Mari Lengkapi Gravatarmu, Blogger.


Mari lengkapi gravatarmu adalah ajakan untuk blogger pemula, khususnya yang menggunakan platform wordpress. Hal ini didasarkan karena masih sangat banyak saya lihat para bloger yang belum sepenuhnya memanfaatkan akun Gravatar yang dimilikinya sebagai media untuk memberitahu ‘siapa’ dirinya alias sarana untuk mempromosikan blog yang dimilikinya.

Ketika Gravatarnya diklik, yang ada hanya foto diri dan alamat email.

Untuk saat ini, bagi kamu yang merasa blogger, informasi seperti itu masih kurang cukup agar orang lain mau mencari tahu lebih lanjut siapa kamu. Kecuali yang memang benar-benar penasaran sama kamu, dan ingin berinteraksi, mungkin mereka akan mengirimkan pertanyaan lewat email. Mana seru kepo seperti itu. Kecuali email yang masuk itu adalah tawaran kerjasama yang bersifat simbiosis mutualisme πŸ˜† .

Kan sayang tuh, niatnya mau saling berkenalan dengan ngelike postingan orang lain tanpa meninggalkan jejak komentar, tapi begitu gravatar yang ditinggalin diklik oleh yang empunya blog, yang kebetulan lagi iseng ingin melakukan kunjungan balik, ternyata ga ada informasi apa-apa disana 😦 .

https://en.gravatar.com/ysalma

Memang, ada sebagian bloger yang tidak mau berkunjung balik ke blog kamu hanya karena kamu sudah membomnya dengan like, tapi tanpa satu pun jejak komentar.

Blogger yang memegang prinsip seperti ini, umumnya berpendapat bahwa jejak like yang ditinggalkan tanpa komentar itu adalah jejak yang tak membaca tulisan yang diposting. Si pemberi like tidak niat untuk saling berinteraksi. Karena ngelike itu memang bisa dilakukan tanpa perlu membaca isi postingan sih.

Padahal, seperti yang diketahui, banyak juga bloger yang meninggalkan komen tanpa membaca postingan. Ini akan ketahuan kalau judul postingan sama isi postingan bertolak belakang. Misalnya, judul postingan tentang nostalgia bersama orang tercinta, isinya berita duka selamat jalan orang yang dicintai itu. Yang ga baca, main jeplak komen aja berdasarkan judul. Kalau seperti ini, kamu terlalu :mrgreen: .

Semua saling menghargai dan berfikir positif aja lah ya ❀ .

Kalau bagi saya pribadi, mau yang ngelike, yang ninggalin komen, kalau saya lagi rajin dan ingin blogwalking, saya akan lakukan.

Baca juga : 9 Langkah mudah memulai sebuah blog.

Makanya, saya jadi tau kalau banyak blogger yang tidak menautkan blognya ke Gravatarr yang dimilikinya. Sayang banget kan?

Biasanya, like dengan Gravatar ini juga solusi saya ninggalin jejak pada blog yang lagi susah untuk diberi komen. Ini solusi ampuh memberitahukan keberadaan kita.

Narsis? Blog itu salah satu media sosial lho, sudah pasti yang punya blog, termasuk mereka yang narsis, tapi dalam bentuk uraian kata-kata *halah.

Dulu, para blogger sempat kompakan meninggalkan komen dengan menggunakan link akun gravar mereka. Saya kurang tahu alasan yang melatarbelakanginya saat itu, maklum aja saya termasuk blogger kudet. Kalau ga ada yang nyolek, ga bakal tahu :mrgreen: .

Ishhh, kok tulisannya jadi kemana-mana :peace: .

Pengertian Gravatar

Bagi yang sudah lumayan lama memiliki sebuah blog, rajin nulis pula, tentunya sudah sangat familiar dengan menu yang ada di dasbor blognya masing-masing. Termasuk bagian profil blog.

Profil blog (https://wordpress.com/me) tentunya bagian yang pertama kali diutak-atik saat kamu mulai membangun sebuah blog. Karena bagian ini berisi informasi tentang identitas admin blog yang akan ditampilkan secara publik lewat foto profil yang dipilih.

Profil inilah yang terhubung dengan Hovercard Gravatar.

Menurut wikipedia Gravatar (a portmanteau of globally recognized avatar) is a service for providing globally unique avatars which was created by Tom Preston-Werner. Since 2007, it has been owned by Automattic, who have integrated it into their WordPress.com blogging platform.

Jika di terjemahkan dengan mesin penerjemah maka bunyinya jadi seperti ini, Gravatar (portmanteau avatar yang diakui secara global) adalah layanan untuk menyediakan avatar unik global yang diciptakan oleh Tom Preston-Werner. Sejak 2007, telah dimiliki oleh Automattic, yang telah mengintegrasikannya ke dalam platform blogging WordPress.com mereka.

Dengan kata lain, Gravatar itu merupakan kata yang berasal dari sebuah singkatan, yaitu Globally Recognized Avatar. Avatar atau foto profil yang berbasis pada email pengguna saat mendaftar dan bisa ditampilkan di platform yang men-support Gravatar.

Gravatar ini lah yang akan tampil otomatis saat seseorang meninggalkan komentar, like, di blog, web atau forum yang mendukung gravatar (baca: yang menggunakan platform WordPress) dengan menggunakan email yang sebelumnya sudah terdaftar.

Cara Membuat/Mempunyai Gravatar

1. Mendaftar.

Buka https://en.gravatar.com/ kemudian klik Get Your Own Gravatar. Ikuti step by step-nya dengan memasukkan alamat email dan pasword. Mudah kok.

2. Verifikasi Alamat Email

Sama seperti mendaftar dengan menggunakan email pada umumnya, kamu akan diminta verifikasi alamat email yang didaftarkan. Semacam konfirmasi bahwa email itu benar milikmu.

3. Lengkapi Informasi Dirimu

Login ke akun Gravatar yang sudah dibuat. Lengkapi data yang ingin kamu tampilkan ke publik.

* Nama dan Informasi detail tentang dirimu yang ingin ditampilkan.

* Upload Foto Profil dan Background

Upload foto profil yang dirasa mewakili kamu. Bisa foto diri atau foto yang kamu desain sendiri. Yang tidak boleh itu menggunakan foto orang lain, trus kamu ngaku-ngaku. Lah, kalau kamu kurang mengakui keberadaanmu, gimana orang lain kamu harapkan untuk melakukan hal tersebut?

Jangan lupa beri rating fotomu, dengan pilihan bahwa profilmu cocok ditampilkan untuk semua usia dan platform (rating G).

Upload juga sebuah foto keren untuk latarbelakang Gravatar mu. Foto hasil jepretanmu yaa, jangan nyomot foto orang lain trus diakui sebagai milikmu. Ga keren ahhh.

* Tautkan Blog/Web yang kamu punya dan kontak informasi dimana kamu bisa dihubungi.

* Verified Service, tautkan media sosial yang kamu miliki dan ingin ditampilkan.

4. Selesai

Setelah semua tahapan dilakukan, Gravatar kamu sudah siap dipromosikan lewat jejak komen yang kamu tinggalkan.
Jangan lupa, pastikan media sosial milikmu tertaut dengan benar ya. Ada juga saya lihat link alamat blognya broken (404). Dibersihkan dan tautkan yang benar atuh kakak 😳

Manfaat Memiliki Gravatar

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, Gravatar itu merupakan identitas mu, cirikhas, lambang atau simbol yang kamu punya yang akan diingat oleh orang lain di dunia online.

Gravatar membantu kamu mempromosikan diri atau apa yang ingin kamu beritahu ke publik tanpa perlu bolak balik mengupload foto profil.

So, kenapa tidak memanfaatkan Gravatar sebagai salah satu layanan untuk membangun brand-mu. Anjuran dari sebagian blogger, gunakan foto profil yang sama untuk satu brand yang ingin dibangun. Kalau saya, foto profil yang dipilih tergantung mood. Bosan atuh personal blog fotonya ga diganti-ganti πŸ˜† *ini kurang bagus katanya*.

Oiya, jika tulisan di blogmu berisi tentang opini kritik sosial, kalau menurut saya, akan lebih elok jika kamu menampilkan Gravatar profil pribadimu. Biar ga dikira hanya bisa ‘bersuara’ tapi tidak berani menunjukkan diri.

Selamat mempromosikan diri lewat layanan Gravatar milikmu. Dengan adanya Gravatar ini kamu dan saya jadi lebih bertanggungjawab dalam jejak tulisan, komentar, yang ditinggalkan di dunia maya πŸ™‚ .

Iklan