Ceritaku Memasang WordAds di Blog


Ceritaku Memasang WordAds di Blog hanyalah sebuah catatan bagi saya, dalam perjalanan blog ini. Jadi, bagi yang sudah duluan menjadi keluarga wordAds wordpress, dipersilahkan untuk senyum-senyum.

Apa Itu WordAds?

WordAds (WA) adalah program iklan resmi dari WordPress yang dipasang di blog berplatform wp yang sudah disetujui, kemudian hasil iklan tersebut akan di sharing dengan blog bersangkutan.

Jika blog yang belum tergabung dengan WA, iklan yang bekerjasama dengan wordpress tetap tampil di personal blog tersebut, akan tetapi, hasil dari iklan tersebut sepenuhnya untuk WP, untuk operasional mengelola dan memberikan layanan platform yang ditumpangi untuk ngeblog.

Cerita Ikutan Melamar (Mendaftar) WordAds.

Saya selalu senang melihat blog teman-teman yang ada iklannya, kayaknya keren. Dalam pikiran saya, sudah pasti mereka itu mempunyai nilai tambah.
Karena, tidak semua blog mempunyai kesempatan untuk itu. Itu bisa dijadikan penyemangat untuk terus menulis, kan dapat bonus dari hasil menulis lewat iklan yang tayang di blog.

Tetapi, saya suka iklan yang ditempatkan pada area yang tidak menganggu kita untuk membaca tulisan di blog tersebut.

Saya kurang begitu suka jika berkunjung ke blog, tetapi semua layar monitor kita dipenuhi iklan, dan harus klak-klik dulu agar bisa membaca postingannya.Mana udah capek-capek ngeklik, begitu postingannya terpampang, tulisan tak sesuai harapan yang kita cari, hiks.

Ketinggalan Banyak Karena Hiatus Lama.

Selama hiatus, blog gratisan saya ternyata sudah dipasang iklan oleh wordpress yang ditampilkan sewaktu-waktu. Itu merupakan sebuah kebijakan dari WP sendiri. Hasilnya dipakai untuk operasional WP, yo ditrimo aja lah, wong kita numpang.

Berkunjung ke blog teman-teman, banyak blog yangΒ  sudah mempunyai subdomain sendiri. Dan ada beberapa yang sudah terpasang iklan.
Wuih, keren bener, saya pengen juga dong.

Dengan pemikiran bahwa blog gratisan saya sudah ditempelin iklan sama WP, berarti blog saya juga layak untuk diajukan. Asyik, lumayan dapat tambahan buat beli pulsa *pemikiran naif emak-emak*Β  πŸ˜‰ .

Sebelum melamar (mendaftar) ke WA, saya pun mencari tahu, bagaimana cara nya supaya blog ini bisa di pasang WordAds, ternyata syarat yang harus dipenuhi adalah:

  • Blog harus mempunyai subdomain sendiri. Biayanya sekitar US$ 18 /tahun.
  • Kemudian mengirim permohonan untuk memasang Ads di blog. Ngirimnya dipengaturan dasbord, bagian blog-ads control. Akan dibalas lewat email, kalau permohonan kita sudah diterima. Tetapi, team perlu waktu untuk mengevaluasi blog kita. Itu bisa sebentar dan bisa berminggu-minggu.

Dari browsing, baca-baca, dan tanya teman, ternyata ada blog yang disetujui kurang dari 24 jam, tetapi itu yang traffic blognya sudah tinggi.

Saya yang baru balik dari hiatus panjang tanggal 5 Januari 2014, traffic blognya masih sangat kecil. 2 bulan kemudian baru bisa memakai subdomain sendiri, tepatnya pada tanggal 7 Maret 2014.

Secara begitu penasarannya, saya pun langsung daftar WordAds dengan posisi Alexa di angka 2juta-an, hiks. *emak-emak pejuang πŸ˜† *.

Setelah menunggu 1 bulan, belum dapat kabar. Tanggal 8 April saya berkirim email di contac us-nya wp, menanyakan alasan kenapa blog saya belum disetujui untuk dipasang WA.

Ternyata, langsung dibalas siangnya waktu mereka, tengah malam WIB. Memberitahukan kalau blog ini sudah disetujui untuk dipasang Ads, saya hanya tinggal ke pengaturan di dasbor blog.

Saya baru mengecek email balasan ini paginya, sebelum jalan nyoblos untuk memilih pemimpin baru dan menitipkan harapan baru, saya buka blog dulu, ke dasbor blog, pilih pengaturan, wordads, contreng show additional ad units.
Beres.
Blog saya dipajang iklan πŸ™‚ .

YSalma WordsAds

Oiya, ketika WA disetujui, traffic blog saya belum tinggi-tinggi amat. Alexa masih berada di angka 1,3jt an, dan posisi blog di Indonesia pada angka 14,5rb-an. Belum lagi isi postingan blog hanyalah hal-hal kecil keseharian saya, yang bermimpi bisa menghasilkan sesuatu yang besar *halah* πŸ™‚ .

Jadi, untuk teman-teman yang blog dengan traffic tinggi, kenapa ga dipasang Ad aja. Kalau teman-teman ga membutuhkan uangnya yang ga seberapa itu, bisa disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan *sok bijak* :mrgreen: .

Menulis, memang menyalurkan hobi lewat berbagi cerita, bisa mendapatkan tambahan, bisa digunakan untuk membantu sesama, kenapa enggak?.

Demikian ceritaku tentang memasang WA, semoga bisa mencerahkan teman-teman dengan traffic tinggi.

Ku nanti cerita teman-teman yang mau menyusul memasang wordads di blognya masing-masing πŸ™‚ .

Iklan