Tips Mengatasi Diare


Tips Mengatasi Diare mau di share. Setelah merasakan bagaimana tidak enaknya diare. Perut mules, karena terlalu banyak mengeluarkan cairan, badan jadi lemas, ini yang mengalami dua orang yang sudah dewasa, ga terbayangkan kalau yang mengalaminya balita, atau anak-anak yang lagi happy dan lincah-lincahnya 😥
Ceritanya tiga hari yang lalu,,,  salah satu menunya adalah sayur asem ditemenin sama sambal goreng terasi..
Biasanya saya yang orang Sumatera bagian Barat ini hanya mau mengolah yang namanya sambel, tidak berani mencobanya, karena bahan dasarnya cabe rawit, pedesnya bisa bikin telinga saya, eng- ing- eng alias berdengung (buat yang tidak terbiasa, kalau  ga percaya, silakeun dicoba makan cabe rawitnya yang banyak 😛 ).
Malemnya saya sudah merasa perut ga enak. Tapi masih mikir ahhh,, paling ga enaknya karena sudah dekat hari H-nya aja 🙂
Esok hari salah satu menunya oseng-oseng cenil, yang ternyata rawitnya juga kebablasan,,, teman saya makan sih bilang,,,  maknyus,,,
Tapi,, sorenya dia yang biasanya sangat bersahabat dengan rawit akhirnya ikut mule-mules juga, jadilah dua orang dewasa sehat terserang diare…
Langkah mengantisipasinya,, tanya ke mbah gugel tentang diare ini,, sama ga yaa, sama resep yang didengar dari orangtua dulu 😕
Diare adalah suatu kondisi dimana seseorang buang air besar berkali-kali melebihi batas normal, feses yang keluar berupa cairan encer atau kental disertai  angin dari dalam perut.
Pertolongan pertama atau tips mengatasi diare yang dilakukan sendiri dalam mengatasi diare adalah :
  • Minum air putih yang banyak. Karena diare membuat sering BAB dan mengeluarkan banyak cairan, untuk menggantinya minum satu sampai dua gelas air putih/mineral. Bisa juga minum oralit yang merupakan larutan  gula garam untuk membantu pembentukan energi dan menahan diare. Bisa juga minum teh kental, maksudnya larutan teh tanpa gula, kalau pakai teh celup, tiga kantong teh celup untuk segelas air, kalau memakai teh seduh, satu sendok teh diseduh untuk mendapatkan segelas teh kental.
  • Hindari dulu makan makanan yang mengandung banyak serat.
  • Istirahat yang cukup. Diare membuat badan lemas, pusing, solusi terbaik untuk ini adalah istirahat.
Setelah langkah-langkah tersebut diatas, kondisinya  mendingan.
Tetapi kalau anda yang mencari-cari tips ini ga manjur, cepat konsultasikan ke dokter langganan anda 🙂 .
Beraktifitas dalam kondisi sehat adalah anugrah yang sangat luar biasa…
(ini adalah postingan diblog coba-coba sebelumnya, yang sedikit diedit ulang, mau taksimpen disini aja 😛 )
Iklan

50 comments

  1. pucuk daun jambu biji muda, makan mentah2 kalo gak kuat ya direbus, kalo nggak enak, ya… juice jambu aja… 😉

    Nahh.. ini juga obat leluhur nih 😀

  2. Penyakit yang bikin saya gak tahan ya si diare ini. Soalnya saya paling gampang diare, hiks.
    Oh jadi klo pake teh celup musti 3 kantong ya. Saya pake 1 aja kemarin, pantas kurang mempan… 🙂

    diare yang postingan ini,, agak parah mbak,,
    yang masuk, keluar lagi, tapi diimbangi sama air putih ^^.

  3. Kalau aku biasanya pas diare aku makannya dikit banget, jadi nggak ada makanan yang dicerna jadi nggak bocor terus.

    makan hanya untuk syarat minum obat diare (itupun dikit banget)

    kalo cara ini baru tau,, sedikit tapi bagus untuk energi yak 😕

  4. Setuju banget! Yang penting output dan intake-nya seimbang aja.
    Tapi kalau pake acara muntah2 segala, bakalan susah minum tuh. Saya tungguin di UGD aja, ntar saya pasangin infus, hehe… :mrgreen:

    malu Kin,, masuk UGD karena diare :mrgreen:

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.