang sudah sepuh, semakin drop kesehatannya karena penyakit ginjal yang sudah lama di derita beliau. Betapa hari-hari yang dijalani beliau sangat penuh perjuangan demi upaya kesembuhan.

Sekarang insyaAllah beliau sudah bebas dari rasa sakit fisik dan pulang ke rumah-Nya dengan tenang, dilepas dan diantar dengan do’a dari keluarga yang mencintai.

Saya jadi ingat dengan pesan dari seorang ustadzah,,

Kita tidak pernah tahu bagaimana akhir dari kehidupan kita di dunia ini. Kita hanya bisa selalu berdo’a, Semoga kita selalu berada dalam Husnul khatimah dan istiqamah dalam dinul haq. InsyaAllah.

Berita duka yang terbaca membuat diri menundukkan kepala, banyak catatan evaluasi diri yang masih harus diperbaiki secara terus menerus.

Betapa banyak kekhilafan yang sempat dilakukan di masa lalu, saat sekarang dan entah di masa-masa yang akan datang. Betapa banyak kata-kata yang tanpa sengaja maupun yang disengaja telah menorehkan rasa perih di hati yang mendengarnya.

Betapa dongak-an kepala telah mengalirkan sedikit rasa lebih dari yang lainnya.

Betapa sedikit ilmu yang didapat, tapi sudah merasa mengetahui semuanya.

Padahal sedikit aja jari-jari ini di kasih sakit yang namanya keseleo, sudah gak bakal bisa ketak-ketik untuk membuat postingan baru.

Semoga kita semua diberi kesempatan untuk memperbaiki dan teguran-teguran yang didapat, bukan lagi mengeluarkan keluhan tentang tidak adilnya kehidupan. Tetapi meresponnya dengan rasa syukur karena Dia Sang Pemilik Segalanya dan Sang Maha Mengetahui masih perhatian terhadap diri kita yang sering melupakannya. Dan semoga nantinya juga dapat akhir yang sebaik-baiknya, insyaAllah.

Selamat jalan Papa Sahabatku, semoga  yang ditinggalkan ikhlas..

5 comments

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiuun.
    Semoga kita pun akan menyusul kekampung akhirat dgn khusnul khotimah,amin
    salam

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.