Urutan Pemakaian Face Care Pagi dan Malam Hari yang Benar


Kecantikan hakiki katanya juga berasal dari pancaran hati, akan tetapi kesehatan kulit wajah merupakan hasil dari perawatan berkelanjutan dari usia akil baligh.

Sekarang-sekarang ini, kepedulian akan perawatan wajah (face care) semakin tinggi, seiring dengan kebiasaan menggunakan make up lengkap dalam aktivitas sehari-hari, khususnya yang berkaitan untuk selalu update foto kegiatan di media sosial.

Nah, agar make up menempel dengan bagus di wajah, maka pondasi make up alias kulit wajah harus sehat dan ternutrisi dengan baik. Atau saat wajah tanpa makeup juga tetap tampak terawat, maka bermunculan juga produk skincare untuk perawatan wajah yang praktis dan kekinian.

Perempuan yang ingin kecantikannya tetap paripurna walaupun setelah makeup dihapus, tentunya mempunyai beragam produk skincare untuk merawat kulit wajah tersebut.

urutan pemakaian face care yang tepat dan benar
merawat wajah harus dari usia muda

Walaupun kebutuhan pemakaian face care untuk setiap orang tidak lah sama, akan tetapi ada urutan standar pemakaian skincare untuk wajah yang benar dan tepat.

Bagaimana urutan pemakaian face care yang benar dan tepat? Kalau menurut saya, simple-nya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing 🙂 .

Akan tetapi, setiap perempuan kudu tahu bahwa penggunaan produk face care untuk pemakaian rutin pada pagi hari dan malam hari agak sedikit berbeda. Mari kita lihat satu persatu.

Urutan Pemakaian Face Care yang Tepat di Pagi Hari

Face care atau produk perawatan kulit wajah sangat banyak ragamnya, mulai dari pembersih wajah seperti sabun cuci muka hingga tabir surya. Semua produk mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Agar produk yang digunakan manfaatnya untuk wajah mendapatkan hasil yang maksimal, maka produk tersebut harus digunakan dengan urutan yang benar dan tepat.

Menurut pakar kecantikan, kunci sederhana penggunaan face care sebenarnya dimulai dengan membersihkan wajah, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan produk dari tekstur paling ringan ke yang paling berat, dari yang berbahan dasar air hingga produk berbahan dasar minyak.

Berikut urutan tepat menggunakan face care rutin di pagi hari:

  1. Facial Wash/Facial Foam (Sabun Pencuci Muka)

Wajah bersih mutlak hukumnya sebelum memberikannya nutrisi. Tujuannya agar produk perawatan wajah lebih mudah menyerap ke dalam kulit.

Mencuci wajah berfungsi untuk mengangkat semua kotoran dan produk yang masih tersisa di wajah. Mencuci wajah bisa dengan menggunakan facial wash atau facial foam.

Facial wash fungsinya selain membersihkan kotoran di wajah, juga untuk mencegah iritasi, menjaga kesegaran dan kelembapan alami kulit wajah. Makanya, facial wash disarankan untuk yang memiliki kulit wajah kering dan juga sensitif.

Sedangkan facial foam fungsinya untuk mengangkat minyak berlebih atau sebum, mencerahkan, dan mengangkat sel kulit mati. Produk ini cocok untuk jenis kulit berminyak ataupun kulit berjerawat.

Tinggal menggunakan sabun pencuci wajah yang sesuai jenis kulit.

  1. Toner

Merupakan urutan pamakaian face care yang sering dilewatkan karena kurang dianggap penting. Toner sangat berguna untuk yang kulit wajahnya berminyak dan mudah berjerawat. Produk ini membantu menyeimbangkan pH kulit yang cenderung terasa agak kering setelah dicuci atau dibersihkan. Dengan diberikan toner, maka kulit wajah akan lebih siap untuk menerima produk face care selanjutnya.

  1. Essence

Merupakan produk face care berbahan dasar air yang memiliki bahan aktif yang berbentuk konsetrat. Essence mampu meresap ke lapisan epidermis kulit dan merawat kulit wajah dari dalam, sesuai dengan manfaat utama essence yaitu memberikan kelembapan pada kulit wajah sehingga siap untuk menerima dan menyerap manfaat dari produk perawatn selanjutnya.

  1. Serum

Serum dalam produk face care juga dikenal dengan sebutan ampul ataupun booster. Produk ini semacam suplemen vitamin untuk kulit wajah. Berbentuk cair dengan bahan aktif yang konsentratnya lebih tinggi.

Pemakaian serum tidak cukup hanya diusapkan merata ke seluruh wajah dan leher, tapi juga harus ditepuk lembut agar bahan aktifnya terlepas dan meresap sempurna ke dalam kulit. Penggunaan serum harus benar-benar sudah menyerap ke dalam kulit baru dilanjutkan dengan pemakaian produk face care berikutnya.

  1. Pelembap (Moisturizer)

Pelembap berfungsi untuk melembapkan kulit wajah dan menyemarkan keriput dan garis-garis halus. Pemakaian produk ini seperti ‘pelapis’ luar dari produk-produk face care yang digunakan sebelumnya.

Pemakaian moisturizer pada kulit wajah sembari dipijat. Tujuannya selain agar produk menyerap sempurna juga untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah.

Pelembap berbentuk cream lebih cocok untuk kulit kering, normal, dan kombinasi. Sedangkan pelembap dengan tekstur cair atau gel lebih cocok untuk kulit berminyak.

Pilih pelembab atau moisturizer yang sesuai jenis kulit wajah.

  1. Tabir Surya (Sunscreen)

Jika berkegiatan diluar rumah, maka tabir surya merupakan produk face care terakhir yang harus digunakan. Produk ini dioleskan sebelum wajah dipakaikan alas bedak, bedak dan printilan make up lainnya.

Sunscreen membantu melindungi kulit wajah dari efek negatif paparan sinar matahari seperti kulit terbakar yang akan jadi pemicu kulit wajah mengalami penuaan dini.

Urutan Pemakaian Face Care yang Benar pada Malam Hari

Face care pada malam hari selain untuk membersihkan kulit wajah yang sudah terpepar debu saat beraktivitas seharian, sekaligus juga sebagai relaksasi.

Urutannya tidak jauh berbeda dengan penggunaan face care pada pagi hari, hanya saja ada beberapa tambahan produk skincare wajah yang digunakan pada malam hari.

Berikut urutan pemakaian face care yang benar untuk malam hari:

  1. Makeup remover (Micellar water)

Jika dalam aktivitas siang hari wajah menggunakan make up, maka pada malam hari sebelum menutri wajah maka kulit wajah harus dibersihkan terlebih dahulu dengan makeup remover.

Yang perlu diingat, produk makeup remover hanya membersihkan wajah dari makeup pada permukaan kulit.

Produk pembersih makeup yang dapat digunakan bisa berupa micellar water.

Micellar water selain membersihkan makeup yang terperangkap di bawah kulit, sekaligus juga melembapkan kulit wajah.

  1. Sabun Cuci Muka

Setelah kulit wajah bersih dari makeup tetap lanjutkan bersihkan dengan mencuci muka dengan sabun pembersih muka yang sesuai jenis kulit.

  1. Eksfoliasi (Scrub wajah)

Tahapan penggunaan produk ini tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup 1-2 kali dalam seminggu, tergantung kebutuhan kulit wajah.

Eksfoliasi atau scrub wajah ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran membandel di wajah.

  1. Toner

Sama dengan urutan penggunaan face care pada pagi hari, pada malam hari kulit wajah juga perlu disiapkan untuk penggunaan produk face care selanjutnya dengan memakai toner.

  1. Essence dan Serum

Setelah menggunakan toner, lanjutkan dengan memakai essence. Setelah essence benar-benar meresap di kulit wajah, baru dilanjutkan dengan pemakaian serum.

  1. Eye Cream

Krim mata atau eye cream dioleskan pada sekitar area mata secara perlahan. Krim ini berfungsi melembapkan kulit di sekitar mata. Jangan sampai kulit wajah lain kencang akan tetapi area matanya terpapar jelas tanda-tanda penuaan kulit yang kurang terawat, ataupun kantung mata. Waktu tidur saatnya menutrisi area mata.

  1. Night Cream dan Sheet Mask

Night cream atau krim malam merupakan pengunci dari pemakaian produk-produk face care yang sudah diaplikasikan ke wajah sebelumnya. Fungsinya menutrisi kulit wajah seperti untuk melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, dan mencerahkan wajah.

Jika kulit wajah terasa perlu tambahan kelembapan makan setelah krim malam meresap, maka dapat dilanjutkan dengan menggunakan sheet mask atau sleeping mask. Cukup gunakan 2 kali dalam seminggu atau saat kulit terasa kering.

Penggunaan sleeping mask dapat dibiarkan semalamam agar kandungannya meresap ke dalam kulit wajah dengan sempurna. Tidak perlu dibilas setelah dipakai beberapa menit seperti pemakaian masker wajah pada umumnya.

Urutan di atas merupakan ‘standar’ umum penggunaan face care wajah, tetap kembali dengan kebutuhan dan kecocokan kulit wajah masing-masing.
Belum tentu semua produk yang fungsinya menutrisi kulit wajah itu cocok dengan kebutuhan kulit, tetap pilih dan gunakan produk yang benar-benar dibutuhkan oleh jenis kulit.

Mari merawat kulit wajah dengan produk yang tepat.

Salam jejak beauty dari YSalma ❤ .

5 comments

    • Hahaha, jaan lei, cukuik baudhuak sajo. Lah cukuik saluruah prosesi tu mah.
      Tapi kalau untuak induak bareh, yo paralu sakali2 🙂

      Sehat-sehat juo untuak dunsanak dan kaluarga.

      Suka

  1. Saya baru tau Ada eye cream. Kbetulan saya seeing ngalamin mata panda. Usah dicoba Cara alami kompres kantung teh tapi blm Ada perubahan. Nanti saya coba eyecream. Trmksh

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.