[Review] Ruangbelajar, Aplikasi Belajar Online Terbaik Untuk Kelas 11


Beberapa waktu lalu saya masih menerima ucapan kagum dari anak perempuan yang baru memasuki dunia kuliah, karena dia menganggap saya bisa memahami konsekuensi dari kampus dan jurusan yang dia ambil.

Diskusi kami membantu ibunya lebih paham pada situasinya yang sering pulang larut malam. Anak perempuan itu bilang, “anaknya tante pasti senang dan bangga punya ibu yang pengertian dan enak diajak diskusi begini.”

Saya bilang, “tidak juga. Saya malah sering dibilang emak kudet. Dalam hubungan ibu dan anak, selalu ada masa-masa seperti yang kamu alami saat ini. Hal biasa, tetap semangat.”

Review Ruangbelajar, Bimbingan Belajar Online yang Seru

Ruangbelajar Ruangguru aplikasi belajar online terbaik dan terjangkau

Sejujurnya, saya tipikal orang tua yang lebih sabar menghadapi anak orang lain ketimbang anak sendiri, khususnya dalam urusan membantu menjelaskan materi pelajaran.

Kurikulum dan metode pengajaran beda jauh waktu saya jadi anak sekolah. Membantu anak belajar di rumah jadi penuh drama.

Anaknya bingung menangkap penjelasan emaknya, yang katanya mbulet, ga jelas. Di satu sisi saya merasa, ini anak kok yo ga paham-paham kalau dijelaskan emaknya, padahal dia bisa praktek apa-apa yang dia mau dengan hanya melihat tutorial lewat video.

Saya sebagai emak juga jadi insecure kalau coba membimbing anak belajar saat mau ujian, nilai anaknya bukan nambah baik. Malah nilai anak jauh lebih baik jika dia belajar sendiri tanpa direcokin emaknya, apalagi kalau gurunya menyenangkan, pelajaran langsung ‘nempel’ di kepala anaknya.

Menyedihkan ya saya sebagai emak dalam hal membantu anak belajar. Belum lagi, kalau anaknya memang perlu bertanya untuk memastikan, tapi anak bawaannya udah gondok dulu sama emaknya.

Berdasarkan situasi tersebut, untuk urusan mengulang pelajaran atau bimbingan belajar di rumah, saya memilih menyerahkan pada ahlinya.

Makanya, semenjak anak SMP, untuk pelajaran yang dirasa kurang paham, anak ikut kelas bimbingan belajar.

Sekarang anaknya sudah selesai PAT (Penilaian Akhir Tahun) kelas 11. Juli 2021 ini akan berstatus siswa kelas 12.

Semenjak pandemi dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), anaknya sudah saya rekomendasikan untuk ikut Ruangbelajar dari Ruangguru, aplikasi belajar online yang dapat diunduh.

Anak jadi belajar dengan senang hati dari video tutorial. Emak pun bisa tersenyum mengerjakan hal lain, salah satunya bisa belajar up-grade ilmu untuk diri sendiri, misalnya belajar copywriting by Ruangguru juga.

Setelah ikut kelas belajar online ruangbelajar dari Ruangguru, hubungan emak dan anak jadi harmonis terus. Diskusi tentang perkembangan belajar jadi lebih seru, gak ada gondok-gondok an lagi.

Ruangbelajar Itu Apa Sih?

Ruangbelajar adalah salah satu produk dari Ruangguru. Sebuah aplikasi yang membantu siswa belajar online secara mandiri dengan metode yang disenangi anak kekinian karena dilengkapi video yang dikemas animasi menarik, beragam soal yang mengasah kemampuan, dan didampingi Master Teacher terbaik.

Materi pelajaran yang terdapat pada aplikasi ruangbelajar bisa di-download (diunduh), yang nantinya dapat diakses secara offline kapan pun diperlukan. Belajar online jadi hemat kuota.

Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Kelas 11 Sukses PAT

Orang tua mana yang tak senang jika anaknya antusias belajar dan sukses mengerjakan soal-soal PAT tanpa remed. Apalagi untuk siswa kelas sebalas yang akan naik kelas 12. Setahun lagi sudah menjadi calon mahasiswa pada jurusan pilihan di kampus impian.

Untuk anak seusia anak saya, orang tua hanya mengarahkan dan merekomendasikan aplikasi terbaik yang membantu belajar online. Pilihan tetap pada anaknya, karena mereka yang akan berinteraksi langsung. Orang tua hanya memfasilitasi dan memantau.

Kenapa Harus Memilih Aplikasi Ruangbelajar?

Alasan memilih aplikasi ruangbelajar dari Ruangguru

Anak remaja sekarang tentu tidak asal ikut apa kata orang tua, mereka membaca review dari aplikasi terbaik yang dipilihkan itu.

Berdasarkan survey pengguna terhadap ruangbelajar dari Ruangguru, ada beberapa alasan yang menjadikannya aplikasi belajar online terbaik dibandingkan kompentitor, diantaranya:

#1. Meningkatkan Karakter

Ruangbelajar dari Ruangguru tidak hanya menjadikan siswa menjadi lebih baik dari segi nilai, tapi juga karakter. 9.3 dari 10 pengguna merasakan tingkat kepuasan menggunakan ruangbelajar.

#2. Metode Pembelajaran Menarik

Di sekolah siswa lebih banyak mendengarkan secara pasif, jika penyampaian kurang menarik, jam belajar jadi terasa membosankan. Sebaliknya, pengajaran dengan metode kreatif membuat anak betah mengikuti pembelajaran dan juga cepat paham.

Ruangbelajar memiliki guru-guru terbaik dan kredibel di bidangnya. Tak heran, 96% menilai ruangbelajar lebih menarik dibandingkan dengan pengajaran di sekolah.

#3. Membantu Memahami Konsep & Persiapan Ujian

Mempelajari satu bahan mata pelajaran terasa agak rumit karena belum paham konsep. 98% pengguna menilai bahwa ruangbelajar sangat membantu pemahaman konsep dan membantu persiapan ujian.

Jika konsep pembelajaran sudah dipahami dan ujian bisa dilewati dengan baik, maka target siswa untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah atau kampus impian tentunya akan terwujud.

#4. Meningkatkan Nilai

Keberhasilan pembelajaran di bangku sekolah salah satu alat ukurnya tentunya nilai. Sekitar 96% pengguna menilai bahwa nilainya langsung naik setelah 3 bulan berlangganan.

Dari penilain yang diberikan, dapat dipastikan bahwa berlangganan ruangbelajar membuat orang tua dan anak sangat terbantu.

Paket ruangbelajar terfavorit adalah Paket ruangbelajar PAT 2020/2021 + Tahun Ajaran 2021/2022. Menjelang tahun ajaran baru, ruangbelajar sedang ada diskon hingga 60%, sangat terjangkau sekali.

Nah, bagi yang kemarin sudah lulus SMA dan mengincar tempat kuliah favorit, juga tersedia paket ruangbelajar PAT + SBMPTN 2020/2021.

Aplikasi ruangbelajar tidak hanya untuk ponsel, tapi juga bisa digunakan di laptop. Keren! Aplikasi Ruangguru juga tersedia untuk desktop dengan OS Windows dan Mac. Belajar online jadi semakin lebih leluasa.

Fitur-Fitur Menarik Ruangbelajar

Anak remaja saya sama dengan remaja sekarang kalau belajar, lebih memilih materi yang paling menarik terlebih dulu. Lihat pembukaan sebentar, langsung lompat ke penjelasan dan kesimpulan.

Ruangbelajar memahami kebutuhan belajar seperti itu, mereka menyusun materi yang sangat menarik untuk disimak. Tidak hanya sesuai materi yang diterima di sekolah, tapi video pembelajaran juga dipisah per materi. Terstruktur dengan rapi, mulai dari video pembukan, materi dan penutup. Siswa dapat memilih video yang ingin dipelajari terlebih dahulu.

Belajar online di aplikasi ruangbelajar dari Ruangguru juga anti bosan karena ditemani oleh fitur-fitur yang menarik, seperti:

  • Ruangguru Pets

Belajar online di ruangbelajar semakin seru dengan ditemani 3 PET. 3 karakter teman belajar itu adalah Candra the Bird of Paradise (Candra), Modo the Giant Dragon (Modo), dan Harry the Diamond Tiger (Harry).

Karakter teman belajar di aplikasi online ruangbelajar

Ketiga karakter tersebut dapat menggambarkan diri siswa yang sedang belajar online, apakah sedang bersemangat, lesu, santai, dan lainnya.

  • Ruangguru Adventure

Ini kesukaan anak remaja nih, belajar sambil gaming. Fitur gamification ini bertujuan menyemangati siswa untuk belajar. Semakin rajin belajar semakin banyak hadiah yang dapat dikumpulkan. Belajar jadi seru, seperti bermain, tapi belajar.

  • Jadwal Belajar

Siswa dapat mengatur jadwal belajarnya sendiri, kapan mau mulai dan mengulang pelajaran. Fitur disediakan dalam bentuk tabel yang berisi mata pelajaran, hari, dan kapan waktunya.

  • Asah Otak

Setelah belajar materi, fitur ini tempat menguji pemahaman dengan cara mengerjakan soal, mulai dari yang termudah, sedang, sulit dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Tenang, fitur ini tempat menguji pemahaman materi dengan cara seru, sebab setelah dikerjakan, dapat dicocokkan dengan jawaban dan pembahasannya. Siswa jadi semakin menguasai materi dan memahami soal serta jawabannya.

  • Bank Soal

Berisi kumpulan soal yang dapat diunduh dan dikerjakan tanpa perlu koneksi internet. Tersedia beragam jenis soal, untuk UTS, PAT, hingga SBMPTN. Setiap soal juga diberikan pembahasannya.

Banyak dan sering mengerjakan soal, membuat siswa terlatih menghadapi ujian sesungguhnya di sekolah.

  • Adapto dan Konsep Kilat

Fitur ini baru akan rilis pada bulan Juli 2021. Fitur ini akan membantu siswa memahami konsep sebuah materi dengan mudah dan cepat.

Ruangbelajar juga mencatat perkembangan belajar yang sudah dijalani siswa. Semua dapat dilihat pada fitur laporan belajar. Siswa dan orangtua dapat melihat progres belajar per materi yang diikuti. Apakah sudah maksimal, jika belum, belajar lagi hingga mencapai 100%.

Kesimpulan

Aplikasi ruangbelajar dari Ruangguru dapat menjadi solusi orangtua yang kesulitan memahami materi saat membantu anak belajar online di rumah.

Belajar saat PJJ lancar dengan ruangbelajar dari Ruangguru, hubungan anak, orangtua, dan guru jadi lebih harmonis.

Untuk informasi lebih detail, dapat mengakases:

Website Ruangguru: https://ruangguru.com/
Website produk ruangbelajar: https://www.ruangguru.com/ruangbelajar
Instagram Ruangguru: https://www.instagram.com/ruangguru
Youtube Ruangguru: https://www.youtube.com/channel/UCbc1RY0McnikiEMD8Box5Ig
Blog Ruangguru: https://ruangguru.com/blog

Salam pendidikan, semangat belajar dari jejak mata, rasa, dan pikiran YSalma.

Foto-foto credit to ruangbelajar dari Ruangguru.

55 comments

  1. Wah, ortu kudu menggali lebih dalam seputar Ruangbelajar, nih.

    Jadiii, ini adalah produk Ruangguru yg recommended.
    aplikasi yang membantu siswa belajar online secara mandiri
    Jadii anak2 siap menjadi pembelajar yg independen.

    metode belajar mengajar yang menarik banget.

    anak-anak jaman now dijamin hepi! karena dilengkapi video yang dikemas animasi menarik, beragam soal yang mengasah kemampuan, dan didampingi Master Teacher terbaik.

    Suka

  2. Ada Ruangguru Pets dan adventure. Seru amat belajar online kayak gini ya mbak. Tentunya sangat membantu anak2 yang sejak pandemi mengalami kesulitan memahami beberapa mata pelajaran. Mambantu meningkatkan nilai nih 🙂 Menarik cara pembelajarannya dan ada bank soal yang bisa dikerjakan 😀 TFS 🙂

    Suka

  3. Sekarang mau belajar makin dipermudah ya, banyak platform online belajar yang bagus, salah satunya Ruangbelajar ini

    Kalo dibaca-baca, fiturnya lengkap dan okee banget. Besok mau kasih tau ponakan yang masih SMP, biar belajarnya maksimal di rumah

    Suka

  4. setuju , keren banget ruangbelajar

    sepupu saya sangat terbantu karena semakin naik jenjang semakin sulit pelajaran yang diperoleh siswa

    Suka

  5. Ruang Guru memang saya akui keren dan efektif sebagai aplikasi pembelajaran anak-anak sekolahan, lengkap pula materinya. Kalau anak-anak masih kecil jadi mudah gitu diajarinnya karena dibantu oleh aplikasinya.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.