Ciri-Ciri Hamil Muda Yang Harus Diketahui Calon Ibu


Kehamilan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Walaupun untuk sekarang ini, tidak semua pasangan yang terikat dalam pernikahan mewajibkan kehadiran anak dalam rumah tangga mereka.

Namun walau begitu, bagi seorang calon ibu wajib hukumnya mengetahui ciri-ciri hamil muda, apalagi di minggu pertama.

Hal itu bertujuan agar salah satu momen istimewa bagi seorang wanita itu tidak terlewatkan begitu saja.

Atau, saat mengetahui ciri tersebut juga dapat membuat keputusan dengan pasangan, mau melanjutkan untuk hamil atau tidak. Sebab, kondisi saat itu tubuh baru mempersiapkan diri untuk hamil.

ciri ciri hamil muda 1 minggu pertama
Jangan lupa abadikan momen hamil muda dengan sebingkai foto

Hamil Harus Dipersiapkan

Saya dulu menikah sudah termasuk kategori usia perempuan yang sangat dewasa. Awalnya saya tidak ingin hamil, tapi setelah dibujuk sama pasangan dengan mengatakan, apa saya tidak ingin merasakan proses menjadi seorang wanita dan seorang ibu. Saya akhirnya luluh.

Saya mulai mempersiapkan diri untuk hamil. Waktu itu saya masih sebagai wanita bekerja. Karena mental sudah dipersiapkan untuk hamil, selama hamil aktivitas saya tetap berjalan seperti hari-hari sebelumnya.

Karena kehamilnya memang sudah direncanakan, saya juga mengetahui setiap perubahan tubuh yang terjadi.

Setelah telat datang bulan, sempat flek, menunggu beberapa hari, kemudian baru memastikan dengan uji test pack. Setelah yakin positif, baru saya dan pasangan mengunjungi dokter kandungan.

Menurut ilmu kebidanan, jika seorang wanita sudah terlambat haid dari jadwal normalnya, dapat dikatakan itu merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda minggu pertama.

Tentunya Anda bertanya, memangnya tanda-tanda hamil muda sekitar satu minggu sudah bisa dirasakan atau dideteksi?

Ciri-ciri hamil muda satu minggu memang sulit untuk dikenali oleh seorang wanita karena jarang disadari. Karena hal itu juga yang membuat gejala yang ditunjukkan tubuh saat hamil muda satu minggu itu hampir mirip dengan gejala PMS (Premenstrual Syndrome).

Umumnya wanita baru menyadari dan mengenali tanda kehamilan setelah memasuki usia 4 mingguan.

Itu juga alasan dari dokter kandungan atau bidan menghitung kehamilan dimulai dari hari pertama haid (menstruasi) terakhir. Sebab tidak mungkin menentukan secara pasti hari pembuahan terjadi. Hanya bisa diperkirakan.

Pembuahan umumnya terjadi pada masa subur, waktunya sekitar 2 minggu setelah ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur atau ovarium).

Ciri-Ciri Hamil Muda Satu Minggu

Sebenarnya pada usia kehamilan satu minggu belum ada janin yang tumbuh. Tahap ini merupakan tahap awal sebelum fertilisasi (bersatunya sel sperma dan sel ovum untuk membentuk organisme baru yang sejenis).

Pada tahap ini sebenarnya tubuh sedang bersiap untuk hamil.

Itulah sebabnya tanda yang muncul mirip dengan gejala seperti mau datang bulan (menstruasi). Tanda yang muncul ini bisa bertahan selama tiga hingga tujuh hari. Efek yang dirasakan tubuh berbeda pada setiap wanita.

Beberapa tanda umum yang muncul saat hamil muda pada calon ibu, diantaranya:

  1. Sering Buang Air kecil

Saya termasuk yang merasakan tanda-tanda ini sebelum hamil. Setelah berhubungan terakhir, saya jadi sering buang air kecil. Sepertinya kandung kemih terasa penuh terus, padahal asupan makan dan minuman biasa saja.

Baca juga: Gejala Infeksi Saluran Kemih.

  1. Perut Begah

Perut terasa begah, kembung yang bukan disebabkan kebanyakan makan. Hal ini ternyata karena kadar hormon progesteron dalam tubuh mengalami peningkatan.

Kenaikan hormon progesteron dapat melemaskan otot di sepanjang saluran pencernaan. Akibatnya, metabolisme di dalam saluran pencernaan menjadi lebih lambat dari biasanya. Perut lebih mudah terasa begah.

Selain itu, rasa tidak nyaman pada perut ini juga karena proses penempelan embrio ke dalam dinding rahim yang disebut juga dengan implantasi.

  1. Mengalami Flek

Saya juga sempat mengalami flek yang berwarna cokelat kemerahan. Awalnya saya kira mau haid, tapi hanya sedikit, berupa bercak-bercak dan tidak berlanjut.

Ternyata menurut ahli kandungan, flek cokelat ini juga merupakan ciri-ciri hamil muda minggu pertama. Flek ini terjadi karena pendarahan implantasi. Pendarahan implantasi ini muncul dari hubungan seksual 10 hari sebelumnya.

  1. Payudara Terasa Lebih Padat

Hampir mirip dengan tanda PMS, payudara pada awal hamil muda juga terasa lebih penuh, padat, dan lebih berat dari biasanya. Akan tetapi pada tanda PMS, perubahan payudara ini akan menghilang setelah selesai menstruasi.

Tapi perubahan payudara pada ciri ciri hamil muda pada minggu pertama juga diikuti oleh area di sekitar puting susu (areola) yang jadi lebih gelap. Terkadang juga terasa sedikit gatal.

  1. Morning Sickness

Morning sickness adalah mual atau muntah yang terjadi saat hamil. Walaupun dikenal dengan morning sickness, kondisi seperti ini tidak hanya terjadi pada pagi hari, terkadang terjadi pada siang, sore, dan bahkan malam hari.

Waktu saya dulu hamil, yang jadi pemicu morning sickness adalah saat gosok gigi. Tapi masih bisa saya kira-kira, hanya sampai mual saja, tidak sampai muntah.

Calon ibu, selain yang di atas, ada juga ciri ciri hamil muda lain yang ditunjukkan tubuh karena perubahan hormon setelah pembuahan, di antaranya badan mudah lelah, mood swing, dan juga lebih sensitif.

Setelah mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda hamil muda pada minggu pertama, selanjutnya apa?

Tentu saja mempersiapkan diri dengan pola hidup sehat, agar kehamilan yang diharapkan segera terjadi dan dapat dijalani dengan sehat.

Berikut pola hidup sehat yang dapat dilakukan setelah merasakan ciri ciri hamil muda:

  • Makan dan Minum Sehat

Begitu tubuh menunjukkan tanda bersiap untuk hamil, perut akan terasa lebih lapar dan nafsu makan meningkat dari biasanya. Sebaiknya ikuti dengan makan sehat yang terdiri dari sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lauk pauk bebas merkuri.

Hindari makan sate yang dagingnya tidak dimasak sempurna.

Kurangi minuman yang mengandung kafein, jauhi diri dari tembakau dan polutan lain. Cukupi kebutuhan air 8 hingga 11 gelas dalam sehari. Tidak harus air putih, tapi bisa ditambah dengan jus buah atau jus sayuran.

  • Berolahraga Ringan Secara Teratur

Bersiap hamil bukan berarti hanya rebahan, tapi harus tetap rutin melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Olahraga ini bukan hanya baik untuk melewati masa kehamilan, tapi juga membantu proses persalinan nantinya.

  • Minum Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal yang diminum harus berdasarkan rekomendasi dokter kandungan. Vitamin ini berguna untuk mencegah cacat lahir tabung saraf.

Vitamin prenatal biasanya mengandung asam folat serta bahan lain yang baik untuk perkembangan janin, seperti kalsium, zat besi, dan vitamin D.

Wanita calon ibu yang berencana hamil harus mulai mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari.

Vitamin prenatal ini mulai diminum setidaknya satu bulan sebelum berencana hamil, atau mulai minum setelah tubuh merasakan ciri-ciri hamil muda seperti di atas.

  • Kurangi Stres

Karena perubahan hormon, suasana hati mudah naik turun, ini akan membuat calon ibu menjadi mudah stres. Untuk mengurangi hal tersebut calon ibu harus mengantisipasi dengan me time yang membuat suasana hati bahagia.

Agar momen bahagia selama menikmati proses menjalani kehamilan awal berjalan lancar, jangan lupa di dalam ponsel calon ibu sudah terinstal aplikasi Halodoc. Aplikasi yang dapat mendekatkan calon ibu dengan dokter untuk mendiskusikan kehamilan kapan dan di mana saja. Diskusi bisa dilakukan melalui video atau voice call dan juga chat.

Selamat mempersiapkan diri menjadi calon ibu ya temans YSalma.

Salam – Jejak mata, rasa dan pikiran 🙂 .

37 comments

  1. Ibu2 muda kudu baca artikel ini niihh.
    soalnya banyak yg ngga aware seputar tanda2 kehamilan, mba
    apalagi yg usianya masih 22++, itu kan jarang bisa sensitif dgn tanda2 hamidun. akibatnya masih aja kelayapan, trus ikut olahraga yg memacu adrenalin, hadehhh

    Suka

  2. udah lupa bagaimana ciri2 tsb krn trkhir mengandung adalah 8 thn lalu, cmn hal yg menyebalkan bagi saya adalah morning sickness nya hmmmm mual2 bikin bete

    Suka

  3. saya termasuk salah satu yang tau hamilnya telat, malah kecapean karena liburan ke Singapore dan jalan kesana kemari 😦 nyaris keguguran pas tau lagi hamil muda, tp untungnya Tuhan lindungi saya dan bayi hehee sekarang anaknya udah 8 tahun usianya

    Suka

    • Iya, kalau yg aktif kadang ga ngeh kalau udah telat lumayan lama.
      Pengalaman hamil yg tak terlupa berarti ya, mba. Apalagi kalau melihat tingkah anak 8 tahun itu sekarang.

      Suka

  4. Dulu aku juga mengalami tanda2 seperti ini mbak waktu hamil. Awalnya tidak menyadari, begitu cek ke dokter ternyata sudah positif langsung dek besoknya mulai mengalami morning sickness…emang beberapa tanda ini harus disadari oleh ibu muda yang ingin segera memiliki momongan ya, agar sadar diri dan bisa menjaga kehamilannya sebaik mungkin.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.