4 Rekomendasi Software Absensi Terbaik yang Memudahkan HR UMKM


Absensi merupakan istilah yang menunjukkan proses pendataan presensi atau kehadiran seseorang baik di sekolah atau di tempat kerja. Jika absensi di bidang pendidikan dapat mempengaruhi penilaian, maka begitu juga dengan data absensi pegawai atau karyawan. Datanya digunakan untuk menilai performa kerja karyawan yang berhubungan dengan penggajian.

Software absensi terbaik untuk UMKM
Photo credit to Marc Mueller, Pexels. edit by admin YSalma blog

Software atau Aplikasi Absensi Memudahkan HRD UMKM

Jika perusahaan besar, pada umumnya sudah menggunakan software absensi atau aplikasi absensi terbaik dan terbaru. Maka sangat berbeda dengan bisnis UMKM yang masih mengandalkan absensi manual atau menggunakan alat absen konvensional.

Absensi manual ataupun yang menggunakan alat absen konvensional tentu kurang efesien. Tim yang jadi penanggung jawab HRD (Human Resource Development) lebih banyak waktunya tersita saat mengkalkulasi pelaporan absensi karyawan, sangat tidak efektif. Belum lagi jika ada perubahan mendadak di luar jadwal rutin jam kerja karyawan. Sangat membuat repot.

Seperti yang diketahui, dalam dunia kerja kehadiran karyawan sangat dinamis. Dapat berubah-ubah sewaktu-waktu, misalnya pertukaran jam masuk dengan rekan kerja karena ada keperluan mendesak yang tak bisa dihindari, pengajuan cuti, sakit, karyawan lembur mendadak, dsb.

Semua ritme data absensi karyawan atau pegawai jika dilakukan secara manual akan sangat melelahkan. Belum lagi rentan terhadap kesalahan hitung yang akan menimbulkan rasa tidak puas dan protes dari karyawan atau pegawai.

Padahal, di era digital saat ini, UMKM diharapkan juga sudah menggunakan teknologi sistem digital terbaru, termasuk di dalamnya manajemen pendataan karyawan dan diikuti dengan teknologi lainnya agar dapat bersaing di pasar global.

Sekarang tak perlu berkecil hati, karena ada kabar baik bagi pelaku UMKM karena saat ini sudah banyak software absensi atau aplikasi absensi gratis yang dapat digunakan. Jauh lebih praktis, bahkan ada yang dapat dioperasikan hanya dengan menggunakan perangkat ponsel. Tinggal dipilih aplikasi absensi yang sesuai dan yang dapat mengakomodir semua kebutuhan manajemen data pegawai.

Manajemen terbantu dalam membuat laporan dan pembayaran penggajian, karyawan atau pegawai pun puas karena data yang akurat.

Rekomendasi Software Absensi Terbaik untuk Pengelolaan Bisnis

Menggunakan software absensi atau aplikasi absensi jauh lebih unggul dalam semua aspek. Diantara keunggulan menggunakan software absensi selain sangat praktis adalah mudah diakses oleh semua karyawan melalui smartphone. Sangat efisien, baik bagi karyawan maupun tim manajemen.

Keunggulan lain yang memudahkan adalah sistem online yang digunakan, software sudah terintegrasi secara otomatis pada banyak fitur seperti jadwal kerja, lembar pengajuan cuti, pengajuan lembur, izin tidak masuk atau izin sakit, serta fitur penggajian (perhitungan payroll).

Keakuratan data juga sangat terjamin karena sulit dicurangi. Selain itu juga hemat biaya karena tidak ada biaya pengadaan barang, biaya maintenance mesin absensi. Software absensi yang digunakan cukup diinstal pada ponsel pintar karyawan dan dioperasikan dengan mudah secara online. Sangat praktis dan efisien.

Agar tidak bingung memilih software absensi atau aplikasi absensi yang sangat banyak dipasaran, yuks simak hingga selesai ulasan artikel ini. Beberapa yang terbaik dari aplikasi absensi akan dibahas dapat dijadikan pilihan.

Berikut 4 rekomendasi software absensi atau aplikasi absensi pilihan yang cocok untuk memanajemen kehadiran karyawan atau pegawai.

1. GajiHub

Software absensi GajiHub merupakan aplikasi absensi buatan anak bangsa. Hadir dengan tujuan untuk mengubah dan mempermudah proses pengelolaan HR dan payroll (skema penggajian yang sudah ditentukan tanggalnya) untuk bisnis kecil atau UMKM.

Software absensi atau aplikasi absensi GajiHub
foto credit to GajiHub

Diharapkan dengan menggunakan software absensi online dari GajiHub maka administrasi dan pengelolaan manajemen SDM UMKM akan jadi lebih baik dan transparan, sehingga nantinya mampu bersaing di pasar nasional ataupun global. Bukan hanya marketing-nya saja yang harus di-up online, manajemen SDM-nya juga harus tertata baik.

Kehadiran software absensi online GajiHub akan membuat pebisnis UMKM semakin melek teknologi sehingga mampu meng-upgrade bisnis ke level berikutnya.

Keunggulan software absensi atau aplikasi absensi GajiHub diantaranya:

  • Absensi dengan GPS. Data kehadiran pegawai terpantau secara akurat melalui penetapan lokasi absensi dengan dukungan GPS dan selfie.
  • Abuse Detection. Deteksi penyalahgunaan, sisten akan menolak presensi jika terdeteksi menggunakan fake Gps, fake IP. Aplikasi absensi GajiHub membantu pegawai lebih disiplin.
  • Integrasi Mesin Absensi Fingerprint. Jika sebelumnya UMKM sudah menggunakan mesin absensi fingerprint, maka jika menggunakan software absensi GajiHub tinggal melakukan sinkronisasi jadwal otomatis secara real time dengan fitur absensi mobile tanpa perlu penyesuaian manual.
  • Otomatis catat lembur dan cuti karyawan. Sehingga penghitungan payroll bulanan, allowance, bonus tahunan menjadi akurat.
  • Tersedia Fitur clock-in dan clock-out absensi. Dengan adanya fitur ini di software absensi memudahkan rekap absensi untuk penghitungan gaji.
  • Terintegrasi dengan Fitur Payroll. Rekap absensi, semua data kehadiran, cuti, lembur, terhitung secara otomatis dan terkoneksi dengan payroll tanpa proses manual.

Software absensi GajiHub ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Aplikasinya bakal membantu pendataan absensi dan penggajian karyawan secara efesien dan akurat. Aplikasi GajiHub yang berbayar juga bisa menghitung pajak karyawan dengan kelola PPh 21 serta menghitung premi BPJS dengan fitur kelola BPJS.

2. Time Clock Wizard

Aplikasi absensi karyawan Time Clock Wizard merupakan aplikasi keluaran New York, Amerika Serikat. Ada fitur penggantian jadwal hingga jam kerja karyawan. Cukup lengkap untuk memantau presensi karyawan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur payroll yang membantu tim HRD dalam menghitung gaji pokok dan lembur. Aplikasinya juga kompatible untuk karyawan yang jumlahnya banyak.

3. CKZ Time Clock

CKZ Time Clock juga aplikasi yang berasal dari Amerika Serikat. Fitur yang ditawarkan cukup menarik, mulai dari employee management, task management, scheduling, customer support, dan lainnya. Untuk men-test penggunaannya bisa jajal trial gratis, tetapi jika ingin menggunakannya lebih lanjut secara optimal harus berbayar.

4. Timely

Aplikasi Timely juga milik perusahaan software absensi asal luar negeri. Aplikasi ini dapat melacak kenerja karyawan melalui akses satu dashboard. KPI (Key Performance Indicator) yang ada di Timely semua aktivitas karyawan dapat diinput secara real time. Ada fitur dokumen lembur serta timesheet untuk mengelola proses penggajian.

Sebenarnya bukan hanya 4 di atas software absensi terbaik yang dapat dipertimbangkan, masih banyak pilihan software absensi karyawan terbaik yang tersebar. Akan tetapi khusus untuk UMKM yang sedang berkembang, rasanya akan lebih sejiwa jika bergandengan dengan aplikasi absensi yang dikembangkan oleh anak negeri.

So, selamat memilih aplikasi absensi untuk mengembangkan bisnis UMKM yang Anda kelola saat ini. Waktu untuk manajemen pendataan karyawan jadi lebih efisien, sehingga dapat dipergunakan untuk memikirkan ide-ide pengembangan bisnis lainnya. Karyawan juga terbiasa disiplin dan percaya dengan sistem yang digunakan. Suasana kerja pun jadi makin kondusif. Semoga usahanya semakin berkembang. Sukses ya!

Salam dari jejak mata, rasa, dan pikiran YSalma.

62 comments

  1. Memudahkan banget ya software presensi gini. Dulu harus nyatat manual sekarang sudah serba otomatis bahkan terintegrasi dengan gaji.

    Suka

  2. Selama dulu ngantor gak pernah kepikiran soal ini loh, mbak. Ternyata banyak pilihan juga ya untuk sistem aplikasi absensi. Apalagi masing-masing menawarkan keunggulan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bener-bener membantu pengusaha UMKM

    Suka

  3. Aku baru tahuuuu ternyata ada software khusus absensi gini haha. Luar biasa emang internet, UMKM sekarang bener2 udah naik kelas dan bisa dikelola layaknya company gede ya kalau urusan absensinya profesional gini

    Suka

  4. Wahh luamayan banyak ada aplikasi absensi untuk karyawan begini yaa, lebih praktid dan lebih cepat tentunya kalau dipakai untuk pengelolaan SDM UMKM

    Suka

  5. duh cinta banget sih sama yang bikin-bikin aplikasi begini, memudahkan hidup orang ya hihi.. keren nih jadi gak manual lagi bisa memperingkas pekerjaan HR

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.