Mulai Pelupa? Ini Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami


Cara meningkatkan daya ingat sedang menjadi konsentrasi saya saat ini. Bagaimana tidak, biasanya omongan yang didengar sepintas aja sangat mudah diingat. Apalagi omongan yang ‘mengena’ alias menyinggung hati, maunya diabaikan aja, eh malah keingat terus *jaga hati, Mak! :mrgreen: *.

Cara meningkatkan daya ingat secara alami dan mudah

Sekarang kalau tidak dibantu dengan dicatatkan, sembari dieja dalam hati saat menuliskannya, saya suka lupa. Ingat-ingat setelah waktunya lewat. Kan bahaya kalau itu berkaitan dengan janji. Apalagi jika menyangkut janji dalam urusan ikhtiar mengumpulkan rezeki โค . Bisa lewat kesempatan berikutnya.

Nggak mau dibilang teledor bin pikun juga dong, karena itu berlawanan dengan karakter umum saya sebagai perempuan Virgo, yang dikenal perfeksionis dan teliti *halah, ๐Ÿ˜† *.

Eits, tunggu dulu, pelupa dan pikun itu berbeda lho. Kalau pelupa itu karena pengaruh gangguan pemusatan perhatian sementara. Sedangkan pikun itu menurunnya fungsi kognitif disertai gangguan aktivitas keseharian.

Tentunya saya nggak mau dong pikun sebelum waktunya, setidaknya kemampuan mengingat dan konsentrasi tetap optimal, tidak ikut termakan usia. Ternyata ada cara alami untuk meningkatkan daya ingat ini. Alhamdulillah.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tetap Optimal

Memang tak dapat dipungkiri bahwa bertambahnya umur membuat daya ingat juga menurun. Itu hal wajar.

Akan tetapi daya ingat dan konsentrasi dapat diusahakan agar tetap kuat. Caranya dengan menjaga kesehatan otak.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan rutin untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat serta konsentrasi, diantaranya:

#1. Jaga Asupan Nutrisi

Daya ingat tentu saja berhubungan dengan otak. Makanya otak harus tercukupi nutrisinya. Cukupi kebutuhan proteinnya melalui konsumsi sayuran, teh hijau, kacang-kacangan, dan ikan. Kurangi konsumsi gula, karena kadar gula darah yang tinggi daapat menurunkan daya ingat.

#2. Jaga Berat Badan dengan Olahraga

Saya merasakan banget efek kurangnya bergerak selama hampir dua tahun pandemi. Berat badan melonjak drastis, badan terasa berat, mudah lelah dan berujung makin malas ngapa-ngapain.

Cara meningkatkan daya ingat dengan bersepeda santai di tempat tinggal

Biasanya hayuks aja rutin bersepeda dengan rute yang lumayan. Sekarang gowes di seputar perumahan, beraninya pelan-pelan, karena berasa banget otot agak kaku dan konsentrasi agak menurun.

Padahal, olahraga rutin itu banyak manfaatnya untuk kesehatan otak, yaitu dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otak. Mengurangi peradangan.

Olahraga juga bermanfaat mendorong perkembangan sel saraf baru. Mengurangi resistensi insulin sehingga sel-sel tubuh dapat menggunakan gula darah dengan baik. Serta merangsang pelepasan zat biokimiawi seperti dopamin, sehingga fungsinya sebagi neurotransmiter alias zat yang menyampaikan pesan dari satu saraf ke saraf lain tetap berfungsi dengan baik.

Olahraga untuk menjaga otak juga bukan olahraga berat yang perlu waktu dan tempat tertentu, tapi hanya olahraga ringan selama 30 menit saja setiap harinya, misalnya olahraga bersepeda santai, jalan kaki, lari, atau yoga di rumah.

#3. Cukup Tidur

Tidur yang dimaksud tentunya tidur dan istirahat yang berkualitas. Bukan tidur yang badannya tergeletak di tempat tidur tapi pikirannya ‘berkelana’ kemana-mana. Itu mah istirahat yang bikin lelah tubuh dan juga pikiran.

Cara meningkatkan daya ingat dengan tidur dan istirahat berkualitas
credit to Pixabay Hatice EROL

Pada pernah mengalami kan, kalau kebanyakan begadang, saat jalan pada siang hari kaki tanpa sadar suka nabrak benda yang diperkirakan nggak bakal kesenggol. Itu bukti kalau kurang tidur dapat menurunkan fungsi otak, fokus, dan konsentrasi pikiran.

Umumnya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur. Cukup tidur dan istirahat menjaga tubuh terhindar dari stres dan membuat tubuh terasa bugar.

Sebab, saat tidur otak akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi. Makanya saat bangun tidur kita sering mendapatkan ide-ide baru.

#4. Hindari Toxic Bersosialisasi

Bersosialisasi merupakan sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial. Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat , keluarga dan sahabat merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif.

Akan tetapi, sebaiknya hindari bersosialisasi dengan lingkungan yang sifatnya toxic. Bergaul dengan orang-orang toxic malah membuat stres dan depresi. Sementara stres dan depresi sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat.

Cara meningkatkan gaya hidup dengan aktif bersosialisasi di positive vibes

Toxic muncul karena orang-orang tidak mau lebih mengenal seseorang secara langsung, malah membuat penilaian sendiri berdasarkan ‘katanya’.

Sebaiknya menjauh dari orang-orang seperti ini. Bukan tentang seberapa banyak teman yang dimiliki, tapi seberapa yang menerima dengan tulus.

Lebih baik memilih berkumpul dengan orang-orang yang berpikir positif. Sebab positive vibes itu menular dan membuat bahagia. Pikiran pun dapat bekerja dengan baik.

#5. Latih Otak

Menjaga asupan nutrisi udah, olahraga, cukup tidur dan istirahat serta berada di lingkungan yang positive vibes juga sudah. Ternyata otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap optimal dan terjaga.

Cara melatih otak gimana? Salah satu yang dianggap efektif adalah rutin melakukan senam otak. Beragam cara senam otak dapat dilakukan di rumah, antara lain, membaca, menulis, mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, bermain catur, menghafal gambar, belajar alat musik karena telinga berusaha mengenali nada dan mengingatnya.

Nah, semua cara untuk melatih otak di atas bisa juga dilakukan melalui bermain game. Salah satu tempat bermain game online untuk mengasah daya ingat, konsentrasi, dan fokus yang saya pilih adalah di Solitaire.org. Situs game yang bebas dari iklan.

Cara meningkatkan daya ingat dengan bermain game solitaire

Tentunya sudah pada tau dong Solitaire game, merupakan permainan menyusun kartu yang dapat dilakukan sendiri. Game ini sudah lama ada.

Saya sewaktu belia dulu memainkan game ini di sela-sela waktu istirahat kerja. Karena game ini dulu bawaan windows, bermain game merupakan kegiatan seru yang dapat menghilangkan jenuh, serta menyegarkan kembali pikiran.

Pada website solitaire.org ada beragam jenis games tersedia, sebut saja classic solitaire, Klondike solitaire, FreeCell solitaire, Pyramid solitaire. Saya masih menuntaskan penasaran dengan classic solitaire yang belum berhasil menang. Otak memang perlu diasah ini, haha.

Banyak kategori games yang nggak boleh dilewatkan seperti Word games, Mahjong games, Hidden object games, Card games, serta Logic puzzle games.

Saya juga masih penasaran dengan salah satu Logic puzzle game yang battle ships armada, dan belum bisa menang-menang juga. Otak benar-benar mulai ‘karatan’, wkwkwk.

Cara meningkatkan daya ingat dengan logic puzzle games

Permainan game battle ships armada ini tentang strategi mengatur kapal di tempat yang tidak terduga agar lawan tidak dapat mengenai kapal kita. Sebaliknya kita harus mencari posisi kapal lawan yang tersembunyi. Dikasih 3 kali percobaan untuk mencari kapal musuh. Yang jago strategi, gamesnya seru banget untuk dimainkan untuk asah otak.

Cara meningkatkan konsentrasi dengan bermain game online

Sudah pada percaya kan beragam cara dapat dilakukan di rumah untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi secara alami. So, walaupun usia matang produktivitas tetap dapat meningkat ya. Sehingga masih sangat bisa memberikan yang terbaik saat berkegiatan. Semangat!

Selamat menikmati usia matang dengan daya ingat yang tetap terjaga, jangan lupa buat prioritas, catat hal-hal penting, dan bermain games di saat senggang.

Salam jejak mata, rasa, dan pikiran dari YSalma.

56 comments

  1. Saya juga sering main Solitaire buat melatih otak, kalau saya sering pelupa karena memang otaknya terlalu lelah multitasking, dan game-game yang melatih otak itu membantu banget sih ๐Ÿ™‚

    Suka

  2. Ternyata olahraga rutin punya dampak positif buat kesehatan otak juga ya. Ini yang biasanya berat untuk memulainya. Olahraga kadang cuma sekali seminggu aja. Sekarang harus diniatkan biar lebih rajin lagi deh, hehehe.

    Alhamdulillah kalo urusan tidur sudah cukup. Tidur pukul 22.00 sampe 03.30.

    Ngomongin soal game, saya sering juga nih main game online di solitaire.org. Permainannya banyak dan gratis pula. Jadi nggak ngebosenin ya.

    Suka

  3. ini aku bangett nih kadang pelupaa dan baru sadar karena olahraga cuma seminggu sekaliii. kalo pas rajin emang bisa hampir tiap hari hiks

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.