Ingin Jual Mobil Jepang? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya


Jual Mobil Jepang (cover) (freepik)
(Photo: Freepik)

Ingin menjual mobil yang sudah dipakai, mau itu mobil keluaran pabrikan Jepang atau yang lainnya, itu susah-susah mudah. Harus paham dulu atau mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Tujuannya, agar bisa melepas mobil kesayangan yang sudah menemanimu selama ini dengan perasaan lega. Tidak ada kata-kata ‘merasa rugi’ yang menyeruak hati.

Mobil Jepang Itu Termasuk Favorit Masyarakat

Kepopuleran mobil pabrikan Jepang di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Sehingga, enggak heran jika banyak dealer dan perorangan yang tertarik jual mobil Jepang, baik dalam kondisi baru ataupun bekas.

Pangsa pasar mobil jepang juga sangat besar di negara ini, terbukti dari harganya yang masih tinggi di pasaran. Bahkan, kepopuleran mobil buatan Jepang jauh melampaui mobil buatan benua Eropa dan Amerika.

Menurut data GAIKINDO pada tahun 2017 saja, mobil pabrikan Negeri Matahari Terbit telah menguasai pasar otomatif tanah air sebesar 97,99 persen, lho.

Kendati demikian, meski sangat terkenal dan diminati banyak orang mobil keluaran Jepang bukan tanpa celah, mobil-mobil negara tersebut juga memiliki beberapa kelemahan yang cukup mendasar.

Oleh sebab itu, untuk kamu yang ingin beli atau jual mobil Jepang, ada baiknya jika kamu ketahui terlebih kelebihan dan kekurangan mobil yang satu ini.

Kelebihan Mobil Pabrikan Jepang

Baik untuk kamu yang ingin beli ataupun jual mobil Jepang, mengetahui kelebihan dari mobil tersebut adalah sebuah keharusan. Jika hendak membelinya, kamu jadi tahu apa-apa saja keunggulan mobil ini.

Namun, apabila kamu ingin jual mobil tersebut, kelebihan ini dapat kamu jadikan sebagai senjata dalam memasarkan mobil tersebut kepada calon pembeli. Berikut info selengkapnya.

1. Harga Jual Mobil Jepang Lebih Murah

Baik membeli ataupun menjual, harga adalah faktor yang sangat menentukan pilihan kita terhadap sebuah mobil, dan hal inilah yang menjadi keunggulan mobil-mobil pabrikan Jepang.

Sudah jadi rahasia umum, bahwa mobil dari negara tersebut biasanya dibanderol dengan harga yang cukup murah, sebab mereka menargetkan pangsa pasar konsumen kelas menengah ke atas.

Berbeda dengan mobil keluaran Eropa dan Amerika yang menjadikan masyarakat kelas atas sebagai pangsa pasar terbesar mereka.

2. Konsumsi Bahan Bakar Lebih Irit

Hal ini juga berhubungan dengan target pasar yang dituju masing-masing produsen mobil. Sebab mobil keluaran Jepang menargetkan pangsa pasar menengah ke atas, jelas mobil keluaran negara ini lebih irit.

Pasalnya, masyarakat ekonomi menengah ke atas biasanya masih memperhitungkan faktor keiritan bahan bakar ketika membeli sebuah kendaraan.

Berbeda dengan mobil-mobil keluaran Eropa dan Amerika yang biasanya lebih boros konsumsi bahan bakar karena target pasar mereka yang lebih borjuis dan kelas atas.

3. Efisiensi dalam Membeli Kendaraan

Harga jual mobil Jepang yang lebih murah membuatnya lebih mengutamakan efisiensi dalam berkendara daripada sisi kemewahan. Berbeda dengan mobil Eropa yang terlihat lebih prestise dan berkelas.

Namun, bukan berarti model mobil keluaran Jepang jauh tertinggal dibandingkan mobil keluaran Eropa dan Amerika, lho. Di beberapa tipe mobil, desain mobil Jepang terlihat lebih futuristik daripada mobil Eropa.

Kedua perbedaan prinsip tersebutlah yang menjadikan mobil-mobil keluaran Jepang, Eropa, dan Amerika memiliki penggemarnya masing-masing.

4. Punya Kecocokan dengan Masyarakat Indonesia

Percaya atau tidak, mobil keluaran Jepang punya sense of belonging dengan masayarakat Indonesia. Pertama, sebagai negara berkembang harga jual mobil Jepang dirasa lebih pas untuk pangsa pasar di sini.

Selain itu, salah satu ciri khas mobil keluaran Jepang adalah bodi mobil tersebut biasanya lebih kecil daripada mobil-mobil keluaran Eropa dan Amerika.

Jangan heran, setiap negara tentu menyesuaikan kendaraan yang mereka produksi dengan masyarakat di negara tersebut. Oleh karena itulah, mobil-mobil keluaran Jepang lebih cocok untuk orang Indonesia.

Setelah membaca penjabaran di atas, kamu sekarang pahamkan mengapa mobil pabrikan Jepang lebih populer di tanah air dibandingkan mobil-mobil benua Eropa dan Amerika.

Kekurangan Mobil Pabrikan Jepang

Toyota Kijang (Wikipedia)
(Photo: Wikipedia)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meski mempunyai beberapa kelebihan, mobil pabrikan Jepang juga memiliki beberapa kekurangan yang cukup mendasar.

Kekurangan ini penting untuk diketahui, baik bagi pembeli ataupun kamu yang ingin jual mobil Jepang. Maka dari itu, tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut beberapa kekurangan mobil tersebut:

1. Memiliki Spesifikasi Standar

Tidak bisa dipungkiri, harga jual mobil Jepang yang murah sedikit banyak mempengaruhi spesifikasi yang tersemat pada mobil tersebut. Hal ini dilakukan demi menekan budget produksi mobil itu sendiri.

Misalnya saja material yang digunakan pada interior mobil keluaran Jepang. Secara kasat mata saja kita bisa melihat, bahwa material plastik yang digunakan cukup murah sehingga tampak kurang kokoh dan mewah.

2. Minim Fitur Tambahan

Memang, dibandingkan mobil Eropa dan Amerika, mobil pabrikan Jepang memiliki tipe dan varian yang lebih beragam. Namun, fitur yang tertera di dalamnya cenderung sama-sama saja.

Meskipun harga jual mobil Jepang tersebut cukup mahal, tetapi fitur yang tersemat di dalamnya secara umum tak jauh berbeda dengan tipe dan varian mobil dengan harga yang lebih rendah. Akan tetapi kalau dilihat dari tampilan fisik luar, perbedaan harga tidak mungkin juga berbohong.

3. Usia Pemakaian Pendek

Salah satu kelebihan mobil Jepang adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit, hal tersebut bisa terjadi karena material yang digunakan mobil tersebut lebih tipis dan ringan.

Namun, dengan menggunakan material tersebut usia pemakaian mobil Jepang jadi lebih pendek, sebab mudah keropos dan tidak kokoh. Rata-rata, usia pakai mobil Jepang hanya sampai sekitar 15 tahun saja.

Itu tadi beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mobil keluaran Jepang yang harus kamu ketahui. Akan tetapi, yang tertulis sebagai kekurangan ini, semua kembali pada pemakaian, perawatan, dan yang paling penting kebutuhan masing-masing.

Mudah-mudahan informasi ini bisa jadi bekalmu ketika membeli atau pada saat jual mobil Jepang.

Nah, ngomong-ngomong soal jual mobil Jepang, kamu bisa lho jual mobil Jepang secara cepat dengan harga yang tinggi. Mau tahu bagaimana caranya? Baca terus ulasan ini sampai selesai ya.

Cara Jual Mobil Jepang secara Cepat, Aman, dan Harga Tinggi

Untuk kamu yang berminat jual mobil Jepang, saya rekomendasikan untuk menjual mobil tersebut melalui situs jual beli mobil BeliMobilGue.co.id.

Mengapa harus BeliMobilGue.co.id? Sebab, hanya situs inilah yang mampu membantu kamu dalam menjual mobil bekas dalam waktu hanya 1 jam saja! Cepat sekali, bukan?

[Simak juga tulisan: Tempat Jual Mobil Bekas]

Pertama-tama, kamu harus masuk dulu ke situs BeliMobilGue.co.id, kemudian mengisi data informasi mobil pada kolom yang tersedia di halaman depan untuk mendapatkan kisaran harga jual mobil Jepang.

Setelah mendapatkan kisaran harga jual mobil Jepang tersebut. Kemudian, buatlah jadwal inspeksi di cabang BeliMobilGue.co.id yang tersebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia.

Inspeksi sendiri dilakukan dalam waktu 30 menit dan gratis. Tujuannya, untuk mendapatkan harga jual final mobil berdasarkan kondisi fisik terkini dari kendaraan tersebut.

Jika sudah selesai, harga jual final akan diberikan. Apabila kamu setuju dengan harga tersebut, mobilmu lantas akan dilelang kepada 1000 lebih partner bisnis yang dimiliki oleh BeliMobilGue.co.id.

Sama dengan inspeksi, waktu pelelangan juga dilakukan selama 30 menit. Hal ini dilakukan untuk mencari pembeli dengan harga tawar tertinggi atas mobil yang sedang dilelang.

Apabila sepakat dengan harga yang ditawarkan, uang akan ditransfer ke nomor rekening pribadimu. Sedangkan, serah terima dokumen akan dilakukan jika kamu telah mengkonfirmasi pembayaran dari pembeli.

Mudah sekali bukan, cara jual mobil Jepang melalui situs BeliMobilGue.co.id. Jika demikian, apa kamu berminat mencoba situs yang satu ini?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, khususnya kamu yang sedang perlu informasi. Semoga membantu dan selamat mencoba!

 

28 comments

  1. Sepakat.
    Segala sesuatunya memang punya kelebihan dan kekurangan, termasuk kendaraan. Mobil itu yg penting sesuai kebutuhan dan kantong2. Harga jual kembali jg lumayan bagus, mobil pabrikan jepang termasuk yg bersahabat itu.

    Disukai oleh 1 orang

    • Iya.
      Mobil dapat dan berfungsi baik kebutuhan keluarga ya.
      Jika mau ganti, harga jual kembali plus masa pemakaian sangat sesuai, apalagi jika melalui tempat jual mobil yg kredibel 🙂 .

      Suka

  2. Mobil Jepang itu keren-keren ya, selalu dicari orang, lebih awet katanya.
    Kalau ada tempat jual mobil yang terpercaya kayak gini kan asyik ya nyarinya.
    Bisa jual mobil dengan cepat dan harganya pun menarik dan menguntungkan 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  3. Kalo mendengar Jepang tuh Keren akan teknologinya. Btw jual beli mobil beneran kudu teliti ya, apalagi situsnya mesti terpercaya.

    Ahh ku kepoin BeliMobilGue.co.id siap tau kelak butuh.

    Disukai oleh 1 orang

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.