Menanam Jeruk Purut Untuk Mendapatkan Kesegaran Aromanya


Menanam Jeruk Purut Untuk Mendapatkan Kesegaran Aromanya, saya lakukan beberapa waktu lalu. Belum berbuah, tetapi daunnya sudah sering dimanfaatkan sebagai salah satu rempah masakan.

Sebelumnya, di bagian bumbu di dapur, saya selalu menyimpan daun jeruk purut yang sudah kering. Sayang daun jeruk purut yang kering aromanya kurang mantap pada masakan. Atau saat daun jeruk purut ini diperlukan, dan harus ada, suka lupa membelinya. Akhirnya saya memutuskan untuk menanam jeruk purut ini di pot.

Daun Jeruk Purut tinggal beberapa, saking seringnnya di potek untuk rempah masakan :)

Daun Jeruk Purut tinggal beberapa, saking seringnnya di potek untuk rempah masakan πŸ™‚

Saat membeli bibit jeruk purut ini di penjual tanaman, saya sempat kebingungan. Secara dimata saya yang awam, daun jeruk itu semua sama. Untuk membedakannya dengan daun jeruk yang lain, daunnya harus saya potek dan cium dulu. Kan ribet, penjual tanaman membrikan tips, daun jeruk purut itu mirip dengan angka 8 πŸ™‚ .

Dalam masakan Padang, daun jeruk purut ini digunakan sebagai rempah untuk memberikan cita rasa khas.

Salah duanya untuk bumbu rendang, juga untuk memasak daging yang di olah gule. Untuk membuat lotek daun jeruk purut ini juga wajib ada.

Kalau masak sehari-hari saya sering memasukkan daun jeruk purut pada olahan ayam kecap ala rumahan *versi saya tentunya* . Daun jeruk purutnya disobek-sobek dulu sebelum dimasukkan ke dalam olahan makanan.

Dalam empat olahan masakan tersebut diatas, kalau daun jeruk purutnya tidak ada atau kurang, nikmat dari cita rasa masakan akan berkurang.

Buah jeruk purut berukuran kecil dan imut, mempunyai permukaan kulit agak benjol-benjol, kulitnya agak tebal.

Perasan airnya sering ditambahkan pada makanan siomay. Bau amis ikan dan ayam sebagai bahan utama siomay hilang dengan tambahan beberapa tetes air jeruk purut ini. Malahan aroma khasnya yang menyeruak sering menerbitkan air liur untuk segera mencicipi siomay tersebut.

Tanaman jeruk purut ini ternyata asli rempah Indonesia walau tidak endemik. Penjelasan lengkap tentang jeruk purut sebagai rempah asli Indonesia baca link tulisan tersebut di blog Alamendah.

Dengan menanam jeruk purut di pot, saya tak perlu kuatir lupa lagi. Saat di perlukan segar, saya tinggal memetiknya πŸ™‚ . Kadang saat tangan masih berbau amis, walau sudah dicuci menggunakan sabun. Saya memanfaatkan daun jeruk purut ini untuk menghilangkannya, tinggal petik, kemudian meremas-remasnya dalam genggaman. Bau tangan yangΒ  amis berganti dengan aroma jeruk purut yang khas itu.

Bagaimana denganmu sobat, punya tanaman jeruk purut juga? Sering memanfaatkan daun jeruk purut ini untuk apa sajakah?

Iklan