Rekomendasi Aktivitas Seru di Tebet, Kulineran Enak hingga Wisata Keren


Apa yang terlintas di kepalamu pertama kali kalau mendengar kata Tebet, Temans? Kalau saya sih patung Dirgantara atau patung Pancoran sonoaan dikit. Maklum termasuk anak muda jaman dulu, hehehe.

Memangnya ada tempat dengan spot menarik yang dapat dituju untuk melakukan aktivitas seru dan wisata keren bareng keluarga, komunitas, sahabat, atau orang-orang tersayang selain melakukan kulineran di Tebet?

Eits, tentu ada. Melimpah malah! Tebet merupakan salah satu Kecamatan di Kota Administratif Jakarta Selatan lho. Catet ya, JakSel!

Banyak tempat rekreasi teduh yang dapat dijadikan tujuan liburan atau melakukan aktivitas melepas penat di Tebet.

Kulineran di Tebet dan aktivitas wisata seru

Ingin refreshing sejenak dengan menyegarkan kepala dengan melihat tempat hijau, teduh, dan tenang setelah sumpek berada dalam rutinitas di antara gedung-gedung pencakar langit di Ibu Kota Jakarta. Yuks melipir ke Tebet!

Rekomendasi Aktivitas Menarik di Tebet, Pas untuk Healing dan Refreshing

Saya pertama kali ke Jakarta saat melakukan kegiatan study tour zaman jadi anak kuliah. Rombongan kami menginap di salah satu wisma di daerah Bukit Duri yang merupakan salah satu dari tujuh kelurahan di Tebet Jakarta Selatan.

Saat acara bebas, ketika mencari makanan berupa kuliner khas untuk mengisi perut, atau menjadi titik kembali setelah berkunjung ke tempat famili, ataupun setelah jalan-jalan naik bus kota, semuanya merupakan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat di daerah Tebet saat itu. Saya yang anak daerah merasa aman-aman saja.

Daerah Tebet kala itu membuat saya langsung jatuh cinta dengan Jakarta. Makanya setelah lulus dijadikan tempat tujuan merantau, ‘ke Jakarta aku kan kembali’ 😳 .

Lalu, apa rekomendasi aktivitas seru dan menarik yang dapat dilakukan di Tebet saat ini? Mari cari tau informasinya demi healing dan refreshing di tengah kota.

1. Mengunjungi Wisata Hits Tebet Eco Park

Tebet Eco Park merupakan tempat wisata paling populer di kawasan Tebet sekarang ini. Taman yang berfungsi sebagai ruang terbuka hijau dengan berbagai fasilitas pendukung.

Dilansir dari situs resminya, taman ini awalnya bernama Taman Tebet. Kemudian direvitalisasi menjadi taman kota yang nyaman untuk dikunjungi masyarakat dan bermanfaat untuk lingkungan.

Kulineran di Tebet dan wisata Eco Park
foto: tebetecopark

Taman yang dikelola langsung oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta menggabungkan Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan menjadi satu taman terpadu Tebet Eco Park dengan luas sekitar 7,3 hektar.

Taman Eco Park mengusung konsep harmonisasi antara fungsi ekologi, sosial, edukasi, dan rekreasi.

Aktivitas atau kegiatan seru yang dapat dilakukan di Tebet Eco Park, di antaranya:

  • Jogging di Infinity Link Bridge atau olahraga di area Outdoor fitness.
  • Piknik, duduk santai menikmati hijau dan rindangnya pepohonan di area Community Lawn.
  • Bermain dengan buah hati di area Children playground.
  • Berswafoto atau hunting foto menarik dengan jalan santai di Thematic Garden ataupun di Wetland Boardwalk.
  • Menenangkan diri di bawah rindangnya pepohon pada area Forest Buffer.
  • Menikmati keindahan lampu taman di waktu malam.

Masuk Tebet Eco Park tidak dikenakan biaya alias tiket masuk gratis. Jam operasinya, buka setiap hari dari pukul 6.00 – 20.00 WIB.

Lokasi destinasi wisata Tebet Eco Park berada di Jl. Tebet Barat Raya, Rt.01 RW.10, Kec. Tebet, Jakarta Selatan 12820.

2. Nge-mall (Wisata Belanja) ke Kokas dan Tebet Green

Aktivitas seru di ruang terbuka taman kota sudah, selanjutnya melakukan kegiatan untuk self reward dengan nge-mall, bisa untuk sekedar ‘cuci mata’ atau wisata belanja.

Kulineran di Tebet dan wisata belanja kokas
foto: kotakasablanka

Tebet juga memiliki mall yang nge-hits dikalangan anak muda Jakarta dan sekitarnya. Apalagi Tebet memiliki stasiun yang terletak di Jl. Tebet Raya No. 62, Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan.

Salah satu mall yang sering dijadikan tempat janjian ketemu dan dekat dengan stasiun Tebet adalah Mall Kota Kasablanka, seringnya disebut Kota Kasablanka atau Kokas saja.

Mall Kota Kasablanka mulai dibuka secara resmi dari tanggal 31 Agustus 2012 oleh Pakuwon Jati.

Dari situs resmi Kota Kasablanka diketahui bahwa Kokas merupakan pusat perbelanjaan yang terdiri dari 3 lantai parkir basement, 5 lantai pusat perbelanjaan, dan 1 lantai The Kasablanka.

The Kasablanka yang terletak di lantai 3 mall merupakan convention hall dan exhibition center dengan luas mencapai 6.200 meter persegi. Hall ini sering digunakan untuk konser atau fans meeting selebritas.

Lokasi Kokas ada di Jalan Casablanca Raya Kav. 88, Menteng Dalam, Tebet RT.14 RW.5, Kec. tebet, Jakarta Selatan. Jam buka mall dari pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Mall lain di Tebet yang menarik untuk disinggahi adalah Tebet Green. Mall yang dikelola oleh PT Wahana Cipta Sentosa Sejahtera mulai beroperasi sejak tahun 2011, memiliki luas 7.475 meter persegi dan menyediakan berbagai kebutuhan.

3. Wisata Kuliner Enak yang Memanjakan Lidah

Kegiatan aktivitas berwisata mengunjungi satu daerah belum terasa komplit jika belum mencoba kulinernya. Di kawasan Tebet juga banyak kuliner enak yang direkomendasikan untuk dicicipi karena memiliki cita rasa yang memanjakan lidah.

Kulineran di Tebet enak dan murah
foto: instagram @padangmerdeka

Kulineran di tebet menawarkan berbagai menu yang dapat dipilih, mulai dari selera Nusantara seperti nasi Padang Merdeka, nasi Uduk Bro, Nasi Goreng Rempah Mafia, Bebek Kaleyo, Mie Ayam Haji Yunus, Bakso Boedjangan, Sambal Khas Karmila, dan banyak lagi.

Kalau ingin nongkrong di kafe dengan nuansa Jepang bisa melipir ke Ren Coffee and Eatery yang lokasinya dekat dengan Stasiun Tebet. Tepatnya di Tebet Barat IX No. 30, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan. Menunya ada ayam geprek, croissant, dan lainnya. Buka setiap hari dari pukul 9.00 – 21.00 WIB.

Jika ingin mencicip kuliner Korea di Tebet tinggal singgah ke Gamchi Potato Cheese Bread. Menyediakan camilan Korea berbahan adonan kentang dengan keju mozzarella. Berlokasi di Tebet Utara No.4, Kec. Tebet, Jakarta Selatan.

Tinggal pilih kulineran di Tebet yang sesuai seleramu, Temans.

4. Wisata Religi ke Masjdi Perahu

Jangan lupa untuk melengkapi aktivitas dunia dengan melakukan wisata religi di daerah Tebet, yaitu dengan mengunjungi Masjid Perahu.

Kulineran di Tebet dan wisata religi masjid perahu
foto: islamic-center

Masjid unik ini sebenarnya memiliki nama asli Masjid Agung Al-Munada Darussalam Baiturrahman. Berlokasi di Janan Raya Casablanca No.38, RT.3 RW.5, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Jakarta Selatan.

Mencari lokasi Masjid Perahu memang agak membutuhkan effort, karena lokasinya yang agak tersembunyi di antara dua apartemen yang berada di Jalan Raya Casablanca.

Belum lagi dengan akses jalan yang sempit. Pengunjung dengan berjalan kaki dapat masuk melalui gang yang berada di samping apartemen, sedang pengendara sepeda motor dapat melalui jalan kecil di depan Hotel Harris di Jalan Saharjo.

Masjid yang dibangun sekitar tahun 1963 oleh KH Abdurrahman Maksum ini memiliki perahu. Bangunan perahunya terinspirasi dari kisah Nabi Nuh A.S. Lantai atas bangunan perahu digunakan untuk rapat pengurus dan bagian bawah untuk tempat wudhu dan kamar mandi.

Selain ciri khas perahu, Masjid Agung Al-Munada memiliki keunikan lain, yaitu di dindingnya tertulis ayat-ayat Al-Qur’an, pada dua tiang jatinya terukir Ayat Kursi dan SUrat An Nur.

Serta di perpustakaannya terdapat Al Qur’an ukuran besar dengan cover dari kayu jati. Al Qur’an berukuran besar tersebut dikelilingi bebatuan giok yang dibingkai kaca.

Masjid yang benar-benar dapat mengembalikan kesadaran sebagai seorang hamba setelah beraktivitas penuh seharian di daerah Tebet.

Selamat kulineran di Tebet dan melakukan kegiatan seru lainnya ya, Temans.

Melukis bahagia tidak perlu jauh-jauh, cukup datangi tempat yang memberikan rasa nyaman dan cicip kulinernya dengan membiarkan waktu melambat.

Salam jejak #Kuliner dari mata, rasa dan pikiran YSalma.

Referensi tulisan:
Pengalaman pribadi
https://tebetecopark.id/
https://www.kotakasablanka.co.id/

44 comments

  1. Dari tempat wisata yang dibahas ini saya paling seri cuma ke mall Kota Kasablanka saja, jadi pengen ke Tebet Eco Park dan masjid Parahu itu juga unik soalnya ya.

    Suka

    • Kokas memang mall terlengkap di Tebet, strategis untuk dikunjungi dan tempat janjian ketemu, serta cocok untuk semua kalangan.
      Tebet Eco Park salah satu ruang terbuka hijau di Jakarta yang keren. Semoga terus terawat.

      Suka

  2. Wah ternyata di Tebet banyak juga ya Kak tempat wisatanya. Sayang sekali, satu kalipun belum pernah aku kunjungi! Padahal aku udah pernah tinggal 4,5 tahun di tangerang selatan. Padahal deker itu ya ke Tebet. Tinggal naik KRL aja dari rumah hihihi 😂

    Suka

  3. Ternyata banyak banget destinasi recommended di Tebet
    Udah lama saya enggak ke kerabat yang tinggal di sini
    Jadwalin ah, pingin kulineran ^^

    Suka

  4. Saya paling suka di tepat wisata atau apapun itu terdapat masjid. Terutama untuk melepas lelah dan bersujud kepada Yang Maha Kuasa… Btw, kulinernya juga enak2 ya di Tebet kak…

    Suka

  5. Saya jarang ke Jakarta, tapi pernah ke Tebet beberapa kali. Kirain cuma ada wisata mall dan kulineran saja, ternyata ada ecopark juga. Bahkan ada masjid perahu. Jadi ingin ke Jakarta Selatan lagi, nih, apa pura-pura main ke rumah bude di sana ya.

    Suka

  6. Yang masjid perahu daku belum pernah nih kak ke sana. Ternyata lokasinya tersembunyi gitu ya kira².
    Berarti kalau ke sekitaran Kuningan dan apartemen Rasuna bisa nih ya sekalian mampir

    Suka

  7. Dulu waktu kecil kalo alm ibu bilang mau ke Tebet langsung inget nya pengajian majlis taklim terkenal Assyafiiah. Sekarang udah gede langsung inget nya stasiun yang strategis ke perkantoran, mall, kuburan, dan Ecopark. Aku baru tau nih ada masjid perahu

    Suka

  8. Wah, boleh dicoba nih rekomendasi kak Salma. Sejauh inj kalo ke Jakarta cuma ke tanah abang, dll. Belum pernah mengunjungi taman hijau seperti tebet eco park.

    Suka

    • Cuss kak Sendy asik loh ke Eco Park. Yang penting mau masuknya daftar dulu di aplikasi Jaki yak buat berapa jumlah pengunjungnya terus eksplor hijau² deh di sana. Adem.

      Suka

  9. Cantik sekaliii.. Tebet Eco Park.
    Aku pernah main ke Tebet dan ujung-ujungnya memang nge-mall sih yaa.. Uda lejen banget main ke mall Kokas sama nglewatin terowongannya, heheh.. Soalnya banyak kisah mistisnya.

    Suka

  10. Saya saat pertama merantau ke Jakarta, saya bekerja di perusahaan air minum, Mbak. Jadi wilayah antaran saya itu Tebet dan sekitarnya, termasuk Bukit Duri, Gidang peluru, Ros, Rasamala, sampai Saharjo.
    Dan Tebet ini memang luas sekali. Dari Tebet Raya, Tebet Dalam dan lainnya. Sejak dulu di saja sudah banyak tempat kuliner anak. Saya sering ke Mall Kota Kasablanka

    Suka

  11. Wah…kok baru tahu kalau ada Ecopark di Tebet. Aku setahun sekali adalah ke Kokas, sehabis ziarah Ibu & kakak di Menteng Pulo, mampir Kokas. Kulineran…
    Penasaran dengan Masjid Perahu…

    Suka

  12. Terkadang suka bingung kalau lagi melintas disatu tempat, salah satunya tebet. Ternyata disini juga banyak tempat yang bisa dikunjungi plus bisa juga untuk menikmati makanan enak. Kumplit ya, mata dimanjakan plus perut terisi kenyang!

    Suka

  13. Udah lama di Jkt malah baru tau ada masjid perahu ini. Pdhl hampir tiap pekan hilir mudik area sini utk ke Kokas wkwkwk.

    Mal idaman warga Jkt ini emg lengkap bgt sih. Apalagi kosanku di kawasan Salemba. Ga jauh lah kl ksni. Lbh enak lewat pintu belakang dr Manggarai. Jd ga padet merayap kalo lewat Rasuna Said dan Casablanca.

    Suka

  14. Wah asyik juga ya ke Tebet. Apalagi ada banyak rekomendasi wisata sederhana yang bisa bikin refresh otak. Tertarik sama eco park dan masjid perahu nih

    Suka

  15. Hihi,…happening banget memang membicarakan gaya sosialita anak Jaksel. BTW baru tahu, nih, kakTebet ternyata memiliki banyak tempat yang menarik ya, dari mulai tempat kongkow yang nyaman samapi yang pas dijadikan tempat singgahan ketika lapar alias kulineran. Penasaran pingin main ke Masjid perahu, kayanya memang harsu bawa motor ya, biar gampang sampai sana.

    Suka

  16. Pikiran saya langsung pengen healing alias piknik, hehe… Meski cuma duduk santai menikmati hijau dan rindangnya pepohonan di area Community Lawn tapi bukankah itu sangat special? Apalagi sekarang udara di ibukota dan sekitarnya sedang buruk, jadi pohon pelindung itu harus kita dekati…

    Suka

  17. Masjid Perahu dan Tebet Eco Park. Tempat yang dalam wishlist aku nih.

    Masjid Perahu itu unik banget, selain bangunannya yang berbentuk perahu, kita juga berwisata sejarah di sana.

    Sedangkan Tebet Eco Park ini, keren asliii.. di Tebet, Jakarta Selatan yg kebanyakan gedung-gedung bertingkat, ada hutan yang luas dan banyak spot menarik.

    Suka

  18. Semuanya seru sih, tapi keknya aku bakal skip yang ngemol, karena walo pun niat awalnya sekadar cuci mata, tapi tetep aja takut kalap, wkwk..

    Suka

  19. masjid perahu unik ya, penasaran juga pengen kesana. tapi saya juga pengen mengunjungi Tebet Eco Park kalau ke Jakarta (yang entah kapan, hihihi)

    Suka

  20. wah tebet memang surganya kulineran di jakarta ya, banyak bgt pilihan kafe maupun outlet makanan endes surendes, plus klo mau murmer bs olahraga pagi di tebet eco park dan lanjut cari sarapan di sekitarnya deh

    Suka

  21. Tebet Eco Park ini gratis kan yaa..
    Pengen main ke ruang publik Jakarta yang tentunya terasa banget bedanya. Hehehe.. aga norak, but true, aku suka banget sama gedung-gedung tinggi di Jakarta.

    Suka

  22. sering dengar nama tebet tapi nggak tahu lokasinya di mana. pas googling ternyata di jaksel yaa. asli deh jakarta ini luas banget kalau dibandingkan dengan kotaku. aku sendiri kalau ke jakarta tahunya jakarta pusat doang kayaknya. hehe. semoga nanti bisa mengunjungi kota lain di jakarta dan tempat wisatanya yang seru

    Suka

  23. pokoknya mah mau kemana juga paling seru tuh kalau wisata kuliner ya mba, mengenal aneka makanan daerah secara langsung bukan cuma liat di foto google wkwkwk

    Suka

  24. aku inget tebet ingetnya stasiun tebet wkwkwk, iya enak dari tebet ke Kokas, deket banget naik angkot atau naik ojol, udah lama ga ke stasiun tebet, jadi pengen nyari kuliner di sana

    Suka

  25. Wah seru juga ternyata jalan-jalan di Tebet ya.. Dari yg disebutkan di atas, aku paling ingin ke Tebet ECO Park deh.. sepertinya nyaman utk berlama-lama menghabiskan waktu di sana ya.. Terimakasih sharing info nya mba…

    Suka

  26. Banyak yang suka ke Kokas. Kalau saya malah kebalikannya. Mallnya memang lengkap, sih. Tapi, saya malas kena macetnya hahaha.

    Kalau kulinerannya semangat, deh. Tebet memang salah satu surga kuliner. Kayaknya kuliner apa aja ada di sana.

    Suka

  27. Ternyata Jakarta tidak semua macet ya mbak. Masih ada sisi lain yang nyaman untuk dijadikan tempat wisata, seperti Tebet contohnya. Kayaknya saya harus kesana dan menikmati berbagai aktivitas menarik disana….seru sepertinya.

    Suka

  28. Aku kok bacanya malah Tibet pas awal…xixixi… Aku tahunya dulu pancoran aja, dalem-dalemnya ga sempat tahu. Pengen nyoba mie ayam nya jadinya nih….

    Suka

  29. Aku beberapa kali makan sekitaran Tebet ini, kadang suka sengaja dari Bandung pengen ngeliat suasana Jakarta malam hari sambil kulineran. Memang menyenangkan, apalagi jalan bareng keluarga menikmati momen yang ada.

    Suka

  30. Unik banget ya, ka Salma..
    Wisata ke Masjid Perahu. Selain masjidnya yang berlokasi di Tebet, tengah kota Jaksel, juga bisa sekalian mengunjungi beberapa rekomendasi wisata lainnya yang menyenangkan.

    Suka

  31. Aku juga suka janjian di KOKAS dan sekitarnya karena kulinernya enak dan juga jangkaunnya sangat mudah dan murah. TInggak naik krl dan lanjut angkutan umum. Di sana tersedia beragam tempat yang asyik untuk dinikmati ya mba

    Suka

  32. sebagai orang yang tinggal nun jauh di sulawesi, hanya bisa menikmati keindahan wisata di tebet ini lewat artikel atau gambar. semoga suatu saat nanti saya bisa juga berkunjung ke sana

    Suka

  33. Waduh, mau banget deh jalan-jalan traveling ke Tebet. Banyak ya tempat yang bisa disinggahi. Kulinernya juga banyak. Aku kalo ke Jakarta mainnya belom terfokus. Ke tempat yang favorit atau yang memang sedang aku singgahi. Nanti kudu nih main-main ke Tebet.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.