Jadikan Earth Hour Sebagai Gaya Hidup


Earth Hour ( Jam Bumi) kegiatan global yang di gerakkan oleh WWF (World Wide Fund for Nature) dan The Sydney Morning Herald pada tahun 2007 dengan partisipasi 2.2 juta penduduk Sidney memandamkan semua lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam.

Earth Hour dilaksanakan setiap Sabtu terakhir di Bulan Maret. Memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam ini diharapkan/dengan tujuan memberikan kesadaran pada masyarakat terhadap perubahan iklim dan selanjutnya  kegiatan Earth Hour dijadikan sebagai gaya hidup.

Tahun 2012 ini adalah partisipasi Indonesia yang ke empat kalinya dalam Earth Hour yang diikuti oleh 26 kota di Indonesia. Earth Hour Indonesia akan dilaksanakan  pada Sabtu 31 Maret 2012 mulai pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat masing-masing kota yang mengikuti.

Banyak tanggapan tentang partisipasi Indonesia di Earth Hour ini. Tidak perlu menetapkan satu jam pada satu hari dalam satu tahun untuk memadamkan listrik, wong hari-harinya PLN sudah sering memadamkan lebih dari dua jam, malah kadang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, berapa energi yang dihemat itu?.

Itu adalah reaksi negatif  terhadap partisipasi Indonesia dalam Earth Hour. Sudah ikut berhemat pada Earth Hour saja sebagian besar dari kita masih saja kekurangan pasokan listrik, apalagi kalau kita tidak ikut berpartisipasi dengan kebiasaan baik ini, malah wilayah yang belum pernah di sentuh listrik negara tidak akan pernah merasakannya sama sekali. Karena masyarakat yang mempunyai pasokan listrik yang baik selama 24 jam tanpa henti, kesanggupan mereka membayar,  mereka akan menggunakan sesukanya tanpa memikirkan mereka yang belum menikmati listrik.

Jadikanlah Earth Hour sebagai gaya hidup bagi kita yang peduli terhadap sesama dan menyayangi bumi yang merupakan titipan anak cucu ini. Mulai dari hal-hal kecil, dari lingkungan kecil kita setiap harinya :

  • Motivasi terdekat untuk ikut berpartisipasi mendukung Earth Hour secara umum: meminimumkan serangan Tomcat yang lagi heboh, karena si Tomcat ini sangat senang dengan cahaya lampu :).
  • Blogger : Motivasi diri untuk berpartisipasi membuat postingan tentang Earth Hour dan  berlanjut pada aksi nyata yang berkesinambungan: manfaat yang bisa di dapat, menggugah yang membaca ikut berpartisipasi juga, mendapatkan traffic tambahan ke blog juga.
  • Keluarga : Motivasi yang bisa digunakan, biaya bulanan untuk listrik harus berkurang, karena isu BBM semua harga sudah  merambat naik. Tunggu apalagi untuk memadamkan lampu, peralatan listrik lain yang tidak begitu bermanfaat.

Banyak motivasi lain kepada diri sendiri, keluarga dan lingkungan yang bisa pergunakan untuk ikut berpartisipasi nyata dalam kegiatan Earth Hour sesuai kapasitas masing-masing.

Mari jadikan Earth Hour sebagai gaya hidup. Ini aksiku! mana aksimu? :).

Lebih lengkap tentang kegiatan Earth Hour Indonesia baca di http://earthhour.wwf.or.id/ ,

Iklan