Cerita Wanita Cabe-Cabean


Cerita wanita cabe-cabean atau cewek cabe-cabean lagi heboh di bicarakan akhir-akhir ini. Saya yang sudah termasuk dalam kategori wanita dewasa (umurnya), awalnya mengira istilah cabe-cabean itu sebuah perumpamaan yang mengandung arti positif.  Seperti photo cabe rawit berikut tanpa photo cewek seksinya :mrgreen: .

Cerita Wanita Cabe-Cabean

Beberapa waktu lalu saat memindahkan remot tv saya sempat mendengar candaan, ‘lo tuh cewek cabe-cabean’, trus yang lain pada tertawa ngakak. Karena gak tertarik dengan acara tersebut saya lewati aja.

Dalam pikiran saya saat itu pengertian cewek cabe-cabean itu adalah seorang wanita dewasa, wanita muda, atau cewek abg yang energik, bersemangat, berpenampilan menarik dan seksi. Tapi memberikan pengaruh luar biasa kepada sekitarnya. Ya, seperti sifat cabelah. Mempengaruhi rasa makanan, berwarna segar, kecil, tetapi mempunyai rasa pedas. Kadang harganya membuat menjerit ibu-ibu. Tetapi selalu dicari karena kebutuhan.

Kebetulan, kemaren ada sebuah tv berita juga membahas fenomena cewek cabe-cabean ini. Selintas kok pembahasannya seperti memprihatinkan pergaulan remaja. Jadi apa maksudnya cerita cabe-cabean ini sebenarnya?.

Wanita dewasa yang penasaran ini ga mungkin nonton saat itu. Secara yang megang remot  tv anaknya.  Mereka lagi mindahin chanel tv lagi nyari-nyari film kartun kesukaannya. Ntar kalau ditanya-tanya sama mereka tentang maksud dari cewek cabe-cabean, kan berabe. Emaknya kan ga bisa menjelaskan, wong emaknya sepertinya juga salah paham dengan cabe-cabean ini.

Akhirnya saya bertanya ke mbah google apa maksud cabe-cabean ini. Alah mak, ternyata pemahaman saya jauh beda dengan yang lagi di hebohkan.

Cewek cabe-cabean yang lagi heboh ternyata bermakna negatif. Katanya istilah  untuk anak perempuan (13-16 tahun), cewek alay, yang gampangan, bisa diapa-apain. Duh, padahal masih pada belia, masih umur pelajar.

Harusnya mereka menikmati masa-masa menjadi anak SMP dan anak SMA. Alay atau apapun istilahnya dengan deretan prestasi dan kepedulian positif, padahal lebih sesuatu ya 😉 .

Begitulah cerita saya yang seorang wanita dewasa tentang cabe-cabean. Bagaimana dengan sahabat, pernah salah pengertian juga 😕

Iklan

29 comments

  1. saya baru tahu ternyata artinya begitu.
    saya dan suami selama ini saling berpandangan aja klo dengar istilah cabe-cabean di tivi, saling mencari tahu apa artinya.

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Ysalma…

    Saya awalnya membaca tulisan mbak juga beranggapan positif yang maksudnya bersemangat dan cergas, aktif ya. Kerana kita faham maksud cabe (cabik, kalau sebutan di tempat saya) itu adalah pedas dan ber’api’. Ternyata jauh sekali dari apa yang dibayangkan.

    Semakin maju manusia, istilahnya semakin “panas” juga ya. Malah pengertiannya tidak bisa ditangkap dengan hanya melihat perkataan sahaja tanpa memahami yang tersirat.

    Semoga anak-anak kita terlindung dari hal yang menyayat hati ini. Wa’iyyazubillahi dzaalik.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 😀

  3. Wakakaa… bahaya tuh kalo dah main cabe-cabean… kudu discreening ulang apa saja yang sudah diketahui, biar nggak salah arah

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.