Tips Hemat Belanja Bulanan, Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu


Ekonomi semakin sulit dan harga-harga kebutuhan naik selangit adalah problematika yang dihadapi oleh mayoritas ibu rumah tangga. Ibu-ibu harus memutar otak mencari cara dan tips hemat belanja bulanan supaya tidak tekor. Jika tidak berhati-hati bisa saja menjadi besar pasak daripada tiang dan menimbun hutang.

Harga kebutuhan yang meroket sementara penghasilan tidak bertambah, memang menjadi masalah yang memusingkan. Diperlukan strategi tertentu supaya gaji sebulan cukup digunakan untuk hidup di bulan tersebut. Namun sayangnya, teori tidaklah semudah kenyataannya. Tidak semua ibu rumah tangga paham bagaimana caranya menghemat uang belanja dengan bijak.

Tips hemat belanja bulanan dengan Kartu visa Danamon

Tips Hemat Belanja Bulanan Agar Tidak Tekor

Jika tidak berhati-hati, bisa saja uang gaji sudah habis di tengah bulan dan selanjutnya tinggal pusing mencari pinjaman kesana kemari. Untuk menghindari keadaan seperti itu, ada baiknya juga menyimak beberapa tips untuk belanja hemat setiap bulan berikut ini:

1. Buat Daftar Belanjaan

Jangan pergi belanja tanpa membawa daftar barang apa saja yang akan dibeli. Selain akan memakan waktu lebih lama, belanja tanpa bawa daftar barang hanya membuat kita membeli barang yang belum tentu dibutuhkan. Daftar belanja menghindarkan kita dari kelupaan membeli barang yang dibutuhkan.

Dengan daftar belanja juga akan menghindarkan kita untuk membeli barang-barang yang belum atau tidak begitu dibutuhkan. Membuat daftar barang bermanfaat juga untuk memperkirakan berapa uang yang dibutuhkan untuk belanja bulanan.

2. Tetapkan Bujet Belanja Bulanan

Setelah membuat daftar belanjaan, akan terlihat berapa kira-kira dana yang diperlukan untuk membeli semua barang tersebut. Jika dirasa masih terlalu besar, bisa dilihat lagi mana jenis barang yang dapat ditunda pembeliannya. Begitu juga sebaliknya, lihat apakah masih ada barang kebutuhan bulanan yang belum masuk ke daftar.

Setelah yakin semua barang kebutuhan pokok bulanan masuk daftar, tetapkan berapa bujet yang disiapkan untuk membelinya. Berikan sedikit sisa dari bujet tersebut untuk membeli jajan anak misalnya.

3. Belanja di Tempat yang Tepat

Setelah daftar barang dibuat dan bujet ditetapkan, sekarang saatnya pergi belanja. Supaya lebih hemat, pilih tempat belanja yang tepat, misalnya di toko grosir, supermarket, pasar tradisional dan lain-lain. Pilih tempat belanja yang harganya lebih murah dengan kualitas sama.

Biasanya pasar tradisional memiliki harga yang lebih murah dibandingkan pasar modern. Jika ada barang yang tidak ada di pasar tradisional atau toko grosir, barulah beli di supermarket atau minimarket.

4. Manfaatkan Diskon dan Promo

Tidak ada salahnya juga mencari informasi dimana toko yang sedang mengadakan program promo ataupun memberikan diskon. Kalau memang perlu, cari juga di e-commerce yang biasanya pada tanggal-tanggal tertentu memberikan diskon cukup besar. Memanfaatkan diskon dan promo menjadi salah satu cara mudah untuk menghemat uang belanja bulanan. Jika memang beli di e-commerce lebih murah, sah saja kalau belanja online.

5. Gunakan Kartu Kredit atau Paylater dengan Bijak

Tips hemat belanja yang terakhir adalah gunakan kartu kredit ataupun pay later dengan sebijak mungkin. Sebenarnya kartu kredit ataupun pay later bisa membantu kebutuhan keuangan kalau memang bisa mempergunakannya sebaik mungkin.

Seringkali kartu kredit maupun pay later memberikan cashback ataupun diskon kepada penggunanya. Namun, dalam penggunaannya jangan berlebihan, sesuaikan dengan kemampuan untuk membayar.

Tips hemat belanja bulanan seperti di atas, bisa dilakukan siapa saja, ibu rumah tangga dimana saja. Jika memang gaji bulanan dirasa tidak cukup untuk dibelanjakan sebulan, mungkin bisa mempertimbangkan kartu kredit. Pilihlah kartu kredit yang memberikan kemudahan kepada penggunanya bukan sebaliknya.

Kartu visa Danamon misalnya, kartu kredit dengan sejuta keunggulan bagi penggunanya. Kartu kredit visa Bank Danamon membantu Anda untuk belanja bulanan maupun kebutuhan lainnya dengan lebih mudah dan praktis. Jadi tunggu apalagi? Yuk, pakai kartu kredit visa Danamon sekarang juga!

Selamat memenuhi kebutuhan rumah tangga setiap bulannya dengan menerapkan tips belanja di atas ya, Temans. Kebutuhan bulanan terpenuhi, keuangan keluarga tetap aman.
Salam jejak #finansial bijak dan cerdas dari mata, rasa dan pikiran admin YSalma.

Sumber tulisan:
https://www.cermati.com/artikel/5-cara-menghemat-uang-belanja-biar-cukup-sebulan
https://www.tanamduit.com/belajar/perencanaan-keuangan/cara-menghemat-uang-bulanan-dengan-bijak
https://www.sayurbox.com/blog/10-tips-belanja-bulanan-hemat

Sumber foto: Unsplash/Eduardo Soares dan Stock Images PowerPoint, edit by admin blog.
Iklan

47 comments

  1. Catet, hahha soalnya kadang aku suka kalap kalau lagi belanja tanpa ngelist dulu apa yang pengen dibeli. Apalagi kalau ada kartu kredit, wkwkwk.

    Suka

  2. Makasi untuk tips hemat belanja bulannya. Selama ini, kami lebih sering belanja dikit-dikit. Niatnya biar hemat, tapi malah tambah jebol. Sepertinya awal bulan depan mau terapin tips di atas ah

    Suka

  3. Nah ini, sekarang aku makin rajin nyari promo, hehe. Kalau dulu biasanya pas JSM aja. Eh, sekarang banyak juga promo2 di hari biasa. Lumayan selisihnya.

    Suka

  4. paling pusing mbak ngatur belanjaan ini. Belum lagi nagtur menu apa saja setiap hari yang harus dimasak biar nggak bosan. Tetapi yagitu, lebih baiknya memang kita pakai anggaran, atau rencana belanja. dan usahakan belanja kita sesuaikan dengan rencana dan budget tersebut.

    Suka

  5. Duh iya nih masih sering tekor di akhir bulan padahal udah usaha buat hemat tapi ada saja kebutuhan mendadak. So masih harus belajar mengelola keuangan RT. Thanks tipsnya ya Mbak

    Suka

  6. kalau aku biasanya dari rumah udah bikin list harus beli apa aja, trus kalau bisa, aku nyari private brand, biasanya private brand tuh lebih murah hehee walau kemasannya biasa banget

    Suka

  7. tipsnya akuu semuaaa nih, beneran mbak kalau itu dilakuin bisa menghemat anggaran rumah tangga, kalau dalam seminggu ga ada perencanaan belanja, keuangan langsung deh melonjak, hiks

    Suka

  8. Kalau saya, pakai tambahan selalu berbelanja di tempat yang sama setiap bulannya, jadi saya hafal lorong-lorong barang yang saya butuhkan, meminimaliskan saya berkeliling di lorong lain dan tertarik benda lain yang kurang dibutuhkan 🙂

    Suka

  9. Saya juga membiasakan bikin list barang yang akan dibeli sebelum belanja. Selain bisa lebih cepat saat berbelanja juga bisa menghindari belanja barang lain yang kurang dibutuhkan.

    Suka

  10. aku banget nih, tiap belanja harus punya daftar biar engga kemana2 belanjanya.. trus memang harus memanfaatkan diskon hahah jadi kadang sampai hafal kapan diskon untuk produk2 tertentu ada di minimarket

    Suka

  11. Di masa-masa ini para ibu memang dituntut cerdas dalam mengelola keuangan supaya cukup. Jadi harus tau ya kak, mana kebutuhan pokok mana yang bukan dan harus hati-hati dalam mengeluarkan uang.

    Semoga rejeki kita semua selalu dicukupkan.

    Suka

  12. Biar lebih hemat memang kudu pinter cari promo dan diskon. Biasanya sih kalau toko offline bakal ngasih tahu hari apa aja ada promonya.

    Suka

  13. satu lagi Mbak, kalau bawa anak better anak gak masuk deh di area belanja, widiihh bisa tekor kalau anak mulai narik barang keinginannya, hihihih.
    udah list A B C, eehh sampai kasir udah sampai X Y Z hihih

    Suka

  14. Aku seriingg bgt manfaatkan promo.
    Tapi ya gt, kadang jadinya impulsive buying

    Yg ga penting2 ikut kebeli, for the sake of diskooonnn wkwkqkqkqk

    Suka

  15. Sebagai ibu rumah tangga, kita selalu terlatih untuk menjadi direktur keuangan ya mba. Setiap tahun mempunyai perencanaan keuangan yg diaplikasikan setiap bulannya.

    Suka

  16. wah ini tips yang sangat bermanfaat sekali, jadi lebih bisa mengatur belanjaan, karena kalau aku ya belanjanya kalau butuh aja, ehh ternyata tiap hari ada aja kebutuhannya jadi pengeluarannya tidak jelas, terimakasih mb tips belanjanya.

    Suka

  17. Nah ini, seringnya aku ya gak mencatat daftar belanjaan. Atau bikin daftar belanjaan tapi gak cek dulu lemari persediaan. Bukannya hemat, kadang malah jadi boros aku tu kalau sudah belanja. Makanya akhir-akhir ini, lebih senang Pewe saja yang belanja. Dia lebih straigh soalnya kalo belanja. Gak kebanyakan cuci mata kayak aku… hahaha

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.