Burung Dara Tetangga Bikin Penasaran


Burung Dara Tetangga Bikin Penasaran saya yang sedang serius menatap notebook πŸ˜› . Awalnya saya mendengar suara berisik, gaduh tak seperti biasanya, sangat mencurigakan. Saya pelan-pelan keluar mencari sumber suara dan ingin menangkap basah pelaku yang sudah mengganggu ketenangan itu. Ternyata tiga ekor burung dara sedang bertengger di bubungan atap. Suara yang saya dengar tadi, apa suara mereka saling bertengkar memperebutkan betina cantik nya ya :mrgreen: .

burung dara1Saya hanya sempat mengabadikan posisi burung dara seperti foto diatas. Kesan yang ditampilkan foto justru seperti caleg yang sedang kampanye, dengan memperlihatkan kekokohan dada masing-masing πŸ˜€ .

Burung Dara atau Burung Merpati bagi pecinta burung sering dipakai sebagai burung balap. Katanya burung berpenampilan gempal ini kecepatan terbangnya bisa dilatih. Merawatnya juga tidak begitu susah. Buktinya tetangga saya, dia tinggal di rumahnya yang di Jakarta, burung dara peliharaannya di tarok di rumah yang hanya sekali seminggu dia kunjungi, sangkarnya di buka, di kasih makan secukupnya. Burung daranya kalau pagi jalan-jalan di halaman rumahnya. Saya suka ngintip apa yang di lakukan beberapa ekor burung dara tanpa majikan itu. Kadang terbang bebas ke atap-atap rumah tetangga, tetapi selalu balik lagi ke sangkarnya.

Burung Merpati sering dijadikan lambang perdamaian. Zaman dulu merpati dimanfaatkan untuk mengirim surat. Karena burung dara ini termasuk jenis burung yang cukup pintar, mempunyai daya ingat kuat, dan yang terpenting mempunyai kemampuan navigasi yang sangat baik. Sehingga dia selalu bisa kembali ke sarangnya, walau pergi jauh dan cukup lama.

Itu sebabnya burung merpati juga dijadikan lambang kesetiaan. Kayak lagu jaman dulu, “Merpati tak pernah ingkar janji”. Zaman saya jadi anak SMA, mereka yang lagi catuh cinta, kalau berkirim surat kepada gebetan, memakai kertas surat yang ada gambar sepasang merpatinya. Walau kata-kata yang tertulis di surat cukup terbatas. Diawali dengan “dear …. “, bla-bla-bla, diakhiri dengan “salam rindu”. Tetapi seakan suratnya sudah mengungkapkan semua rahasia hati untuk setia.

Duh, burung dara tetangga bikin saya penasaran dan mengenang masa muda 😳 .

Iklan

25 comments

  1. aku kurang suka jika aa tetanggaku yang pelihara burung dara, soalnya kan biasanya burung dara itu dibiarkan terbang bebas (gak dikurung dalam sangkar)… nah kotorannya kan bisa kemana-mana itu mbak

  2. byk jg ya mbak burung daranya πŸ™‚

    di desaku sini byk jg burung dara mbak berkeliaran di kebun kebun tapi mereka burung liar, kalau di sawah jumlahnya ratusan deh .. jenisnya jg macam macam πŸ˜›

  3. Jadi ingat waktu saya masih kecil. Mula2 beli dua ekor merpati. Lama2 jadi ratusan karena beranak pinak. Burung ini cepat sekali berkembang biak ya Jeng
    Uniknya, mereka tak pernah ingkar janji he he he
    Yuk ikut Giveaway ku Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    • Iya Pak De,
      Kakak sepupu saya waktu SMP juga melihara burung dara yang beranak pinak.
      Insya Allah, moga GA-nya rame ya P’Dhe.
      Salam Hangat juga dari merpati tak pernah ingkar janji πŸ™‚

  4. Salam Takzim
    Burung dara cendrng berwarna sama dengan kucing belum pernah saya melihat burung dara jantan melebihi 2 warna, betulkah kucing dan burung dara disebut binatang penurut?
    Salam Takzim Batavusqu

Terima Kasih Untuk Jejak Komentarmu, Temans.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.