Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan


Belimbing untuk kesehatan dan kecantikan sepertinya buah murah dengan paket komplit yang sangat dibutuhkan seorang wanita ya. Saya termasuk penyuka buah belimbing *penyuka segala buah tepatnya*. Mau yang sudah matang atau pun masih muda, semuanya hayuk aja.

Saya menyukai buah ini bukan karena dari dulu sudah tahu manfaatnya, tapi karena rasa ingin mencicipinya belum terpuaskan. Belum lagi kalau melihat ini buah sudah matang, kayaknya udah berasa segar, liur udah keluar duluan sebelum mengunyahnya *lebay*.

Berhubung waktu kecil di rumah orang tua tidak mempunyai pohon belimbing ini, mana yang jual juga jarang pula. Ada sih yang punya pohonnya, hanya saja adanya di beberapa halaman rumah, dijaga ketat sama yang punya *yaiyalah, menghindari tangan-tangan jahil memetiknya 😳 *.

Pernah juga kos di rumah yang punya beberapa pohon belimbing yang selalu berbuah banyak, tapi, itu buah ga boleh diicip gratis, secara dijual oleh yang punya pohon 😛 .

Dahaga saya akan buah belimbing belum terpuaskan *halah*

Setelah tinggal di rumah sendiri, akhirnya saya membeli bibit belimbing terbaik dan menanamnya. Semenjak mulai berbuah, itu pohon ga berhenti berbuah. Bahkan sampai jatuh berserakan. Tetangga juga sampai bosan karena ditawarkan untuk metik si buah belimbing ini 😆

Ternyata, rasa ngiler itu datang berlebihan karena kita merasa tidak leluasa mendapatkannya. Begitu sudah punya , malah kerakusan itu hilang dengan sendirinya. Silahkan ngebayangin orang yang punya kebun belimbing, tapi bosan dengan rasa belimbing. Kasihan 😆 .

Belimbing si Buah Bintang (Star Fruits)

Belimbing termasuk jenis buah-buahan tropis. Dikenal juga dengan buah bintang (star fruits) karena bentuknya yang bergelombang menyerupai bintang. Kalau sudah matang, warnanya berubah dari hijau menjadi kekuningan, rasanya manis dengan sedikit rasa asam dan termasuk buah yang mengandung banyak air, jadi sangat cocok dimakan pada saat udara panas. Bisa dimakan langsung, jadi buah rujak atau diolah menjadi jus.

Manfaat Belimbing untuk kesehatan :

Dari dulu, tepatnya semenjak ibu saya didiagnosa oleh dokter menginap tekanan darah tinggi. Saya pun mendengar bahwa belimbing adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk sering di konsumsi beliau. Ini juga salah satu alasan lain saat dulu memutuskan untuk menanam pohon belimbing.

Buah Belimbing itu dipercaya bisa untuk :

  • Menurunkun tekanan darah, makanya sering dikomsumsi sama mereka yang mengidap darah tinggi.
  • Mencegah dan mengobati sariawan, karena kaya akan Vitamin C.
  • Pelangsing alami, termasuk buah yang kaya serat juga, sangat baik untuk memperlancar urusan sembelit. Bagi kaum hawa yang ingin langsing alami, rajin-rajin aja mengkonsumsi si belimbing ini. Tapi tetap dalam batas yang wajar. Jangan sampai terjadi langsing enggak, mencret iya.

Jika temans termasuk yang malas mengunyah seperti junior saya, olahan belimbing menjadi jus bisa juga menjadi alternatif untuk menikmatinya. Tapi, memakan buah secara langsung jauh lebih baik, biar geraham juga bergerak. Hitung-hitung sekalian senam wajah sembari menikmati buah.

 

Buah diolah menjadi jus, selain mudah untuk meminumnya, juga bertujuan biar cepat diserap sama tubuh. Terutama setelah berolah raga, minum air mineral dan jus sangat disarankan .

Olahan Jus Belimbing yang pernah saya coba. Ini ditujukan agar anak saya semangat meminumnya. Para wanita yang ingin menjaga kesehatan, membuat jusnya ga perlu ditambah ini itu. Belimbing itu udah pas manis kok.

Bahan :

  • Belimbing berukuran besar 2 buah. Cuci bersih, potong-potong, buang bijinya.
  • Jeruk manis 1 buah. Diperas, ambil airnya.
  • Gula/Madu,secukupnya, pilih sesuai selera.
  • Sirup rasa cocopandan 2 sendok makan/sesuai selera.
  • Susu kental manis 2 sendok makan.
  • Es Batu secukupnya.

Cara : Blender semua bahan sampai halus.
Tips : Sajikan dalam keadaan dingin, pada cuaca panas

Belimbing dan Kecantikan Wajah.

Kalau wanita jaman dulu, tentunya sudah pada tahu kalau buah belimbing juga mempunyai manfaat untuk menjaga kecantikan wajah secara alami. Tapi wanita jaman modern, ga perlu repot-repot, semuanya sudah tersedia serba instan.

Manfaat belimbing yang paling dikenal adalah untuk mengurangi kadar minyak di wajah, mengecilkan pori-pori dan menyegarkan wajah.

Buah belimbing benar-benar sangat cocok bagi wanita aktif yang mempunyai kelenjer minyak sedikit berlebih di wajah.

Cara mendapatkan manfaat belimbing untuk menjaga kesehatan kulit wajah :

  • Pilih buah belimbing ukuran sedang, cuci bersih, potong tipis-tipis.
  • Tempelkan pada wajah yang banyak mengeluarkan minyak. Terutama daerah T
  • Diamkan lebih kurang 5 menit.
  • Bilas wajah dengan air bersih.

Sepertinya tak perlu biaya mahal dan waktu lama untuk menjaga kesehatan tubuh dan wajah ya.

Syaratnya, rawatlah diri sebelum sakit dan sebelum keriput menghampiri 😆 .

Banyak bahan-bahan yang mudah ditemui disekitar kita yang bisa dimanfaatkan. Yang penting mau melakukannya dan telaten. Badan sehat dan wajah cantik bebas minyak dengan buah belimbing pun bisa dijadikan pilihan.

Semoga bermanfaat.

Iklan