Kartu Kredit BCA untuk Belanja Bebas Bunga, Ini Dia Tipsnya


Belanja bebas bunga dengan kartu kredit BCA

Semua alat bantu pembayaran yang digunakan sejatinya untuk mempermudah. Termasuk penggunaan kartu kredit untuk membayar belanja. Bahkan, jika pintar menggunakannya malah menjadi menguntungkan. Yang penting cari tahu tipsnya, dan selalu diingat bahwa kartu kredit hanyalah alat bantu bayar sementara hingga tenggang waktu yang ditentukan.

Cara Cerdik Menggunakan Kartu Kredit BCA

Menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi pembayaran sudah sangat umum dilakukan sekarang ini. Adanya kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit dalam berbelanja menjadi salah satu alasan meningkatnya pengguna kartu kredit setiap tahunnya.

Menggunakan kartu kredit memang bukan tanpa resiko, karena bila tidak digunakan dengan bijak justru akan menimbulkan tagihan yang besar.

Bunga kartu kredit yang akan ditambahkan dalam tagihan setiap bulannya menjadi penyebab resiko tagihan yang besar. Namun bukan berarti kamu jadi tidak menggunakan kartu kredit. Ada cara agar kamu bisa menggunakan kartu kredit BCA untuk belanja, tapi tidak dikenakan bunga. Atau paling tidak, tidak akan membuat kamu terlilit utang.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk ikuti tips berikut ini.

Buat Budget dan Daftar Belanja Terlebih Dahulu

Sebelum mulai berbelanja, tak ada salahnya bila kamu membuat daftar belanja dan perkiraan pengeluaran terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu memiliki gambaran terlebih dahulu seberapa bersar tagihan kartu kredit yang harus kamu bayar di bulan berikutnya. Batasi penggunaan kartu kredit dan sesuaikan dengan pemasukan bulananmu.

Belanjalah sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

Gunakan Promo Kartu Kredit

Umumnya kartu kredit akan menawarkan beragam promo yang bekerja sama dengan merchant-merchant tertentu. Cari tahu terlebih dahulu sebelum berbelanja, merchant mana saja yang sedang ada promo dengan kartu kredit yang kamu gunakan. Beberapa bank juga bekerja sama dengan supermarket besar, menawarkan diskon atau cashback. Tak jarang ada cicilan dengan bunga 0% yang tentunya akan membuat kegiatan berbelanja semakin menyenangkan. Tapi ingat, tetap kendalikan napsu belanjamu. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan, bukan kemauan semata.

Bayar Tagihan Penuh

Meski ada pilihan untuk membayar tagihan kartu kredit dengan minimun payment, usahakan agar selalu membayar penuh tagihan kartu kredit setiap bulannya. Biasanya tagihan minimum memang hanya berkisar 10% saja dari total tagihan, tak jarang angka ini membuat kamu akan merasa ringan membayar cicilan.

Tapi jangan sampai terjebak. Kalau kamu hanya membayar tagihan minimun, sisa tagihan yang belum lunas akan dikenakan bunga yang cukup besar di bulan berikutnya. Mengerikan bukan? Lagi pula dengan kamu langsung melunasi tagihan kartu kredit begitu tagihan datang, kamu tidak akan dikenakan bunga sama sekali.

Membayar sesuai dengan tagihan minimun hanya akan menjadi solusi yang ringan sementara waktu, tapi justru akan menjadi beban di kemudian hari. Mana yang kamu pilih, ringan di awal tapi kemudian terasa berat, atau berat di awal tapi kemudian ringan?

Bayar Sebelum Jatuh Tempo

Jangan pernah terlambat membayar tagihan kartu kredit. Ini adalah rumus yang paling utama dalam menggunakan kartu kredit. Keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda. Denda yang diberikanΒ  diakumulasikan dari total tagihan dan berbunga sejak hari pertama keterlambatan pembayaran. Bayangkan bila kamu terlambat membayar lebih dari satu hari, berapa banyak bunya yang harus kamu bayar.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memasang reminder agar tidak terlambat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit/credit card (CC) . Mencegah memang selalu lebih baik bukan?

Nah, itu tadi beberapa tips agar kamu bisa berbelanja menggunakan kartu kredit tapi bebas dari bunga. Tidak ada salahnya menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi pembayaran. Hanya kamu perlu mengingat kalau memiliki kartu kredit harus memiliki tanggung jawab finansial yang besar. Kamu harus cerdas dalam mengelola keuangan yang baik. Menggunakan kartu kredit BCA untuk belanja? Coba cek https://www.cekaja.com/banks/bca/kartu-kredit dengan banyaknya penawaran jenis Kartu Kredit BCA yang banyak yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

31 comments

  1. Jika pinter menggunakannya, kartu kredit memang sangat membantu sekali ya. Syaratnya harus punya budget cukup untuk membayar tagihannya pada bulan berikutnya.

  2. Setuju, Mbak.
    Karena CC bisa menjadi alat belanja.
    Kalau kita pandai menagturnya ga akan kok sampai terbelit hutang seperti yang orang-orang takutkan.

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.