Mengenal Alergi dan Berbagai Macam Penyebabnya yang Harus Dihindari


Sebagai ibu atau orang tua yang baik, sebenarnya kita harus mengenal alergi anak dengan lengkap. Tahukah Anda bila reaksi alergi sebenarnya bukan hanya mengenai sesak napas dan juga gatal.

Ada berbagai macam jenis dari alergi. Ada alergi yang memiliki sifat ringan, ada pula alergi yang mempunyai sifat fatal, bahkan meninggal dunia. Oleh sebab itu Anda harus mewaspadai adanya penyebab alergi ini mulai dari kontak kulit, cuaca hingga makanan.

mengenal-elergi-dan-penyebab-yang-harus-dihindari-pada-anak

Foto via Pexels

Berikut berbagai macam penyebab alergi yang umum ditemukan.

Pertama, alergi suhu udara. Jika Anda pernah mendengar alergi yang disebabkan oleh cahaya matahari sehingga kondisi kulit menjadi memerah dan gatal, sebenarnya ini bukan disebabkan oleh matahari, namun orang tersebut mempunyai alergi pada suhu panas. Dalam kondisi tertentu, sel di dalam tubuh adalah sel tubuh manusia yang bisa melepaskan senyawa. Senyawa ini disebut sebagai histamine sehingga menyebabkan reaksi di tubuh seperti bengkak, gatal, sesak dan yang lainnya. Saat terjadi kasus ini anti body tidak dapat menahan suhu yang ekstrem tersebut.

Kedua, alergi pada serangga dan binatang. Mungkin banyak yang belum mengetahui alergi ini. Hewan sebetulnya dapat menyebabkan reaksi alergi. Apabila anak Anda alergi pada kucing atau pun anjing, bila terkena hewan ini atau bulu dari hewan ini, anak Anda bisa saja bersin, ruam atau pun gatal-gatal. Oleh sebab itu ketika Anda mengetahui jika buah hati memiliki alergi serangga atau hewan, lebih baik Anda menjauhkan mereka dari hewan tersebut.

Mengenal alergi yang terakhir ialah dermatitis kontak. Dermatitis kontak merupakan peradangan yang berada di kulit, ia ditandai dengan ruam serta gatal kemerahan yang disebabkan oleh kontak pada zat tertentu. Ruam yang muncul karena peradangan tidak berbahaya atau menular, namun dapat menyebabkan rasa yang kurang nyaman untuk penderita. Anda harus mengetahui dengan baik dan tanyakan ke dokter alergi anak tentang apa yang boleh anak Anda sentuh dan apa yang tidak boleh disentuh. Ketika anak terkena alergi, ia pasti enggan untuk makan apapun. Jika Anda takut ia kekurangan nutrisi, Anda bisa memberinya susu SGM.

***

So, yang perlu anda ingat adalah bahwa seorang ibu merupakan tenaga kesehatan pertama bagi anak-anak dan buah hatinya. Anda harus menghindari rasa panik saat buah hati menunjukkan gejala alergi, tetap tenang dan mulai cari informasi untuk antisipasi awal.

Selamat menjaga buah hati dengan penuh kasih sayang dan cinta ya Bu.

Iklan