4 Jenis Jaket Parka


Jaket menjadi pakaian yang sangat digemari oleh seluruh kalangan. Sebab jenis pakaian ini bisa dipakai di segala cuaca. Tidak hanya itu, jaket juga bisa difungsikan sebagai item fashion yang digunakan dalam berbagai aktivitas. Dari beragamnya penggunaan jaket ini, jenis jaket pun semakin banyak. Artikel ini akan membahas jenis jaket parka secara lebih dalam.

Jaket parka jenis trendi kekinian

Salah satu jenis jaket yang populer di Indonesia ialah jaket parka. Jaket parka atau biasa disebut anorak adalah jaket yang memiliki panjang hingga melewati pinggang dengan item hoodie atau kupluk. Nah, supaya memahami lebih jauh mengenai jaket parka, simak artikel ini sampai tuntas ya!

4 Jenis Jaket Parka Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli

1. Jaket Parka Fishtail

Jaket parka fishtail biasanya berukuran besar dan memiliki kupluk. Jenis jaket ini dirancang untuk digunakan pada musim dingin atau suhu di bawah -10o C dengan hembusan angin yang kencang. Hal ini menjadikan jaket parka fishtail sering dipakai sebagai pelapis pakaian pada cuaca yang ekstrem.

Jaket parka fishtail

Jaket parka fishtail ini cukup populer di Indonesia, meskipun Indonesia memiliki iklim tropis yang identik dengan cuaca panas. Jaket model ini termasuk pakaian luar (outer) trendi yang sering digunakan oleh anak muda baik pria atau wanita untuk hangout di malam hari.

Pada tahun 1960 di Inggris parka fishtail menjadi simbol budaya mod. Sebab pakaian ini menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi tubuh dari paparan debu ketika berkendara. Namun di satu sisi, parka ini akan tetap membuat pemakainya terlihat stylist dan rapi walaupun sederhana.

2. Jaket Parka Cagoule

Jaket parka cagoule memilik ciri khas ada kantong di bagian depan, serta kupluk yang dilengkapi dengan tali dan resleting. Nama parka ini diambil dari bahasa Inggris. Cagoule sendiri adalah istilah untuk parka yang ringan dan tahan cuaca dengan panjang selutut.

Jaket parka cagoule

Jaket ini juga populer di Inggris selama tahun 1970-an. Pada beberapa versi pembuatan, di saat parka ini digulung, kupluk pada parka ini dapat berfungsi ganda. Selain untuk melindungi kepala, kupluk juga dapat dijadikan sebagai tas dengan memasukkan parka tersebut ke dalamnya setelah digulung.

3. Jaket Parka Ringan

Jaket parka ringan merupakan satu dari beberapa jenis jaket parka. Jaket parka ringan sendiri memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh jaket parka jenis lainnya. Salah satu keunggulannya ialah jaket jenis ini memiliki karakter yang ringan sehingga akan ringkas dan mudah dibawa bepergian.

Bahkan, saking ringannya, jaket ini bisa kamu lipat kecil dan dimasukkan ke dalam pouch. Hal ini tentu akan membuat bawaanmu jadi sangat ringkas bukan?

Jaket parka ringan

Keunggulan lain yang dimiliki oleh jaket parka ringan ini adalah sifatnya yang anti air serta terkadang juga disertai dengan perlindungan dari sinar UV. Berbagai keunggulan ini tentunya akan sangat sesuai untuk penggunaan di negara tropis seperti Indonesia. Jaket yang dijadikan model pakaian outer kekinian multi fungsi saat musim penghujan.

Jaket parka ringan akan sangat cocok untuk kamu pakai dalam aktivitas outdoor di siang hari, ataupun digunakan dalam pendakian rute pendek dan berolahraga.

4. Jaket Parka Snorkel

Jaket parka snorkel sendiri memiliki sejarah yang erat dengan peperangan. Hal ini karena, awalnya jaket parka ini dipakai oleh kru pesawat militer Amerika di awal tahun 1950-an. Jaket parka ini kemudian mendapat kepopuleran di Eropa sekitar tahun 1960-an.

Hal ini tak mengherankan, sebab secara model, jaket parka ini memang sangat sesuai untuk digunakan di negara dingin seperti Benua Biru. Jaket parka snorkel memang sangat tebal, bahkan terkadang disertai padding di bagian dalamnya guna menambah kenyamanan dan makin menghangatkan pemakainya di cuaca yang dingin.

Jaket parka snorkel

Jaket parka jenis ini biasanya dibuat dengan bahan polyester murni atau dicampur dengan katun. Hal ini karena bahan polyester sendiri memiliki ketahanan terhadap air, sehingga sangat sesuai untuk dipakai dalam cuaca ekstrem.

Bila Anda ingin membuat jaket parka dalam bentuk custom baik untuk kebutuhan komunitas atau perusahaan, pesan aja di green garment. Selain terpercaya, vendor konveksi tersebut sudah menangani klien lebih dari 200+. Langsung saja Anda kunjungi website resminya di https ://greengarment.id.

Itulah empat jenis jaket parka yang harus kamu ketahui. Ternyata, jaket yang identik dengan ketebalan dan kekuatannya ini memiliki aneka jenis dengan karakteristik yang beragam ya!

Selamat membuat jaket parka sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing.
Salam #lifestyle dari jejak mata, rasa dan pikiran YSalma.

Foto credit to Green Garment edit by admin YSalma

60 comments

  1. Selama ini suka beli dan pakai jacket parka tapi gak tau jenisnya 😀
    Tulisan yang bermanfaat, pembaca jadi tau sebelum menentukan jenis jaket parka yang ingin dibeli

    Suka

  2. Saya punya satu jaket parka snorkel karena enggak pernah traveling lagi jadi tersimpan rapi di lemari..Pengin punya jaket parka ringan, bisa dipakai di sini ya, pas sering hujan ini, pasti mayan menghangatkan badan. Warna pink-nya pun cakep euy

    Suka

  3. Jadi tambah ilmu tentang jaket Parka nih. Yang sebelumnya saya tahu hanya jenis Parka Fishtail yang saya sering bawa saat dalam perjalanan ke luar negeri dengan musim dinginnya. Tertarik untuk beli Parka Ringan karena light dan gampang dilipat. Bermanfaat juga selama musim penghujan ya Mbak.

    Suka

  4. Yang pink itu keren ya, btw baru tau kalau jaket gini namanya jaket parka, keren-keren sih.
    Saya suka make jaket dulunyam bahkan bertemankan jaket ke mana-mana, sekarang udah kebungkus lemak kayaknya, atau memang cuacanya yang panas, jadi jarang jaketan 😀

    Suka

      • hehehe bisa aja, iya Mba, jaket bermanfaat banget ke daerah yang dingin, atau musim hujan, auto laris manis deh jaket.
        Kadang juga kalau tidur di ruang ber AC harus pakai jaket, saking saya nggak kuat dingin 😀

        Suka

  5. Aku baru tahu istilah jaket parka ini Mba…tapi kalau pakai jaket aku memang suka yang panjang melebihi pinggang bahkan sampai di bawah perut. lebih nyaman soalnya buat saya….

    Suka

  6. Daku seneng sama jaket yang nomor 2 dan 3.
    Itu kalau jalan buat naik motor atau pas cuaca dingin bikin nyaman sepertinya

    Suka

  7. Kalau lihat nama dan modelnya berarti saya baru punya yg jaket parka fishtail itu yang pertama. Itu pun udah jarang saya pake, soalnya bagian lengan udah mulai terasa sempit. Sayanya yg nambah gede hehehe

    Suka

  8. Kudet saya mbak, baru tahu soal nama dan model jaket parka ini. Bagus juga ya kalau bisa pesan jaket kembaran gitu sama teman-teman kantor/komunitas

    Suka

  9. Wah, sering liat di drakor-drakor nih, kalau sedang musim dingin orang-orang menggunakan jaket Parak ini. Walaupun jaket, tapi modelnya tetep bikin yang menggunakan terlihat modis ya.. apalagi kalau bisa custom, bisa sesuai keinginan dan selera kita 🙂

    Suka

  10. jadi tertarik untuk beli jaket palka mba, biasanya emang lebih tebel lebih nyaman dipakenya ya. apalagi sekarang banyak parka yg modern style

    Suka

  11. Wah, menarik deh, jaket parka ringan warna pink-nya. Soalnya dapat digunakan untuk segala cuaca. Apalagi untuk Indonesia yang hanya ada cuaca panas dan hujan, pas lah pakai parka ringan model seperti itu. Masukkan ke list belanja, boleh nih.

    Suka

  12. Jaket parka ini estetik banget kalo di pake oleh hijabers ya kak. Suka deh liatnya. Hehe.. Jadi pengen beli jaket model parka ini juga. Hmm..

    Suka

  13. Lihat bentuknya aja pasti jaket ini hangat yaaa kak, cocok untuk dibawa ke tempat-tempat berhawa dingin

    Suka

  14. Aku baru tahu tentang model Parka ini, maklum minim pengetahuan tentang fashion dan ternyata ada pula yang cocok dipakai di Indonesia untuk tambahan OOTD yang bisa bikin kece

    Suka

  15. Aku penggemar Jaket parka nih mbak
    Kalau dari jenis jenis jaket parka yang ditulis disini, aku suka yang Jaket parka ringan

    Suka

  16. Baru tahu kalau jaket parka ada yang bisa dilipat segitu kecilnya sampai bisa masuk ke pouch. Perlu punya nih. Apalagi di musim nggak nentu gini. Panas dan dingin/hujan cepet banget bergantinya.

    Suka

  17. Aku nggak terlalu suka pakai jaket sih kecuali pas cuaca dingin. Tapi aku mulai melirik Jaket Parka Snorkel. Pingin kayak wong-wong Korea sih sebenere. HEhehe

    Suka

  18. Jaket parka ringan nih cocok banget kalau dibawa traveling. Apalagi bisa dilipet sampe kecil dan ngga makan tempat. Cocok banget buat negara tropis kek di sini.

    Suka

  19. Model jaket parka ini terasa hangat karena sampai bawah gitu yaa..
    Dan aku jadi inget film Korea – Turki yang berjudul “Ayla: The Daughter of War”.
    Para pemain orang Turkinya menggunakan jaket Parka yang tebal untuk menghalau musim dingin di saat perang dunia berkecamuk.

    Suka

  20. Oh namanya parka. Yang parka ringan pernah pake. Parka smorkel nggak pernah pake sih tapi kayaknya anget tuh kalo ke daerah pegunungan.

    Suka

  21. Kalau untuk Kustom pastinya jadi makin gereget ya, karena bisa samaan dengan rekan-rekan.
    Apalagi memang jaket seperti ini tuh keren buat dikenakan

    Suka

  22. Berarti jaketku saat remaja disebut jaket parka ya. Yg tipe ringan sih tahan semua cuaca. Dipakai pas ujan juga mayanlah baju seragam jadi ga basah2 amat. Ringan dan bisa dilipet kecil

    Suka

  23. Baru tahu nih jaket yang dimaksud Parka. Wah jenisnya lumayan banyak ya. Jadi ngeh deh kak. Makasih infonya ya…

    Suka

  24. Oalah ternyata jaket yg dibeli suami saya itu namanya jaket parka toh. Saya baru tau setelah baca tulisan ini, wkwkw. Saya kira ini jaket apaan kok bahannya begitu dan model kerah jaketnya lain daripada yg lain

    Suka

  25. Baru tahu kalau ini bentuk Jaket Parka
    Ternyata jaket pun ada banyak jenisnya
    Jadi pengen tahu gimana kehalusan atau tekstur kainnya

    Suka

  26. Aku punya nih jaket parka ringan. Kadang kupakai kakau naik motor. Pengen versi yang lebih tebel dan warna yang lebih eye catching deh..

    Suka

  27. Jaket parka ringan itu kayaknya cocok deh buatku yang suka berpergian. Sepertinya saat liburan bisa banget nanti dibawa nih, isi koper pun bisa lebih ringan,hihihihih

    Suka

  28. Jaketnya kece uey hakakaka…aku suka nih no 1 dan 2 asyik gitu . Keren gitu lho gotic2 gimana gitu kan ya.. tapi emang kalo di indo kurang cocok kali ya panas soalnya. Tapi suamiku pernah punya satu hihi

    Suka

  29. Wah, berarti jaket parka kantorku termasuk yang jenis jaket parka fishtail nih, jadi masih modis dipake plus pastinya anget kalo pas musim hujan hihihi

    Suka

  30. Jaket parka memang keren sih mba menurutku. Selain karena manfaatnya, dipake juga keliatan modis gitu. Dari tulisan ini aku baru tau kalau jaket parka pun ada jenis-jenisnya. Dikasih info garmen pula. Thanks mba

    Suka

  31. Owalah itu namanya jaket parka to? Aku punya dulu waktu diajak masuk hutan. Anti basah & anget di badan meski tipis. Awet bgt sampai sekarang.

    Suka

  32. Menariknya jaket parka itu karena dipake sehari-hari juga tetep modis ya mba. Dan aku baru tahu ternyata ada jenis-jenisnya juga hehee. Oke juga nih kalo mau bikin parka samaan bikinnya di Green garment. Pasti jadi lebih hemat ya jatohnya.

    Suka

  33. aku yang semampai aka semeter ga sampai aja suka sama jenis jaket begini, walau berakhir keliatan makin buntet wkwkwkk

    Suka

  34. Wah baru tau aku mba ada beberapa jenis jaket parka ini mba aku taunya hoodie aja. Untuk kita yang pakai hijab cukup nyaman ya kalau jaketnya panjang.

    Suka

  35. Pas banget nih mbak, suka sama jenis jaket parka tapi yang modelnya ringan. Maklum Bali cuacanya panas tidak cocok pakai jaket tebal. Jaket parka ini emang panjang ya modelnya pas banget dipakai muslimah.

    Suka

  36. Jaket parka banyak ya ternyata macemnya. Btw izin catet konveksi jaket yg mbak Salma sebutin yak. Sapa tau butuh konveksi buat bikin kaget seragam.

    Suka

  37. Cantik banget..
    Jaket parka ringan ini yang paling cocok digunakan di Indonesia yaa.. Selain hangat, tetap stylish juga..

    Suka

  38. baru tau ternyata jaket parka banyak macemnya ya. bisa bikin custom juga di green garment. kereennn . ntar kepoin web nya dulu ah.. makasih infonya mba

    Suka

  39. Mupeng bgt jaket parka yg ringan

    Asik nih mba klo dipake traveling
    Ga terlalu menuh2in koper
    Dan ttp bs OK pas dipake poto²

    Suka

  40. Ternyata jenis jaket parka banyak juga. Aku juga punya satu, tapi bukan yang jenis terakhir. Biasa, hangat, tapi gak tipis. Lain waktu mau beli lagi yang lain. Siapa tahu bisa ke negara bersalju

    Suka

  41. aku punya beberapa parka nih mba dan dengan cuaca yang kerap berubah dan sering dingin berangin di Wellington New Zealand, we really need a good one

    Suka

  42. Rcna mau beli yg model fishtail utk digunakan momotoran dari rumah ke kantor. Soalnya dari semua mode praka, itu yg paling pas dan cocok deng persona aq

    Suka

  43. Aku termasuk suka jaket parka, soalnya bahannya enak dan banyak kantong, hehehe. Akhir tahun lalu aku juga baru beli jaket semi parka yang tangannya tuh pendek, senang banget bisa dapat itu krn susah cari ya, hehhee

    Suka

  44. Suka banget pakai jaket yang panjangnya melewati pinggang gini. Tapi baru tahu kalau namanya Jaket Parka. Dan wahh ternyata ada banyak jenisnya ya. Dulu tuh kalau cari di toko, mesti bilangnya gini: itu lo mbak, saya mau cari jaket yang panjangnya melewati pinggang… hahahah ribet bener

    Suka

  45. enak loh pakai jaket jenis parka.. panjang gitu. aku juga punya satu dan warnanya kuning.. cuma ga enaknya tuh kadang agak berat gitu, ya tergantung bahannya juga sih ya mba

    Suka

  46. Kalau di Indonesia ini cocoknya digunakan saat musim penghujan ya. Sekalian dijadikan outer, bisa juga melindungi diri dari hawa dingin.

    Suka

  47. Wah, parka is my favorite jacket. Paling suka yang model ringan karena walaupun digunakan dalam ruangan atau oitdor tetap nyaman. Udah gitu bahannya tebel tapi gak panas. Jadi nyaman banget

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.