8 Bahan di Dapur Untuk Skincare Alami – Bikin Kulit Wajah Halus


Wajah bening dengan kulit mulus nan sehat selalu mencuri perhatian siapapun yang melihatnya. Akan tetapi, tujuan utama merawatnya bukanlah itu, melainkan sebagai bentuk terima kasih pada diri sendiri.

Sekarang ini memakai skincare dasar untuk perawatan wajah merupakan sebuah keharusan, walaupun hasil pemakaian skincare atau face care tersebut memerlukan waktu. Tidak seperti memakai make up yang hasilnya seperti sulap, langsung terlihat perubahannya.

Bahan dapur untuk skincare alami perawatan kulit wajah

Pemakaian skincare baru terlihat efeknya setelah rutin digunakan, setidaknya setelah 2 minggu. Itu pun yang terlihat baru sedikit tanda perbaikan pada kulit wajah.

Makanya tak heran, hampir semua perempuan dan sekarang juga laki-laki pada rela merogoh kocek yang lumayan, serta meluangkan waktu khusus untuk merawat wajah. Mulai dari membeli skincare seperti facial wash, pelembap, dll, hingga rajin menyambangi dokter kulit.

Semua itu karena hasil perawatan dengan skincare yang tepat itu baru akan diapresiasi setelah sepuluh atau dua puluh tahun kemudian, alias kulit nampak awet muda dibandingkan yang tidak melakukan perawatan.

Makanya, nggak salah juga kalau dikatakan bahwa perawatan wajah sejak usia remaja itu termasuk ‘investasi’ untuk usia dewasa.

Nah, untuk kamu yang masih usia remaja, belum punya penghasilan sendiri, tak perlu berkecil hati. Ada bahan-bahan di dapur yang selalu tersedia di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Lebih murah dan mudah, tapi hasilnya tak kalah dengan perawatan di klinik kecantikan ataupun menggunakan produk modern.

Atau untuk kamu yang berada dalam situasi salah satu produk skincare sudah habis dan belum sempat membeli, atau budget-nya terpakai untuk yang lain dulu. Nggak perlu khawatir, merawat kulit wajah tetap bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Skincare Alami dari Bahan di Dapur yang Bikin Kulit Wajah Mulus, Glowing Sehat

Admin ysalma.com termasuk remaja tempo doeloe yang lumayan rajin memanfaatkan bahan alami yang mudah didapatkan sebagai skincare tubuh atau face care. Apa saja bahan yang dimaksud, yuks mari simak tulisan di berikut ini:

  1. Jeruk Nipis, Peeling Natural
Bahan dapur skincare alami jeruk nipis

Kulit wajah yang tampak kusam karena tumpukan kulit mati, jeruk nipis merupakan salah satu pilihan ampuh.

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa alami AHA (Alpha Hydroxy Acid). Salah satu fungsi senyawa ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit jadi lebih halus.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah, oleskan irisan jeruk nipis ke wajah yang sudah dibersihkan, tunggu hingga kering, setelah itu bilas dengan air hangat. Terakhir bilas dengan air dingin agar pori-pori yang sempat terbuka oleh air hangat kembali menutup.

Jeruk nipis juga bersahabat dengan kulit wajah bekas jerawat.

  1. Bengkuang, Masker ‘Pemutih’ Alami

Bagi yang rajin ngerujak, dapat dipastikan selalu ngiler ngelihat bengkuang segar.

Buah bengkuang sudah dipercaya khasiatnya dari zaman baheula sebagai bahan utama masker penghilang flek hitam di wajah.

Cara menggunakannya juga mudah. Bengkuang segar dibersihkan, kemudian haluskan. Oleskan ke wajah secara merata seperti menggunakan masker pada umumnya. Kulit terasa sejuk. Diamkan lebih kurang 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Terakhir bilas dengan air es. Jika dipakai secara rutin, kulit wajah nampak bersih dan segar.

  1. Kunyit, Masker Alami Penghalus Kulit Wajah
Bahan dapur skincare alami kunyit

Yang demen nonton hasil karya sineas India tentunya familiar dengan masker kunyit. Sebab masker dan luluran berbahan kunyit bagian dari tradisi.

Terlepas dari itu semua, kunyit mengandung antioksidan antiinflamasi alami. Kunyit dapat membantu mengempeskan jerawat dan bekasnya.

Agar mudah membuat maskernya, gunakan kunyit bubuk. Caranya juga mudah, campur 1/2 sendok teh kunyit dengan 1/2 sendok makan madu dan 1/2 buah air perasan jeruk nipis. Aduk rata hingga seperti pasta. Kemudian apply ke wajah yang sudah dibersihkan hingga merata. Setelah 10-15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

  1. Teh, Krim Anti Aging Alami
Bahan dapur skincare alami teh

Bukan rahasia lagi kalau teh mempunyai banyak manfaat. Kandungan tanin dalam teh mampu mengatasi kulit yang kelelahan dan juga terbakar matahari. Kulit akan tampak awet muda jika rutin digunakan.

Bahkan, mata yang sembab, masalah kantung mata, dapat diatasi dengan mengompresnya menggunakan sekantong teh celup yang sudah didinginkan.

Memanfaatkan teh untuk skincare wajah juga mudah, tinggal seduh teh kental (jangan dicampur gula) kemudian diam kan semalamam. Keesokan harinya, air teh tersebut oleskan pada wajah, biarkan kering dengan sendirinya. Setelah itu bilas dengan air hangat, akhiri bilasan dengan air biasa.

  1. Minyak Zaitun (Olive Oil), Pelembap Alami Wajah

Khusus untuk kulit normal kering dan kering sangat bisa memanfaatkan minyak zaitun atau olive oil sebagai perawatan.

Berdasarkan informasi dari International Olive Council (Organisasi antar pemerintah dari negara-negara yang memproduksi zaitun dan produknya), minyak zaitun mengandung banyak vitamin, diantaranya vitamin A, D, K, dan E.

Kandungan squalen dari minyak zaitun dapat membantu mencegah kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, melembapkan kulit serta membasmi bakteri penyebab jerawat.

Cara pakainya cukup dioleskan pada wajah sambil dipijat lembut. Pemakaian secara teratur membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

  1. Tomat, Facial Alami Penghilang Komedo
Bahan dapur skincare alami tomat

Tomat selain untuk makan, dapat juga dimanfaatkan untuk facial wajah. Jika rutin digunakan sesuai aturan umum facial, maka kulit wajah akan bersih dari komedo.

Caranya juga mudah, iris tomat kemudian oleskan ke kulit wajah. Pada kulit yang berjerawat biarkan irisannya menempel. Setelah 15 menit bilas bersih dengan air.

  1. Madu, Menghilangkan ‘Noda’ Membandel

Noda di wajah yang dimaksud tentu saja jerawat dan bekas jerawat. Madu alami termasuk obat mujarab. Penggunaannya juga sama dengan bahan lain, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, diamkan, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Madu juga sering digunakan untuk merawat bibir agar tetap lembab. Bahkan bibir pecah-pecah lebih sering diobati dengan madu.

  1. Kopi, Whitening Alami agar Kulit Glowing

Tak ada serum wajah, kopi pun jadi. Kopi yang digunakan adalah bubuk kopi murni. Saya sebagai penyuka kopi sangat senang menggunakan bahan kopi untuk perawatan wajah dan juga lulur. Apalagi jika kulit sedang gosong karena kelamaan bersepeda atau kelamaan main di sungai.

Cara memanfaatkan bubuk kopi murni untuk masker wajah juga mudah. Seduh 1 sendok makan bubuk kopi dengan sedikit air panas, aduk hingga seperti pasta, tambahkan 1/2 sendok teh minyak zaitun dan beberapa tetes madu. Campur semuanya hingga rata.

Oleskan pasta kopi pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.

Setelah pemakaian kulit akan terasa lembut dan nampak bersih. Jika rutin menggunakan, seperti pemakaian masker pada umumnya, 2-3 kali seminggu. maka kulit wajah yang kusam akan bersih, halus, dan glowing kembali.

Memanjakan wajah sendiri di rumah sembari me time tidak lagi melulu tergantung pada produk skincare atau face care yang sudah jadi. Terlihat sedikit repot, tapi memiliki kulit wajah kencang dan glowing tentunya sangat sepadan.

Walaupun demikian, tetap perlu diingat, sebelum menggunakannya tetap melakukan tes pada kulit. Sebab, walaupun bahannya alami, reaksi tubuh setiap orang berbeda.

Selamat merawat wajah agar mulus dan halus ❤ .
Salam jejak #beauty.

4 comments

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.