Rekomendasi Kulineran di Blok M dan Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba


Kulineran di Blok M merupakan aktivitas yang sudah sepaket dengan aktivitas wisata belanja dari dulu. Dari zaman saya usia awal 20-an tahun, saat masih seorang gadis muda yang baru merantau, hingga saat ini. Tempat makan dan belanja di blok m nggak ada matinye, selalu ramai.

Selain itu, kawasan Blok M juga jadi salah satu tempat aktivitas seru nan favorit di Jakarta Selatan. Selain kulineran banyak kegiatan positif lain yang dapat dilakukan di seputaran daerah blok m. Lokasinya berada dalam jarak yang tidak terlalu jauh, bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Pokok e, kalau berkunjung ke blok m sudah wisata paket lengkap banget deh. Dan yang paling penting, akses transportasi ke Blok M itu mudah, mulai dari bus umum, TransJakarta, busway, KRL hingga MRT. Mari kulineran!

Kulineran di blok m wajib coba

Rekomendasi Tempat Makan Enak di Blok M yang Kudu Dicoba!

Nongkrong sembari foto-foto, nyari ide konsep bisnis, selera terpuaskan dengan kulineran di blok m yang komplit, wajah dan badan juga terawat dengan melakukan treatment di tempat perawatan terbaik, hingga jiwa damai karena syukur yang menguar saat bisa bersujud dengan khusuk di tengah aktivitas kesibukan dunia. Bisa semua.

Temans yang sudah lama gak berkunjung ke Blok M, yuks sambangi lagi, jajal berbagai tempat makan untuk kulineran di blok m yang memanjakan lidah dengan berbagai makanan Nusantara dan juga kuliner kekinian. Wajib coba juga aktivitas yang dapat dilakukan dalam satu hari, dijamin seru dan bikin nagih. Yuks, disimak!

1. Nonton di Blok M Plaza

Kalau ada film favorit yang sedang tayang, sekalian jalan bareng bestie, keluarga, dan orang-orang tercinta, bisa sembari nonton di Blok M Plaza.

kulineran di blom m sambil nonton
Plaza blok M, foto Flickr

Lokasi bioskopnya ada di lantai 6 Blok M Plaza, Jl Bulungan No. 76 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Jam tayang bioskop mulai dari pukul 11.30 dan terakhir masuk bioskop pukul 21.30 WIB. Harga tiket juga standar, 40 ribuan di hari biasa dan 55 ribuan saat weekend.

Saya pernah nonton film di bioskop Blok M plaza yang jam siang, sore, dan malam bareng sahabat. Padahal tempat tinggal kami kala itu di daerah Bekasi Barat. Mumpung masih menjadi anak muda, puaskan dengan menjelajah, hehehe.

Hayo ngaku, siapa yang punya kenangan kencan dengan nonton di Blok M Plaza bareng patjar, mantan pacar yang sekarang jadi pasangan. Yang tinggal di Jabodetabek mana suaranya 🙂 .

2. Kulineran di Blok M yang Bikin Nagih!

Blok M jadi pusat bisnis dan perbelanjaan itu sudah pasti. Tentu juga tempat kulineran yang memanjakan selera. Kalau mau menjajal kulineran di blok m bisa dilakukan dari pagi hingga malam hari. Mantul banget ya.

So, kulineran di blok m yang dapat direkomendasikan apa saja? Berikut beberapa yang dapat dijadikan pilihanmu:

  • Kulineran Pasar Kue Subuh

Jika Temans penyuka kue basah dapat memburunya di Blok M Square, pasar kue basah mulai buka dari pukul 4 subuh hingga pukul 7 pagi.

kulineran di blok m pasar kue subuh
Pasar ku subuh, foto: IG blokmsquare

Tersedia jajanan pasar seperti lemper, nagasari, kue lumpur, onde-onde, kue pukis, kue cucur, wajik, kue lapis dan banyak lagi. Gorengan seperti tahu isi, pisang goreng, bakwan dan lainnya juga ada. Sangat komplit dan menggiurkan.

  • Kulineran Selera Nusantara

Kuliner enak yang merupakan makanan tradisional dari daerah-daerah di Nusantara juga banyak.

Saya kulineran di Blok M biasanya berburu makanan khas daerah asal, untuk melepas rindu lidah terhadap kuliner kampung halaman. Bahkan saya memperkenalkan cita rasa kulinernya ke teman hidup, ternyata juga cocok di lidahnya dan ketagihan.

Jika kulineran di blok m, saya selalu mencicipi bubur kampiun dan soto Padang khas Minang. Dulu lokasinya di Aldiron Plaza, sekarang lebih dikenal dengan Blok M Square.

kulineran di blok m makanan nusantara
Bubur kampiun, foto: resepkoki

Nah, di pujasera Blok M Square banyak pilihan soto Padang yang menggugah selera, tinggal pilih yang ingin dicicipi dan sesuai budget kulineran.

Oiya, di sekitara blok M plaza juga banyak kulineran enak yang ramah kantong, ada es podeng, ayam bakar, dan juga iga bakar. Rasanya endeus di lidah, apalagi jika disantap pas perut minta diisi pada jam makan. Recommended.

  • Kulineran Jepang di Little Tokyo Blok M

Fansnya jejepangan, semunya bisa merapat ke Blok M, baik yang masih menabung untuk dolanan ke Tokyo atau yang sedang kangen nuansa Jepang, di Blok M bisa merasakan sensasi berjalan dengan nuansa Jepang. Tepatnya di salah satu sudut Blok M yang dikenal dengan sebutan Little Tokyo.

Yang dulu familiar dengan kawasan Aldiron Plaza, yang sekarang menjadi bagian dari Blok M Square, tentu sudah gak asing dengan salah satu sudut Blok M yang sering melihat ekspatriat dari negeri Sakura ngariung.

Nah, Little Tokyo Blok M lokasinya berada di depan Blok M Square, mulai dari jalan Melawai VI, Jalan Melawai VII, Jalan Melawai IX, dan Jalan Melawai Raya.

Menjelajah Tokyo kecil ini bisa dimulai dari Jalan Melawai VI yang dekat dengan stasiun MRT Blok M yang di Jalan Panglima Polim.

Kawasan Little Tokyo Blok M merupakan daerah yang tumbuh untuk memenuhi kebutuhan para ekspatriat Jepang yang tinggal di Jakarta Selatan.

Sama dengan perantau umumnya, mereka juga kangen suasana kampung halaman di Tokyo sana, tumbuh lah bar, tempat karaoke, restoran atau tempat makan dengan nuansa Jepang.

kulineran di blok m Little Tokyo
foto: PergiKulineran

Salah satu tempat kulineran di blok m yang ramai dikunjungi di Little Tokyo yaitu restoran Daitokyo Sakaba, menunya ada ramen (menu kesukaan Naruto dan kawan-kawan, wkwkwk), yakitori (sate khas Jepang), hingga tamago (telur dadar khas Jepang).

Agar dapat tempat yang private, yang seperti bilik-bilik gitu, baiknya reservasi dulu biar gak ngantri lama. Bagi yang muslim, jangan lupa pilih menu yang sesuai ya.

Pada bulan tertentu di Little Tokyo Blok M juga diadakan festival khas Jepang yang dikenal dengan Ennichisai Festival, yaitu festival seni dan kuliner Jepang yang rutin diadakan sejak tahun 2010.

3. Spa dan Treatment Perawatan Wajah

Setelah lelah dengan berbagai aktivitas dan kulineran di blok m, badan terasa pegal, wajah kucel terpapar debu dan polusi, tubuh butuh relaksasi, saatnya nge-spa.

Gak perlu jauh-jauh, tinggal mampir ke tempat SPA yang ada Blok M Plaza dan Blok M Square, pilih layanan yang diperlukan, apa facial treatment, perawatan tubuh, rambut, atau pijat refleksi, hingga totok. Tubuh pun kembali bugar.

4. Hunting Buku Bekas di Blok M Square

Lantai dasar Blok M Square merupakan pusat barang bekas. Surganya hunting buku-buku lama, buku bekas dengan kondisi baik.

kulineran di blok m pasar buku bekas
Bazar buku bekas, foto: blokmsquare web

Barang-barang bekas lain yang dijual selain buku ada juga kaset jadul, piringan hitam, jam antik, kamera analog hingga batu cincin.

5. Wista Religi di Masjid Agung Al-Azhar dan Masjid Nurul Iman BLok M Square lantai 7

Di tengah kesibukan urusan kebutuhan dunia, tak lupa untuk mengistirahatkan diri dengan mengheningkan pikiran, memberikan hak jiwa untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta, dengan mengambil air wudhu dan sujud sejenak.

Lakukan wisata religi dengan singgah ke Masjid Agung Al-Azhar, beralamat Jl. Sisingamangaraja No.1, RT2/RW1, Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Saya dulu kalau ke Blok M, turun dari bus-nya selalu di Masjid Agung Al-Azhar ini, setelah sholat dzuhur baru lanjut ke kawasan pusat perbelanjaan Blok M, bisa disambung dengan naik metromini, tapi seringnya jalan kaki bareng-bareng.

Kalau dipikir-pikir, ternyata dulu saya dan sohib rajin benar jalan kaki, hahaha.

Pernah satu waktu, setelah keluar masjid, saat jalan menuju arah blok M, kami bertemu salah satu mantan teman yang sedang menuju ke masjid dari arah blok M.

Tak berjodoh, tapi sering banget berpapasan seseorang dari masa lalu saat melakukan aktivitas istimewa. Semesta seperti mempermainkan hati, wkwkwk. Mungkin karena blok M salah satu tempat kenangan? Hmmmm.

kulineran di blok m wisata religi
Masjid Nurul Iman, foto: blokmsquare web

Oiya, mensyukuri hari yang sedang dijalani bisa juga dengan menunaikan kewajiban tepat waktu, dengan menyambangi masjid Nurul Iman yang berlokasi di lantai 7 Blok M Square.

Kulineran dan beraktivitas seru di Blok M benar-benar satu paket lengkap ya, kehidupan tubuh terhadap dunia terpenuhi, dan kebutuhan jiwa juga terjalani.

Penutup

Jika Temans berkunjung ke kawasan blok M bisa dilakukan seharian, mulai dari hunting kulineran di pasar kue Subuh, kemudian dilanjutkan dengan menghirup udara pagi sembari menunggu siang serta melepas penat dengan singgah ke taman Ayodya. Lokasinya sekitar 5 menit berjalan kaki dari Blok M Plaza, tepatnya di Jl. Lamandau III, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Setelah itu lanjut dengan berbagai kegiatan lain.

kulineran di blok m taman Ayodya
Taman Ayodya, foto: DolanYok

Saat mencatatkan ingatan tentang kulineran di blok m dan aktivitas atau kegiatan seru lain yang dapat dilakukan, ada sedikit rasa sesal yang merayapi hati. Foto-foto narsis saya wisata kuliner di blok M serta aktivitas lain yang hanya sekedar nongkrong dan ‘mengukur jalan’ dengan langkah kaki, mulai dari sorangan, bareng sohib, sama pasangan, hingga bersama anak, ternyata gak ada jejaknya, foto yang disimpan di laptop terhapus saat diformat ulang, hiks.

Mungkin itu pertanda kudu menyambangi Blok M lagi. So, Kapan kita kulineran dan muter-muter di blok m ? Janjian yuuks.

Salam jejak #Kuliner dari mata, rasa dan pikiran YSalma.

52 comments

  1. Penasaran ama bubur kampiun Kak soalnya di sini gak ada yang jual. Pengen juga ke Little Tokyo di Blok M karena rasa masakan Jepangnya pasti otentik dan enaak…

    Puas ya bisa jalan2 dan eksplor Blok M, sambil borong buku juga.

    Suka

  2. Kawasan Blok M memang paket kumplit bingit. Walo belum pernah ke sana, tapi nggak ada salahnya bikin wishlist, hehe..

    Yg bikin penasaran sih kulinernya sama bazar buku bekas.

    Suka

  3. Daerah Blok M ini juga punya kenangan tersendiri bagi saya, Mbak. Pas baru merantau ke Jakarta, incaran saya memang wajib ke Blok M. Maka pas habis gajian, saya naik Mayasari dari Pulo Gadung ke Blok M dan beli baju kaus pertama di sana hahaha. Sayang yang di basements sudah kosong.

    Suka

  4. Blok M memang surga jajanaaaan. Masih inget banget, dulu aku nemu RUMBIA di Blok M. Surprais banget. Itu buah hutan cemilanku semasa kecil di Aceh, kutemukan lagi setelah sekian tahun di Jakarta!

    Suka

  5. Blok M memang gereget sih kak.
    Apalagi transportasinya itu terbilang terjangkau ke sana.
    Sehingga mau cari kulineran di sekitar situ, gampil ya

    Suka

  6. Udah pernah aku rasain smua tuh kalo ke Blok M. Tp yg paling bikin kangen ya gultik sih.

    Aku bahkan rela ke sana jam12 malam abis kerja demi semangkok gultik. Abis itu bercengkerama sampe jam1 atau 2 pagi ama tmn2 kntr. Terutama di weekend sih kalo ke situ. Jd emg rame bgt org2 kulineran di sana.

    Suka

  7. Nah dulu sebelum pandemi lumayan sering ke pasar buku bekas blok M, sering banget dapat buku bagus di sana dengan harga ramah dompet. Trus pulangnya mampir Little Tokyo. Cuma setelah pandemi usai gini, belum sempat lagi mampir. Next deh main ke blok M lagi

    Suka

  8. Blok M sampai sekarang masih ramai, awal tahun lalu saya menginap di hotel dekat teeminal, malamnya jalan2 ramai sekalii ada peepustakaan umum yg nyaman sekali.

    Suka

  9. salah satu BM-ku nih si little tokyo ini, cm blm tau resto jepang mana yg oke buat dicoba sm penasaran bgt pgn ke taman ayodya krn kalo sore lewat situ tuh kok kayanya selalu rame

    Suka

  10. Sekarang Kawasan Blok M udah gak kaya dulu lagi yaah..
    Lebih teratur dan bersih. Rasanya jadi happy, apalagi Ibuku hobi banget cari kain, pastinya langsung njujug Kawasan Blok M Jaksel.

    Suka

  11. Catet dulu ah, aku belum pernah ke Blok M soalnya, jadi kalau ada kesempatan ke sini saya jadi tahu mau ngapain dan kemana dulu hehehe

    Suka

  12. Ya ampun udah lama banget ga melipir ke Blok M. Di kepala bahkan udah ga ada jejak mau kulineran apa yg jd rekomen

    Suka

  13. Banyak banget ya pilihan kulineran di blok M, dan bazar buku bekasnya menggoda banget tuh buat didatangin.
    Pankapan wajib mampir nih kulineran di sini, sambil jalan-jalan kayaknya asyik banget

    Suka

  14. Dulu sekali, jaman sebelum dirombak jadi Blok M Square, saya suka nongkrong di resto padang SEPAKAT (lupa di lantai berapa). Tempatnya ngetop banget deh. Kalau jam-jam makan, terutama makan siang, ngantri panjang luar biasa. Tapi karena super duper enak, orang rela ngantri berlama-lama. Sekarang gak tahu pindah kemana.

    Suka

  15. Wah jadi kangen kulineran di Blok M.
    Saya tinggal di Joglo, Jakarta Barat, dulu ke Blok M naik metromini S70. Setelah ada Trans Jakarta naik minitrans Joglo-Blok M. Sekali saja naik dari halte dekat rumah sampai deh di terminal Blok M
    Kadang ajak anak nonton atau sekadar jajan…Sekarang anak tambah besar jadi jarang. Baca artikel ini jadi pengin nostalgia lagi:)

    Suka

  16. Ya selama ini blok m identik dengan nonton bioskop dan terminal bus. Hehehe jaman dulu sih ya itu. Sekarang ternyata bisa hunting kuliner, belanja dan cuci mata di mall dan lain sebagainya. Udah banyak perubahan ya

    Suka

  17. Jadi kangen sama Blok M. Dulu kantor pusat ada di dekat Masjid Al Azhar sering banget nongkrong dan makan di sekitar masjid ini. Minggu pagi cari sarapan lontong sayur di sekitar masjid Al Azhar. Jadi pengen main ke blok M lagi ni. Pasti jauh berbeda dengan 20 tahun yang lalu.

    Suka

  18. Duh Blok M, bikin teringat pada almarhum paman yang baik hati
    Dulu, setiap ke Jakarta, pasti saya diajak makan di Blok M
    Cari makan yang saya belum pernah coba, seperti makan kerang
    Sekarang kalo makan kerang, selalu inget paman tersayang

    Suka

  19. Aku pernah main ke Blok M. Waktu itu saat harus dinas ke kantor pusat tempatku bekerja di Jakarta. Akhir pekannya aku habiskan ke Blok M. Awalnya berburu buku gitu. Terus makan sekalian di sana. Emang kerasa lengkap banget sih.

    Suka

  20. Seneng banget jalan ke Blok M.
    Apa yang paling pingin dicobain dari list kak Salma?
    Aku pengen kulineran euuii.. Berasa ngiler banget liat Little Tokyo Blok M sama selera Nusantara. Berasa keliling dunia, eh Asia.

    Suka

  21. wah aku juga sering banget nih orang Jakarta maupun luar suka pada nge-share kuliner-kuliner enak di Blok M. kan bikin mupeng ya kayak ini :’)

    Suka

  22. Masjid Nurul iman di blok m itu banyak penceramah dari luar kaya AA gym, habib Nabiel dll yang suka ngisi acara di situ. Gratis pula. Kesono yuk

    Suka

  23. Terakhir kulineran di Blok M tahun 2018 makan Gultik dan roti unyil dekat terminal, katanya sekarang udah tutup kah Mba?
    Asik banget, semoga bisa jumpa lagi tahun depan..

    Suka

  24. belakangan ini sering main ke Blok M dan ternyata memang banyak banget yang bisa dilakukan selama di Blok M ini, mulai dari ada taman baca sampai dengan kulineran, makin seru ya

    Suka

  25. Itu bubur kampiunnya menggoda banget buat disantap. Bener-bener kampiun ya. Macam-macam bubur disajikan dalam satu wadah.

    Suka

  26. Memang kalo ke mana pun paling wajib nyicipin kulinernya sih ya. Abis capek keliling, fix, langsung aja isi perut, hehe..

    Suka

  27. Tadi pagi akhirnya main ke Blok M, terus mampir ke Taman Ayodya. Menyenangkan juga jalan-jalan pagi di taman itu ya, apalagi bisa duduk-duduk santai sambil nikmatin cemilan yang dibeli di pasar subuh.

    Suka

  28. Enak ya keliling Blok M. Aku cuma lewat doang nih pas mau naik TJ. Pengen ke bazar buku bekasnya deh. Pasti seru berburu buku bekas.

    Suka

  29. kemarin ada sempat lihat di tiktok mall yang rame lagi karena terintegrasi sama mrt itu blok m ini ya, mbak. aku belum pernah si ke blok M maklum bukan orang jakarta. hehe

    Suka

  30. Pengen mencoba melakukan perawatan wajah seperti spa di sekitaran blok m itu. Kan emang abis muter muter senangnya me time sambil perawatan ya

    Suka

  31. Setelah serunya beraktivitas di blok M, bakal makin seri dengan berburu kuliner nih. Bikin hari-hari makin memuaskan dan penuh pengalaman menyenangkan di blok M ya, Kak.

    Suka

  32. Wisata religi di Blok M ini nih yang belum daku eksplor lebih jauh.
    Pankapan ke daerah sana, semoga bisa juga singgah solat tahiyatul masjid di sana

    Suka

  33. Wah Blok M tempat nongkrong shopping hits pada masanya, merasa gaul beli baju di blok M biasa di melawai dulu hihihi banyak perubahan ya sekarang

    Suka

  34. Pengen banget deh ke Little Tokyo. Tp sampe skrg blm kesampaian nih. Bahkan rencanaku traveling yg bener2 ke Jepang jg terpaksa diundur. Akibat pandemi berkepanjangan, rencanaku itu hrs diundur.

    Smg bs ke Little Tokyo ini. Jd bs ngobatin gagal ke Jepang. Hehe.

    Suka

  35. memang ya blok M tuh rajanya kulineran, apa aja ada.. mana harganya jg beragam, dari yang jajan-jajan murah, sampai yang resto mahal, tinggal cari yang halal aja hehe

    Suka

  36. Setelah sekian tahun trakir ke blok m 2008 kembali lagi awal tahun 2023 dan banyak yang berubahh yaaks…lebih rapiihhh.

    Suka

  37. Masjid Nurul Iman sih yang rasanya epik banget buatku karena berada di rooftop pusat perbelanjaan. Kalau ke sana baik untuk shalat saja atau ikut kajian tuh, serasa lupa kalau ada di kawasan super ramai yang biasanya jadi pusat hiburan. Nah kalau Little Tokyo, paling seru juga kalau lagi ada perayaan jejepangan tahunan di kawasan Blok M.

    Suka

  38. blok m sekarang ramai yaa mba, saya baru tau banyak kuliner di sana. beberapa bulan lalu sempet nginap dekat blok m tapi ngga sempet kulineran dulu hehe

    Suka

  39. sekali-kalinya ke blok M wakyi kuliah dulu karena ada kegiatan field trip magang ke rawabango. sempet dateng ke pasar kue subuhnya dan emang banyak banget varian kuenya dan ramai. tapi sayang waktu itu ke blok M belum ada pojok buku bekas deh

    Suka

  40. Wah kalau nonton di bioskop yang ada di Blok M, harga tiket nontonnya masih dompet friendly buat aku. Hanya 40 ribuan di hari biasa dan 55 ribuan saat weekend. Waaah aku mau ke pasar kue subuh sama little tokyonya kak buat kulineran once a day

    Suka

  41. Blok M ini lengkap banget ya, segala yang dicari ada nih
    btw bubur kampiun nih mirip bubur madura kalau di Surabaya, rasanya beda jauh ga ya? jadi ingin cobain secara aku senang makan bubur hehehe

    Suka

    • Iya, mirip ya.
      Isian bubur kampiun umumnya, bubur putih (sumsum), ketan hitam, kacang ijo, pisang, ubi, lupis, cendol, bubur mutiara.
      Campur-campur komplit mba 😀

      Suka

  42. Mau nonton, mau beli buku, mau kulineran, mau wisata religi semua ada. Emang lengkap banget . Kulinerannya juga banyak banget macamnya 😍😍😍

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.