Membuat Hutan Hijau di Indonesia


Membuat hutan hijau di Indonesia tetap ada, harusnya menjadi tekad bagi seluruh penduduk negeri tercinta ini. Tentunya harus didukung sepenuhnya oleh pemerintah.

Hutan tropis Indonesia adalah paru-paru dunia sudah bukan rahasia umum lagi. Yang juga menjadi pembicaraan hangat adalah semakin berkurangnya hutan hijau tropis itu dari tahun ke tahun.

Penduduk dengan kearifan lokal yang didapat dari nenek moyang, dan diturunkan secara turun temurun, selalu ingat untukΒ  hidup berdampingan dengan alam. Sebagian dari mereka paham betul, apa yang diambil dari hutan harus juga dikembalikan sebanyak yang diambil itu. Satu batang kayu yang ditebang, harus menanam minimal satu bibit pohon juga.

Semua tatanan hidup itu akan porak poranda, kalau pemerintah lewat pengusaha membabat hutan dan merubahnya menjadi perkebunan. Tak ada yang salah, kalau keseimbangan alam tetap dijadikan tolak ukurnya. Juga takkan ada lagi ketakberdayaan untuk menghentikan siklus kabut asap.

Hari ini tanggal 21 Maret di peringati sebagai Hari Hutan Sedunia. Berbagai wacana dilakukan untuk tetap menjaga hutan hijau itu tetap ada khususnya di Indonesia.

Bagaimana Cara Membuat Hutan Hijau itu tetap ada?

Salah satunya seperti photo di atas mungkin. Gerbang sebuah komplek perumahanΒ  banyak yang dibuat dengan miniatur hutan, dengan pohon-pohon rindang. Seakan membawa hutan ke tengah kota. Setiap yang lewat di situ akan merasakan udara yang sangat sejuk, segar dan teduh. Membuat hunian modern ramah lingkungan.

Setiap kita setidaknya juga mempunyai satu pohon di rumah masing-masing. Pohon yang membuat teduh. Pohon yangΒ  merubah karbon dioksida di udara menjadi oksigen bagi keluarga kita. Selamat membuat ‘hutan hijau di rumah masing-masing’.

Iklan