Pergedel Jagung


Jagung termasuk bahan makanan favoritnya ysalma. Secara emak-emak maka semua keluargaย  ikut ketularan suka juga sama yang namanya menu berbahan jagung ini :mrgreen:.

Jagung mau di rebus, dibakar, jagung di olah menjadi popcorn, jagung rebus di campurkan ke salad, jagung dicampur ke sayur asem, ataupun jagung jadi bahan utama kolak bersama pisang, dibuat pergedel, semua suka.

Tak heran jika jagung termasuk juga menu andalan, selain pisang untuk junior kalo lagi ngadat makan.

Caranya: jagung manis di rebus, dipipil, tarok dimangkok, kasih mayonaise, dinginkan di kulkas. Siap disantap sikecil setelah pulang dari aktifitasnya (bermain). Tips menu murah, Praktis dan tetap sehat.

Pilihan kedua, diolah menjadi pergedel jagung atau perkedel jagung. Buat teman-teman yang suka ngemil gorengan, boleh dipraktekkan, mudah, murah dan sehat (MMS) pastinya, daripada jajan gorengan sembarangan.

Bahan Pergedel Jagung atau Perkedel Jagung :

  • 2ย  tongkol jagung manis
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang daun bawang, rajang kecil-kecil
  • 1 batang daun seledri, rajang kecil-kecil
  • tepung terigu (4-5 sendok makan)
  • garam secukupnya
  • merica bubuk 1/2 sendok teh
  • gula pasir secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara mengolah pergedel jagung atau perkedel jagung :

  • Cuci bersih jagung, pipil dari tongkolnya/serut dengan pisau. Haluskan sedikit dengan ulekan, tarok dimangkok, masukkan garam, gula, merica, daun bawang, daun seledri, telur. Aduk sampai tercampur kemudian baru tambahkan tepung. Aduk rata kembali. Siapkan minyak untuk menggoreng, masukkan 1 sendok makan- 1 sendok makan, goreng sampai berwarna kuning keemasan, angkat.. Pergedel jagung siap untuk disantap dengan rawit atau sambal botolan, pilih sesuai selera.

Adonan Pergedel/perkedel Jagung
photo Pergedel/perkedel Jagung

Selamat membuat pergedel atau perkedel jagung dan berkreasi dengan jagung dan olahannya ๐Ÿ˜€

Iklan

22 comments

  1. ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
    ——

    Wah, pergedel jagung?
    Saya suka sekali mbak, tap resepnya agak beda sama cara ibu saya…

    Oh ya mba? emg pakenya jagung manis ya? bukannya yg baisa?
    saya baru tahu.serius.nanti coba tny ibu lg wis..kalau pengin..hehehe
    ——

    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…

    Jagung biasa kayaknya kurang sip,,

  2. Salam Sahabat Common Cyber
    —————————————

    Mbak Salma, pergedel jagung seringnya buat makan cemilan ya mbak?
    Kalau saya kyknya gak pernah buat cemilan atau dimakan sedniri mba.
    Kyknya lebih sering dijadikan kekasih waktu melahap nasi+sayur lodeh dan sambal

    Hahaha

    Jagung kan termasuk sumber karbohidrat juga mas, di gabung lagi sama nasi,, double dong ๐Ÿ˜€

  3. Ah, mulai lagi, soal makanan yang enyakkk..enyakkk..enyakkkk.. bikin ngiler nih mbakkkkkkkk… hiks.. ๐Ÿ˜ฆ

    ayo, buruan di pack trus kirim kemari..!! heheh…
    trims resep sehatnya ya mbak..
    salam buat juniormu yang montok.. mmuahh..mmuahh

    • eh mbak, blogmu ku link di tempatku ya.. trims.. ๐Ÿ™‚

      Ternyata kita juga lagi sehati,, aku juga baru mau akan, tapi niatnya ga pakai ijin dulu,, secara udah bolak balik berkunjung gitu,, cuma suka lupa ๐Ÿ˜€

  4. belum pernah nyobain yg satu ini…tapi kalau jagung manis bakar sering banget, sambil nongkrong di pinggir jalan… ๐Ÿ˜€

    ditengah udara dingin,, mantep banget ๐Ÿ™‚

  5. Ngikut2 mba Advertiya, mbak Izin link blog mba sudah saya amankan di URL khusus Catatan Bumi.
    Hehehhe..

    Common Cyber, ya ngikut juga
    C bersaudara, CB dan CC

    Sip,, segera ditindak lanjuti CB dan CC..

  6. jadi ingat waktu kecil dulu mbak, suka dibikinin pergedel jagung sama emak . Tapi sekarang sudah besar sukanya jadi jagung bakar.. ^_^

    jagung bakar juga maknyuss,, tapi beli, malesh mbakar2nya ^^.

  7. Heehe, tak kirain aku bakalan dapat kiriman pergedel jagung.
    OOT, aku sering salah sebut, pergedel = perkedel.

    tenang om,, lagi dilist daftar kirimannya,,
    kadang emang suka yang bilang perkedel tapi benda yang dimaksud sama,,
    lain lubuk lain ikannya berarti om,, walau sama ikan air tawar,, apa cob ini.. ๐Ÿ˜€

    • Hahaha…mau pergedel atau perkedel tetap saja isinya jagung dan maknyus rasanya (nasib, lidah kampungku kumat ๐Ÿ˜ฆ )

      untuk memenuhi lidah kampung yang original itu, sekarang mahal om ๐Ÿ˜ฆ

  8. kalo pas gurih gitu suka banget sama perkedelnya…

    sama kita mbah,, saya juga suka,, makanya bela2in buat sendiri tuh pergedel,,
    soale di sekitar tempat tinggal ga ada yang jual ๐Ÿ˜€

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.